TUJUH GOLONGAN ORANG YANG DINAUNGI ALLAH PADA HARI KIAMAT

TUJUH MACAM ORANG YANG DINAUNGI ALLAH PADA HARI KIAMAT

TUJUH MACAM ORANG YANG DINAUNGI ALLAH PADA HARI KIAMAT
TUJUH MACAM ORANG YANG DINAUNGI ALLAH PADA HARI KIAMAT

Dunia yang menjadi tempat tinggal sementara kita ini pada akhirnya akan mengalami kehancuran, langit runtuh, gunung-gunung berkeping, bumi bergeser dan segala ada yang di muka bumi ini akan musnah dan itu semua akan terjadi di hari kiamat nanti. Pada hari itu manusia akan sangat ketakutan kesana kemari mencari perlindungan untuk dirinya masing-masing tidak peduli dengan orang-orang yang ada di sekitarnya. Orang tua tidak peduli dengan anaknya begitupun anaknya tidak akan peduli terhadap orang tuanya, di hari kiamat nanti orang tidak memperdulikan orang lain. Matahari yang jaraknya jauh dengan bumi  di hari kiamat nanti akan sangat dekat dan akan terasa sangat panas, Namun dalam hadits Nabi saw menyebutkan bahwa ada tujuh golongan orang-orang yang akan mendapat naungan dari Allah swt di hari kiamat nanti.

Rasulullah SAW bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ سَبْعَةٌ يُظِلُّهُمْ اللَّهُ فِي ظِلِّهِ يَوْمَ لَا ظِلَّ إِلَّا ظِلُّهُ الْإِمَامُ الْعَادِلُ وَشَابٌّ نَشَأَ فِي عِبَادَةِ رَبِّهِ وَرَجُلٌ قَلْبُهُ مُعَلَّقٌ فِي الْمَسَاجِدِ وَرَجُلَانِ تَحَابَّا فِي اللَّهِ اجْتَمَعَا عَلَيْهِ وَتَفَرَّقَا عَلَيْهِ وَرَجُلٌ طَلَبَتْهُ امْرَأَةٌ ذَاتُ مَنْصِبٍ وَجَمَالٍ فَقَالَ إِنِّي أَخَافُ اللَّهَ وَرَجُلٌ تَصَدَّقَ أَخْفَى حَتَّى لَا تَعْلَمَ شِمَالُهُ مَا تُنْفِقُ يَمِينُهُ وَرَجُلٌ ذَكَرَ اللَّهَ خَالِيًا فَفَاضَتْ عَيْنَاهُ . رواه البخاري.

Dari Abu Hurairah r.a. dari Nabi saw, beliau bersabda, “Tujuh golongan yang dinaungi Allah di dalam naungannya pada hari dimana tidak ada naungan kecuali naunganNya. Yaitu imam yang adil, pemuda yang tumbuh dalam beribadah kepada Tuhannya, seseorang yang hatinya bergantung di dalam masjid, dua orang saling  rasa yang bertemu dan berpisah karena Allah swt., seorang laki-laki yang diminta (digoda) seorang perempuan yang memiliki pangkat dan berparas cantik namun ia berkata “Sungguh aku takut Allah”, seorang laki-laki yang menshadaqahkan hartanya dengan sembunyi-sembunyi sampai tangan kirinya tidak tahu apa yang dishadaqahkan oleh tangan kanannya dan seseorang yang menyebut/ingat Allah ketika sendiri hingga kedua matanya menangis. (HR. Al-Bukhari).

Tujuh Macam Orang Yang Akan Mendapat Naungan Allah SWT di Hari Kiamat Nanti


Berdasarkan hadits diatas di sebutkan bahwa ada tujuh macam orang yang akan mendapat naungan Allah SWT di hari kiamat nanti. Orang-orang itu adalah:

1).Imam yang adil

Saat kita dipercaya untuk menjadi seorang pemimpin jadilah pemimpin yang menjalankan roda kepemimpinannya dengan seadil-adilnya. Tidak berbuat kerusakan dan kebatilan, maka Allah swt akan senantiasa memberikan hadiah untuknya berupa naungan yang akan menaunginya di hari kiamat nanti. Maka dari itu jadilah pemimpin yang baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang berada dibawah kepemimpinan nya.

