PENTINGNYA SIKAP SALING MENGHARGAI

PENTINGNYA SIKAP SALING MENGHARGAI

PENTINGNYA SIKAP SALING MENGHARGAI
PENTINGNYA SIKAP SALING MENGHARGAI


 Doa Islami - Sikap menghargai merupakan suatu sikap yang Kadang tanpa di sadari kita melupakan hal itu. Kebanyakan manusia ingin dihargai tapi lupa bagaimana cara ia menghargai, kebanyakan orang menuntut orang lain untuk bersikap baik tapi lupa menuntut diri nya untuk bersikap baik juga.

 Jika diperlakukan dengan baik maka kita akan merasa dihargai tapi ingatlah bahwa harga menghargai itu harus disertai dengan 'saling' itu artinya jika anda ingin dihargai oleh orang lain cobalah untuk menghargai orang lain. di situlah kita tahu pentingnya sikap saling menghargai

Sikap Saling Menghargai Dalam Kehidupan Sehari-hari

 Dalam kehidupan sehari-hari tentunya akan banyak orang yang kita jumpai baik itu orang-orang yang sudah dikenal atau pun tidak kita kenal. Namun, kedua nya tetap memiliki nilai yang sama dalam hal menghargai. Kenal atau pun tidak menghargai adalah sikap yang harus dilakukan.

 Menghargai termasuk kedalam perbuatan yang baik. Setiap insan yang beriman akan selalu tumbuh dalam hatinya rasa ingin berbuat kebaikan karena ia sadar hidup di dunia ini hanyalah sementara yang harus di manfaatkan sebaik mungkin untuk menabung amal kebaikan yang akan menjadi bekal di kehidupan abadi(akhirat) kelak.

Sebagaimana firman Allah :

وَابْتَغِ فِيمَا آتَاكَ اللَّهُ الدَّارَ الْآخِرَةَ وَلَا تَنسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا وَأَحْسِن كَمَا أَحْسَنَ اللَّهُ إِلَيْكَ وَلَا تَبْغِ الْفَسَادَ فِي الْأَرْضِ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ الْمُفْسِدِين

Artinya : Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. (QS : Al-Qasas : 77).

 Dari ayat di atas sudah jelas bahwa Allah SWT lebih mencintai orang yang berbuat baik dibanding dengan orang yang berbuat kerusakan.

 Dengan saling menghargai maka kita akan jauh dari perselisihan, karena dengan saling menghargai itu artinya jauh dari perbuatan buruk seperti saling menggunjing yang akhirnya menimbulkan perselisihan.

Manfaat Sikap Saling Menghargai

 Maanfaat dari sikap saling menghargai sangat banyak sekali apalagi dalam kehidupan sehari -hari 

Ada beberapa hal yang menjadi manfaat dari rasa saling menghargai. Beberapa di antaranya adalah:

1). Menghargai orang lain menjadikan hidup kita lebih berwarna dalam pengalaman.

2). Tidak akan timbul perpecahan atau permusuhan.

3). Akan terbentuk rasa persaudaraan yang kuat . 

Di samping itu, beberapa hal yang membuat kita melakukan rasa saling menghargai antar satu sama lain secara spesifiknya adalah: 

Akan terciptanya rasa saling menghormati satu sama lain

Akan terciptanya kenyamanan dan keamanan dalam melakukan berbagai kegiatan 

Akan Menjaga persatuan dan kesatuan bangsa

Salah satu manfaat dari adanya rasa saling menghargai adalah bahwa kita akan memiliki banyak teman. Di samping itu kita akan mendapatkan penghormatan dari teman-teman dan sekeliling kita karena telah memiliki rasa saling menghargai antar manusia dan orang lain.

Dalam Bentuk apa saja kita harus saling menghargai...!!!


PENTINGNYA SIKAP SALING MENGHARGAI

 
Bentuk menghargai bisa dalam hal apa saja seperti contoh menghargai hasil karya seseorang. Hasil karya merupakan sesuatu yang di buat oleh seseorang yang hasilnya bisa bermanfaat bagi orang lain. Maka alangkah baiknya sebuah karya yang bagus dan memiliki manfaat yang baik patut kita hargai. 

 Seperti contoh lain menghargai dalam hal perbedaan agama. Setiap orang yang beragama akan memandang bahwa agama yang mereka anut lah yang paling benar. Namun, tidak sedikit orang yang tidak bisa menghargai perbedaan. Padahal seharusnya kita bisa saling menghargai dalam hal beda keyakinan, karena perbedaan tidak seharusnya menjadi sebuah pertentangan saling menghargai akan lebih menyenangkan, bukan? 

 seperti misalnya saat orang muslim merayakan hari raya idul fitri orang-orang non muslim ikut bergembira ria merayakan hari raya tersebut. Sebaliknya, saat hari natal tiba orang muslim bisa membantu mengamankan tempat peribadatan pada saat para jamaat melakukan ibadahnya. Itu boleh saja asalkan kita selaku umat muslim tidak melanggar batasan yang telah di tetapkan dalam agama islam itu sendiri.

 Dalam Islam sikap saling menghargai merupakan sesuatu yang sangat penting dan sangat diperhatikan, karena seorang muslim sejati dilihat dari cara ia bersikap, maka jika ia mengaku dirinya seorang muslim maka ia memiliki kewajiban untuk bisa menghargai orang lain.

 Rasulullah Saw. Bersabda : 

“Tidak termasuk golongan umatku orang yang tidak menghormati mereka yang lebih tua dan tidak mengasihi mereka yang lebih muda darinya, serta tidak mengetahui hak-hak orang berilmu.” (HR. Ahmad).

 Hadits diatas menyebutkan bahwa orang yang tidak bisa menghormati yang lebih tua dan tidak menyayangi yang lebih muda dari dirinya maka ia tidak termasuk golongan umat Nabi Muhammad Saw.

 Maka dari mulailah untuk bisa saling menghargai satu sama lain. Karena dengan saling menghargai akan menumbuhkan banyak hal positif, dengan saling menghargai juga hidup akan terasa nyaman dan damai karena jauh dari saling menghujat dan saling membenci antara satu dengan yang lainnya.

 Mudah-mudahan kita bisa menjadi orang yang bisa menghargai orang lain. Dan ingat hargai orang lain sebagaimana anda ingin dihargai.

Perbedaan Pendapat Bukan Menjadi Permusuhan






0 Response to "PENTINGNYA SIKAP SALING MENGHARGAI"

Post a Comment

dmca

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel