-->

SIAPAKAH ORANG YANG PERTAMA KALI MASUK SURGA?

SIAPAKAH ORANG YANG PERTAMA KALI MASUK SURGA?

SIAPAKAH ORANG YANG PERTAMA KALI MASUK SURGA
SIAPAKAH ORANG YANG PERTAMA KALI MASUK SURGA

Doaislami - Manusia diciptakan Allah swt menjadi sebaik-baiknya makhluk, agar bisa menjadi penghuni sekaligus pengelola bumi yang bisa menjaga dan melestarikan alam, budaya, lingkungan dan segala yang ada di muka bumi ini supaya bisa menjadi sumber kehidupan bagi manusia seisi bumi.

Dan Allah menciptakan setiap ada yang di langit dan di bumi beserta segala isinya,  tentu semua itu memiliki manfaatnya masing-masing. Allah tidak menciptakan segala sesuatu dengan sia-sia, setiap apa yang di ciptakan Allah swt tentu memiliki peran nya masing-masing. 

Langit dengan segala planet dan bintang yang ada memiliki peran nya masing-masing. Matahari yang berperan sebagai planet yang bisa memberikan penerangan dan termasuk tata surya yang bisa memberikan kehangatan sekaligus menjadi sumber cahaya di siang hari, Bulan di ciptakan sebagai planet penerang bumi di malam hari disaat matahari sudah selesai  menjalankan tugasnya maka di gantikan dengan bulan sebagai penghias langit di kala malam telah datang.
Serta segala yang ada di bumi dengan semua isinya Allah swt menciptakannya tidak cuma-cuma.

Kita sebagai manusia tentunya ingin menjadi seorang yang terbaik dan menjadi manusia yang bisa mencapai pada sukses nya hidup selama kita berada di dunia. Dunia fana yang hanya fatamorgana adalah tempat dimana kita menentukan sikap dan perbuatan yang kita lakukan, karena setiap apa yang kita lakukan selama hidup di dunia semata-mata hanyalah untuk kehidupan abadi kita di akhirat nanti, maka hidup lah di dunia layaknya seorang pengembara. Kita hidup di dunia tidak lah selamanya karena akan ada saatnya kita pulang menuju keabadian.

Saat kita mencapai suksesnya hidup adalah ketika kita bisa menaklukkan dunia bukan dunia yang menaklukan kita, dan ketika kita bisa mencapai kehidupan abadi yang berlabuh di dermaga kehidupan yang di nanti-nanti setiap insan yang beriman yaitu surga.

Tentunya jika kita berkeinginan untuk bisa tinggal dan senantiasa Allah tempatkan di tempat yang paling indah yaitu surga maka kita harus memiliki pahala kebaikan yang cukup untuk bisa mengantarkan kita ke surga yang di harapkan.

Setiap orang menginginkan surga, karena surga merupakan tempat yang paling indah dengan segala isinya yang ada, keindahan nya sungguh tidak ada bandingan nya dengan keindahan dunia. Nikmat di surga tidak bisa di ibaratkan seperti kenikmatan yang ada di dunia. Bahkan, ketika seseorang masuk kedalam surga maka ia akan kekal di dalamnya. Kenikmatan, kebahagiaan, dan kedamaian akan senantiasa di peroleh oleh orang yang masuk surga. Tidak ada kesulitan dan kesengsaraan yang akan di rasakan, surga adalah tempat paling indah yang Allah ciptakan.

Surga merupakan hadiah paling indah yang di berikan kepada manusia-manusia pilihan yang Allah tetapkan sebagai seorang yang pantas masuk kedalam surga. Siapa orang yang pantas mengisi tempat seindah surga? Tentunya tempat itu adalah tempat untuk orang-orang yang selalu berjalan dalam koridor yang benar yaitu jalan yang telah Allah tetapkan, orang yang selalu menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi segala larangannya.

Orang yang masuk surga memiliki derajat yang tentunya berbeda. Maka orang yang pertama kali masuk surga tentunya adalah orang yang memiliki derajat yang lebih tinggi dibanding yang lainnya.

Seperti yang diriwayatkan oleh Abu Sa’id, Rasulullah Saw bersabda:

“Golongan yang pertama kali masuk surga bagaikan bulan purnama, golongan yang kedua bagaikan bintang-bintang yang bersinar di langit. Setiap seorang dari mereka mendapat dua istri (bidadari), setiap istri mengenakan 70 perhiasan, (keelokan dan kehalusan kulit bidadari) hingga tampak sumsum bertisnya dari balik kulitnya.”

Ada beberapa amaliyah yang bisa kita lakukan agar kita bisa sampai pada surga tempat yang paling sempurna dan menjadi golongan pertama  yang akan memasuki surga di akhirat nanti. Ketiga amaliyah itu adalah:

Tiga Golongan Amaliyah Pertama  Yang Akan Memasuki surga di akhirat nanti 

1. Orang-orang yang selalu bersyukur dan selalu memuji kepada Allah dalam keadaan apapun

Hidup memang tidak lah selalu berjalan lurus dan mulus, terkadang kita merasa keadaan yang kita rasakan tidak memihak terhadap diri kita. Merasa tidak sanggup saat ujian menimpa diri kita. Padahal, jika kita selalu bersyukur kepada Allah atas ketetapan yang Allah berikan terhadap kita, selalu memuji Allah dalam keadaan apapun saat kita merasa senang ataupun sedih, tidak mengeluh dan merintih atas hidup yang telah Allah gariskan terhadap kita. Maka jika kita bisa melakukan hal-hal tersebut in Syaa Allah kita akan menjadi orang pertama yang masuk surga.

Rasulullah Saw. bersabda:

“Orang yang pertama kali masuk surga adalah orang yang memuji, yaitu orang yang memuji kepada Allah, baik dalam keadaan bahagia maupun susah.”

2. Orang yang senantiasa taat kepada Allah dimanapun ia berada, dan taat terhadap pemimpin nya dalam hal kebaikan.

Rasulullah Saw bersabda:

"Orang yang pertama mendahului masuk surga adalah seorang hamba yang taat kepada Allah dan taat kepada tuannya.”

Taatilah setiap perintah Allah swt karena tidak akan menjadi sia-sia perbuatan yang kita lakukan atas dasar mentaati apa yang Allah perintahkan untuk kita. Dan taatlah kepada pemimpin kita selama pemimpin itu memerintahkan hal yang baik.

3. Orang yang suka berbuat makruf atau kebaikan sewaktu hidupnya

Kebaikan di sini berarti kebaikan dalam pandangan syariah. 

Rasulullah Saw. bersabda:

 “Sesungguhnya ahli makruf (suka berbuat baik) di dunia, mereka akan menjadi ahli makruf di akhirat. Orang yang pertama kali masuk surga adalah mereka yang ahli makruf.”

Berbuat lah kebaikan di muka bumi ini sekecil apapun perbuatan baik yang kita lakukan maka yakinlah akan memiliki pengaruh yang besar untuk kita di akhirat kelak yakni kita akan menjadi orang pertama yang akan masuk kedalam surga.

Itulah beberapa amaliyah yang bisa kita terapkan di kehidupan sehari-hari yang in Syaa Allah kita akan bisa mendapatkan keindahan hakiki itu yakni surga yang di rindukan, dan menjadi golongan pertama yang bisa masuk kedalam surga.
LihatTutupKomentar

Dmca