2). Pemuda yang tumbuh dengan beribadah kepada Allah swt

Masa muda adalah masa dimana segala hal baru ingin dicoba, penasaran akan hal-hal yang baru diketahui nya, tidak sedikit yang salah akan pergaulan di masa muda nya terjerumus kedalam lembah dosa karena tidak bisa menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya.

Jadilah pemuda yang taat terhadap aturan Allah swt, dengan senantiasa memanfaatkan waktu dengan beribadah kepada Allah swt. Karena janji Allah atas pemuda yang tidak menyia-nyiakan waktu muda nya dan ia gunakan untuk beribadah kepada Allah dan melakukan hal-hal positif lainnya, maka Allah akan memberikan ia naungan di hari kiamat nanti.

3). Seseorang yang hatinya bergantung dengan masjid

Maksudnya Adalah jika seseorang mampu menghidupkan kan masjid dengan selalu melaksanakan sholat berjamaah di dalam nya, mengadakan pengajian rutinan dan kegiatan-kegiatan positif lainnya serta menjaga kebersihan nya maka Allah swt juga akan memberikan naungan di hari kiamat nanti. Jangan hanya memperindah masjid dengan bangunan-bangunan nya yang megah tapi juga harus mampu memanfaatkan nya.

4). Dua orang  yang berkumpul dan berpisah karena Allah swt

Allah swt juga akan memberikan naungan kepada dua orang yang berkumpul karena Allah dan berpisah pun karena Allah swt. Kita sering dipertemukan dengan orang-orang yang berbeda, jika kita bertemu dengan senantiasa menghadirkan kebaikan maka kita akan bersama orang-orang yang bertemu dan berpisah karena Allah swt. kita akan senantiasa bersama orang-orang yang kita cintai di akhirat kelak. Dan akan mendapat naungan dari Allah swt di hari kiamat.

5). Seorang laki-laki yang menolak ajakan perempuan yang memiliki pangkat dan berparas cantik untuk berbuat zina

Laki-laki yang dapat menahan dirinya dari ajakan perempuan cantik dan berpangkat untuk melakukan zina. Maka Allah akan memberinya naungan di hari kiamat nanti.

Meskipun hadits tersebut menyebutkan laki-laki yang menolak ajakan perempuan untuk berzina namun ini juga berlaku untuk seorang perempuan yang harus dengan tegas menolak ajakan laki-laki yang mengajaknya berzina. Jika laki-laki ataupun perempuan yang dapat menolak ajakan berzina maka Allah akan memberinya naungan di hari kiamat nanti atas keimanan kuat yang dapat mereka pertahankan.

6). Seseorang yang mau mendermakan hartanya dengan ikhlas lillahi ta'ala

Seseorang yang menshodaqoh kan hartanya dijalan Allah swt dengan hati dan niat yang ikhlas tanpa mengharapkan imbalan apapun. Tidak ada unsur riya didalamnya tidak ada rasa ingin dilihat oleh orang lain. Memberi lah  seperti di ibaratkan tangan kanan memberi tangan kiri tidak dapat melihatnya. Tidak ada rasa ingin di puji sebagai orang yang dermawan, jika itu bisa kita terapkan atas harta yang kita miliki maka Allah akan memberikan naungan di hari kiamat nanti.

7). Orang yang selalu mengingat Allah swt

Orang yang selalu ingat kepada Allah swt kapanpun dan dimanapun, bahkan saat ia sendiri ia senantiasa mengingat Allah mengingat atas semua dosa yang telah diperbuat sampai meneteskan air mata dan menangis mengingat akan nikmat besar yang telah Allah berikan. Maka ia akan mendapat naungan Allah swt di hari kiamat nanti. Bukan hamba yang justru ketika sendiri ia melakukan perbuatan dosa yang dilarang Allah karena menganggap tidak ada yang tahu atas perbuatan nya padahal Allah maha mengetahui setiap yang dilakukan hamba-Nya baik secara terang-terangan ataupun sembunyi-sembunyi.

Itulah tujuh macam orang yang akan mendapat naungan Allah swt di hari kiamat nanti, teruslah memperbaiki diri dan mudah-mudahan kita bisa menjadi salah satu dari tujuh orang tersebut.

0 Response to "TUJUH GOLONGAN ORANG YANG DINAUNGI ALLAH PADA HARI KIAMAT"

Post a Comment

dmca

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel