LAA ILAAHA ILLALLAH DAN KEUTAMAAN NYA

LAA ILAAHA ILLALLAH DAN KEUTAMAAN NYA

LAA ILAAHA ILLALLAH DAN KEUTAMAAN NYA

Doa Islami - Kalimat laa ilaaha illallah merupakan kalimat thayyibah,  Kalimat thayyibah adalah kalimat yang di dalamnya mengandung  makna mensucikan dan mengagungkan asma (nama) Allah. Seseorang yang lidahnya terbiasa dalam mengucap kalimat thayyibah termasuk kalimat laa ilaaha illallah dalam keadaan apapun baik saat dirinya merasa senang atau saat merasa sedang susah maka ia akan senantiasa dicintai Allah SWT.

Orang yang membaca kalimat laa ilaaha illallah dia akan selalu mengingat Allah SWT dalam keadaan apapun karena kalimat Laa ilaaha illallah merupakan amalan yang dianjurkan dan akan membuat jiwa kita merasa semakin tenang.

Kalimat Laa Ilaaha Illallah selain dari kalimat yang mengandung perkataan yang baik untuk di ucapkan juga memilki beberapa keutamaan bagi setiap orang yang membacanya apalagi mendawamkan nya di kehidupan sehari-hari.

" Fadzkuruuni adzkurkum, wasykuruulii walaa takfuruun" (QS. Al Baqarah:152).

Artinya: Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.

Dengan dzikir maka kita akan selalu mengingat Allah karena dzikir juga merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Al-Qur'an. Karena keutamaannya yang begitu luar biasa termasuk keutamaan kalimat laa ilaaha illallah. Dengan mengucapkan kalimat Laa ilaaha illallah hati kita akan terasa jauh lebih tenang.

Dan perlu kita ketahui amalan dzikir(Mengingat Allah) yang paling utama salah satunya adalah kalimat Laa ilaaha illallah. Kalimat dzikir Laa ilaaha illallah ini merupakan sebaik baiknya amalan yang bisa membuatnya hati kita lapang dan bercahaya, serta semakin yakin terhadap Allah dan semakin percaya tidak ada tuhan yang wajib di sembah selain Allah SWT.

Ada sebuah riwayat mengatakan bahwa ada seorang manusia yang di hisab di akhirat nanti di depan umum. Dan setelah ditimbang seluruh amalan nya maka terbukti 99 persen adalah dosa dan kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat selama hidup di dunia.

Lantas malaikat langsung mengantarkan nya kedalam api neraka. Namun, mengejutkan Allah SWT mencegah nya karena terbukti ada satu kebaikan yang telah ia perbuat ketika di dunia yaitu melafalkan kalimat Laa ilaaha illallah dengan hati yang ikhlas. Karena mengucap kan Kalimat Laa ilaaha illallah sebaiknya tidak mengharapkan balasan apapun. Karena Allah lebih mengetahui atas apa yang hamba-Nya lakukan.

Dibawah ini beberapa keutamaan dari kalimat Laa ilaaha ilallah


1.Wajah Bersinar di Hari Kiamat

Disebutkan bahwa orang yang senantiasa berdzikir dengan mengucapkan kalimat thayyibah Laa ilaaha ilallah maka di akhirat kelak ia akan nampak dengan wajah yang bersinar.

Sebagaimana Nabi Muhammad Saw bersabda:

"Barang siapa setiap hari mengucapkan seratus kali laa ilaaha illallah Muhammadur Rasulullah, maka dia akan datang di hari kiamat dengan wajah bagaikan bulan purnama."
 
2. Aman Dari Siksa

Orang yang senantiasa mulutnya di hiasi dengan kalimat thayyibah yang mana adalah kalimat yang baik untuk di ucapkan termasuk orang yang selalu mengucapkan kalimat thayyibah Laa ilaaha illallah maka ia akan dijauhkan dari siksa Allah SWT.

Nabi Muhammad Saw bersabda : 

"Allah berfirman: "laa ilaha illallah kalam-KU dan Aku-lah dia. Barang siapa mengucapkannya maka masuk dalam perlindungan-Ku, dan barang siapa masuk lindungan-Ku maka aman dari siksa-Ku".

3. Akan di Ampuni Dosanya

Rasulullah Saw bersabda:

"Tiada seorang hamba pun yang mengucapkan laa ilaaha illallah Muhammadur Rasulullah terkecuali Allah SWT berfirman: Benar hamba-Ku, Aku-lah Allah, tiada Tuhan selain Aku. Aku persaksikan kepada kalian wahai malaikat-malaikat-Ku, Aku benar-benar telah mengampuni dosa-dosanya yang sudah terlewat dan yang akan datang".

Hadits diatas menyebutkan bahwa orang yang mengucapkan kalimat Laa ilaaha illallah maka ia akan diampuni dosanya yang sudah terlewatkan dan yang akan datang.

4. Akan Masuk Surga

Rasulullah Saw bersabda: 

"Barang siapa mengucapkan laa ilaha illallah secara murni dan ikhlas, maka masuk surga."

Ikhlas merupakan suatu sikap yang sangat sulit dilakukan karena ikhlas berarti tidak mengharap apapun atas apa yang telah kita lakukan. Dan barangsiapa yang bisa ikhlas hati nya dalam mengucapkan kalimat Laa ilaaha illallah maka surga diperuntukkan bagi nya.

5. Tidak Akan Ditanya Dosanya di Akhirat

Keutamaan yang lainnya dari mengucapkan kalimat Laa ilaaha illallah adalah ia tidak akan ditanya dosanya di akhirat nanti. Seperti disebutkan dalam sabda Nabi saw.

Rasulullah Saw bersabda:

"Barang siapa yang awal perkataannya laa ilaha illallah dan akhir perkataannya la
a ilaha illallah dan melakukan seribu kesalahan (dosa kecil) dan jika dia hidup seribu tahun, maka Allah tidak akan menanyakan satu dosa pun".

6. Akan mendapat pahala yang besar

Berdzikir akan mengingatkan kita terhadap Allah SWT tuhan semesta Alam yang tidak ada sekutu bagi-Nya, selain itu berdzikir dengan kalimat thayyibah seperti kalimat Laa ilaaha illallah maka akan mendapat pahala yang besar.

Nabi Muhammad Saw bersabda:

 "Barang siapa yang membaca laa ilaha illalloh tanpa disertai `ujub maka terbanglah seekor burung di bawah `arasy yang akan membaca tasbih bersama mereka yang membaca tasbih hingga hari kiamat, kemudian pahalanya dituliskan untuk dia"

Sesuatu yang baik yang kita lakukan ketika hidup didunia akan mendapat balasan yang setimpal di akhirat kelak.

7. Akan Diangkat Derajat dan Dihapuskan Kejelekannya

Rasulullah Saw bersabda:

"Ketika seorang mu`min lewat pekuburan dan mengucapkan laa ilaaha illallah wahdahu laa syarika lahu lahul mulku walahul hamdu yuhyi wayumiitu wahuwa hayyun laa yamut biyadihil khaiiru wahuwa 'ala kulli syai-in qadiir, maka Allah menerangi semua kuburan tersebut, mengampuni dosa yang membacanya, menulis sejuta kebaikan baginya, mengangkat baginya sejuta derajat dan menghapus darinya sejuta kejelekan ".

Keutamaan yang luar biasa dari kalimat Laa ilaaha illallah adalah akan diangkat derajatnya dan di hapuskan kejelekannya. Hadist diatas pun menyebutkan barangsiapa yang melewati kuburan lalu ia mengucap kan tahlil maka Allah akan menerangi seluruh penghuni kuburan tersebut bukan hanya kebaikan pada penghuni kubur saja tapi orang yang membacanya pun akan mendapat kan sejuta kebaikan dari Allah, diangkat derajatnya dan akan diampuni dosa nya.

Semoga kita bisa mengamalkan kalimat Laa ilahaa illallah dalam kehidupan sehari hari kita agar kebaikan selalu kita raih.Wallahu a'lam..

0 Response to "LAA ILAAHA ILLALLAH DAN KEUTAMAAN NYA"

Post a Comment

dmca

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel