MANFAAT SEDEKAH JARIYAH

MANFAAT SEDEKAH JARIYAH

SEDEKAH JARIYAH 

Doaislami - Sedekah jariyah adalah sedekah yang diniatkan untuk kebaikan. Nantinya kebaikan itu masih terus dirasakan hingga orang yang sedekah tersebut meninggal dunia. Misalnya sedekah dalam pembangunan masjid, saluran air, dan sebagainya.

Sedekah jariyah merupakan sedekah yang pahala nya akan terus mengalir walaupun orang yang mengeluarkan sedekah itu telah meninggal dunia.
Seperti yang di sebutkan dalam salah satu hadits  dibawah ini yang berbunyi:

عن أبي هريرة رضي الله عنه: أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: إذَا مَاتَ الإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إلاَّ مِنْ ثَلاَثَةِ: إِلاَّ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Dari Abu Hurairah RA berkata: Rasulullah bersabda: "Apabila manusia itu meninggal dunia maka terputuslah segala amalnya kecuali tiga: yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak sholeh yang mendoakan kepadanya." (HR Muslim).
Hadits diatas menyebutkan bahwa apabila anak adam(manusia) telah meninggal dunia maka semua amalan nya terputus kecuali 3 perkara yang akan selalu mengalir pahalanya yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak sholeh yang senantiasa mendoakan kedua orang tuanya.
 
Dan diantara ketiga hal dalam hadits tersebut, sedekah jariyah adalah amalan termudah yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan pahala yang tidak akan terputus dan akan terus mengalir walau orang yang mengeluarkan sedekah jariyah itu telah meninggal dunia.
Sedekah jariyah ini merupakan sedekah yang jika dikeluarkan banyak manfaatnya untuk orang banyak(masyarakat). Mengapa? Karena sedekah jariyah adalah amalan yang bersifat jangka panjang itu artinya apabila selama sedekah yang dikeluarkan itu bermanfaat maka pahala akan terus mengalir untuk orang yang mengeluarkan sedekah jariyah tersebut.

Sedekah jariyah yang pahala nya tidak akan terputus walaupun orang yang mengamalkan nya telah meninggal dunia hal ini terdapat dalam sebuah hadits, sebagai berikut:
“Sesungguhnya diantara amal kebaikan yang mendatangkan pahala setelah orang yang melakukannya wafat ialah ilmu yang disebar­luaskannya, anak saleh yang ditinggalkannya, mushaf (kitab-kitab keagamaan) yang diwariskannya, masjid yang dibangunnya, rumah yang dibangunnya untuk penginapan orang yang sedang dalam perjalanan. sungai yang dialirkannya untuk kepentingan orang banyak, dan harta yang disedekahkannya” (HR. Ibnu Majah).

Hadits diatas menyebutkan beberapa sedekah jariyah yang apabila diamalkan maka pahala yang akan di dapat tidak ada putus-putusnya.

Seluruh makhluk yang ada di muka bumi ini termasuk manusia yang ada di dalamnya akan mengalami kemusnahan di hari kiamat nanti, dan kematian yang dialami manusia tidak lah harus menunggu sampai kiamat tiba karena kematian seseorang tidak dapat di prediksi manusia walaupun terkadang ada seorang dokter yang memvonis seseorang tentang masa hidupnya, itu hanyalah prediksi manusia yang tidak akurat bisa saja benar dan bisa saja tidak benar karena hakikat kapan seseorang itu akan 
meninggal dunia adalah Allah swt.

Maka dari itu karena kita tidak bisa mengetahui kapan dan dimana kita akan meninggal dunia bahkan Rasulullah Saw saja tidak mengetahui perihal kematian dirinya apalagi kita sebagai manusia biasa. Dengan demikian alangkah baiknya kita bisa mengamalkan salah satu amal baik yaitu dengan mengeluarkan sedekah jariyah agar bisa menjadi bekal dan penyelamat kita di alam kubur dan akhirat nanti.
 

Adapun sedekah jariyah yang bisa kita keluarkan

 

a). Mengajarkan Ilmu Kepada Orang Lain
Sedekah jariyah yang bisa kita lakukan adalah mengajarkan ilmu kepada orang lain, seorang guru mungkin sudah bisa melakukan nya dengan menjagar Murid-murid nya. Namun, tidak hanya seorang guru yang bisa mengajarkan ilmu siapapun bisa mengajarkan ilmu kepada orang lain, memberikan sebuah informasi yang bermanfaat itu sudah termasuk kedalam sedekah jariyah, terlebih jika orang yang kita berikan ilmu kepada nya membagikan ilmunya kepada orang lain maka pahala akan terus mengalir kepada orang yang mengajarkan ilmu tersebut.

b). Membangun Masjid
Sedekah jariyah yang juga bisa kita lakukan adalah membangun masjid bisa dengan cara ikut mendonasi pembiayaan dari pembangunan masjid tersebut atau mewaqafkan tanah untuk lahan pembangunan masjid. Karena membangun masjid merupakan sedekah jariyah yang pahala nya begitu besar terlebih masjid tentunya akan dipakai banyak orang untuk beribadah dan melakukan hal-hal positif lainnya.
Sedekah jariyah dengan membangun masjid selain akan mendapat pahala yang begitu besar juga akan mendapat keuntungan diakhirat nanti yaitu dibangunkan rumah untuk nya di surga nanti.

Seperti sabda Rasulullah SAW:
“Barangsiapa yang membangun masjid demi mencari wajah Allah, niscaya Allah bangunkan rumah baginya di surga.” (Terdapat dalam Ash-Shahihain)
Bukan hanya membangun masjid saja sedekah jariyah juga bisa dengan membangun sekolah, rumah sakit, atau majlis-majlis ilmu lainnya yang bermanfaat untuk banyak orang.

c). Menulis Buku Yang Bermanfaat
Menulis buku juga merupakan sedekah jariyah yang bisa kita lakukan, karena menulis buku sama halnya dengan mengajarkan dan mengamalkan ilmu kepada orang lain bedanya ilmu di sampaikan lewat tulisan dan jika dalam buku tersebut banyak sekali manfaatnya maka ini akan menjadi ladang pahala untuk orang yang menulisnya dan merupakan sedekah jariyah yang akan terus mengalir pahalanya.
Buku yang ditulis bisa buku apa saja buku tentang agama atau buku yang lainnya selama mendatangkan manfaat tidaklah jadi masalah.

d). Menggali Sumur Untuk Aliran Air
Sumur adalah tempat menampung dan sumber air yang banyak digunakan manusia untuk kebutuhan sehari-hari apalagi air merupakan sesuatu yang sangat penting bagi kehidupan. Dan barang siapa yang bersedia menggali sumur untuk aliran air dan memenuhi kebutuhan hidup banyak orang maka pahala yang besar akan di dapatnya karena menggali sumur merupakan sedekah jariyah yang pahalanya tidak akan terputus walau orang yang melakukan nya sudah meninggal dunia karena sumur sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia. 

Rasulullah Saw bersabda:
“Barangsiapa yang menggali sumur, (kemudian) tidaklah setiap yang memiliki ruh, baik dari kalangan manusia, jin, dan burung yang minum dari sumur tersebut, melainkan Allah (pasti) akan membalasnya kelak di hari kiamat.”

Mudah mudahan kita semua bisa mengamalkan nya dengan mengeluarkan dan menggunakan harta kita sebagai sedekah jariyah agar kita bisa selamat di dunia dan di akhirat.

0 Response to "MANFAAT SEDEKAH JARIYAH"

Post a Comment

dmca

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel