PENGERTIAN EGOIS, DAMPAK NEGATIF EGOIS , DAN CARA AGAR TERHINDAR DARI SIKAP EGOIS

PENGERTIAN EGOIS, DAMPAK NEGATIF EGOIS , DAN CARA AGAR TERHINDAR DARI SIKAP EGOIS

PENGERTIAN EGOIS, DAMPAK NEGATIF EGOIS
PENGERTIAN EGOIS, DAMPAK NEGATIF EGOIS


PENGERTIAN EGOIS

 Doaislami - Sebelum kepada cara bagaimana agar kita bisa menghindari sifat egois kita harus tahu dulu apa itu egois?

 Pengertian Egois adalah sikap mementingkan diri sendiri atau di sebut juga ananiah yang berasal dari bahasa arab انا yang artinya aku. Itu artinya ananiah adalah aku atau keakuan.

 Sikap egois ini sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari baik dari remaja ataupun orang dewasa yang semestinya tidak memiliki sikap seperti itu karena sikap yang seperti itu akan merugikan diri sendiri dan orang lain.

 Sikap egois seperti ini bisa kita temui dalam berbagai bentuk egois seperti ingin selalu menang sendiri dalam pembicaraan, kurang menghargai pendapat orang lain, susah menerima kritikan dan saran dari orang lain.

 Dalam kehidupan sehari-hari orang yang egois bisa kita lihat dari sikapnya yang lebih mementingkan diri sendiri diatas kepentingan orang lain, tidak peduli dengan orang lain dan lebih mengutamakan kemajuan diri nya bahkan tidak peduli jika sesuatu yang ia lakukan itu mengorbankan orang lain.

 Tentu saja sikap seperti ini adalah sikap yang tidak baik dan tidak di sukai oleh banyak orang bahkan dalam islam sikap egois adalah sikap yang tidak diperbolehkan sebab dalam islam sesama manusia jangan hanya mementingkan kepentingan diri sendiri tapi harus saling membantu satu sama lain. Bahkan islam melarang kita bersikap egois dan mengajarkan agar kita bisa saling menghormati orang lain.

Aisyah ra berkata :

“Rasulullah saw, menyuruh kita agar menghormati manusia sesuai dengan kedudukannya” (HR.Muslim dari Aisyah).

DAMPAK NEGATIF DARI EGOIS

PENGERTIAN EGOIS, DAMPAK NEGATIF EGOIS


 Egois adalah sikap yang tidak di sukai banyak orang dan tentunya memiliki dampak negatif bagi pelakunya, yaitu:

a).Tidak disukai banyak orang terutama dalam pergaulan nya.
b).Menurunkan martabat dirinya sehingga lambat laun tidak disukai orang.
c).Tersisihkan dari pergaulan masyarakat di lingkungannya.

CARA AGAR TERHINDAR DARI SIKAP EGOIS

 Adapun cara untuk bisa menghindari dari sifat egois memang akan terasa sulit karena itu mungkin sudah menjadi watak yang ada dalam dirinya. Namun, jika dengan kemauan yang kuat maka insyaa Allah sikap seperti itu akan bisa kita hindari.

Beberapa cara yang dapat kita lakukan agar bisa terhindar dari sikap egois.

PENGERTIAN EGOIS, DAMPAK NEGATIF EGOIS

a).Berusaha agar bisa mengendalikan diri untuk tidak ingin menang sendiri dalam pembicaraan

Terkadang seseorang ingin menang sendiri dalam berbicara, seolah yang ia katakan adalah hal yang paling benar diantara yang lainnya. Maka disana lah timbul sikap egois yang ketika berbicara seperti ia yang paling banyak mengetahui dibandingkan yang lainnya. Jadi, agar kita terhindar dari sikap egois cobalah untuk mengendalikan diri agar tidak selalu ingin menang sendiri ketika sedang berbicara dengan orang lain.

b).Tidak beranggapan bahwa hanya pendapatnya saja yang benar, dan mencoba menghargai pendapat orang lain

 Cara ini juga bisa kita lakukan agar terhindar dari sikap egois, karena setiap orang berhak berpendapat. Cobalah kita untuk bisa menerima pendapat orang lain bukan malah merasa pendapat sendiri yang paling benar.

c). Belajar menghargai orang lain sebagaimana dirinya juga yang ingin dihargai oleh orang lain

 Manusia selalu ingin dihargai oleh orang lain tapi terkadang ia lupa cara menghargai orang lain, jika sekiranya ingin dihargai cobalah untuk menghargai karena perbuatan kita selalu ada timbal baliknya.

d). menyadarkan diri bahwa manusia itu diciptakan sama dan mempunyai hak yang sama

 Allah swt menciptakan manusia itu sama dan juga mempunyai hak yang sama, itu artinya tidak ada yang seharusnya merasa lebih dari orang lain apalagi sampai menyombongkan diri, sifat sombong itulah yang tumbuh dari sifat egois.

e). menyadari bahwa manusia hidup membutuhkan orang lain

 Cara ini juga bisa menghindari diri dari sikap egois dengan menyadari bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian tentunya akan membutuhkan orang lain dari hidup nya. Karena memang jika di lihat-lihat lagi manusia itu adalah makhluk yang sifatnya bergantung.

f).menyadari bahwa hidup adalah pengabdian kepada Allah SWT 

 Dari sikap egois yang ada maka akan lahirlah sikap-sikap yang tidak baik lainnya seperti sifat sombong yang akan muncul dari seorang yang egois. Kita harus sadar bahwa hidup dan mati kita untuk Allah swt kita di ciptakan untuk senantiasa beribadah dan mengabdi kepada Allah lantas apa yang bisa kita lakukan tanpa pertolongan Allah? Tidak ada. Jadi tidak lah pantas kita egois karena diri kita bukan apa-apa dan bukan siapa-siapa tanpa Allah swt.

g). menanamkan dan membiasakan diri dengan sikap rendah hati, syukur, dan ikhlas

 Karena dengan sikap rendah hati, syukur, dan ikhlas tersebut akan mengikis habis sikap egois yang tumbuh dalam diri.

 Itulah pengertian, dampak dan cara agar terhindar dari sikap egois. Tanamkan dalam diri bahwa sikap mementingkan diri sendiri(egois) adalah sikap yang tidak baik, dan mengakibatkan dampak negatif terhadap diri kita.

0 Response to "PENGERTIAN EGOIS, DAMPAK NEGATIF EGOIS , DAN CARA AGAR TERHINDAR DARI SIKAP EGOIS"

Post a Comment

dmca

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel