-->

IMAN ITU PENTING DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

IMAN ITU PENTING DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

IMAN ITU PENTING IMAN ITU PENTING

Iman menurut bahasa berarti percaya, sedangkan menurut istilah iman adalah diyakini dengan hati, diucapkan dengan lisan, dan diamalkan dengan anggota tubuh/badan.

Seperti sabda Rasulullah SAW keterangan dari Siti Aisyah, yang diriwayatkan oleh Imam Syairozi, yang berbunyi:

QOOLA ROSULULLOOHI SHOLULLOOHU ‘ALAIHI WASSALAM: AL IIMANU BILLAHI AL IQROORU BILLISANI WATASHDIIQUN BIL QOLBI WA’AMALUN BIL ARKAANI.

Mengapa iman itu penting? karena seseorang yang mengaku dirinya muslim tentunya harus memiliki iman di hatinya dan mengikrarkan nya dengan lisan dengan mengucapkan kalimat syahadat dengan meyakini bahwa sesungguhnya tidak ada tuhan selain Allah dan Nabi Muhammad adalah utusan Allah, kemudian mengamalkan nya dengan anggota tubuh dengan cara senantiasa mengerjakan ibadah yang telah Allah perintahkan kepada hamba-Nya.

Orang yang mengaku dirinya iman tapi tanpa amal maka sia-sia saja, begitu pun sebaliknya jika ia banyak beramal tapi tidak beriman maka yang ia lakukan sia-sia saja., oleh karenanya iman itu penting agar amalan yang di kerjakan tidak sia-sia. Seperti contoh orang muslim yang mengaku iman tapi berani meninggalkan kewajiban nya yaitu beribadah kepada Allah maka iman yang ia miliki tidak sempurna, atau non muslim yang banyak beramal dengan bersedekah bahkan mengikuti puasa maka yang ia lakukan sia-sia saja karena ia tidak beriman. Intinya iman dan amal haruslah seimbang karena keduanya saling berkaitan satu sama lain dan saling berhubungan.

Iman merupakan salah satu syarat seseorang akan diterima amal ibadahnya, oleh karenanya iman itu penting. Syarat lainnya adalah ikhlas dan tidak menyebut-nyebutkan  pemberian nya atau biasa disebut juga dengan riya. Jika amal seseorang ingin diterima Allah maka harus bisa mengaplikasikan ketiga hal tersebut yaitu iman, ikhlas, dan tidak riya'.Terlebih perihal iman, karena iman itu penting.

Iman itu penting, tapi dan tidak riya juga tidak kalah penting karena ketiga hal tersebut yang menentukan di terima atau tidaknya suatu perkara. Sehingga tidak bisa dipungkiri bahwa ketiga hal tersebut terkadang berat untuk dilakukan terlebih rasa ikhlas yang memang tidak bisa dipaksakan. Tapi, setidaknya kita telah beriman dan tidak riya' atas ibadah yang telah kita lakukan. Perihal rasa ikhlas itu akan mengalir seperti air yang awalnya dipaksa, terpaksa kemudian akan terbiasa, ikhlas pun begitu akan tumbuh seiring berjalan nya waktu.

Adapun orang yang mengaku dirinya beriman haruslah mengetahui kepada apa dan kepada siapa ia harus beriman. Dibawah ini ada 6 perkara yang wajib kita imani.

RUKUN IMAN YANG WAJIB KITA IMANI

1). Iman kepada Allah

Rukun iman yang pertama adalah iman kepada Allah SWT, dengan meyakini bahwa tidak ada tuhan yang wajib disembah dalam adanya melainkan hanya Allah swt. Percaya bahwa segala yang ada di langit dan bumi beserta dengan segala isinya adalah ciptaan Allah swt.

Iman kepada Allah itu sangat penting dan juga bisa diaplikasikan dalam bentuk menjalankan segala perintahnya dan menjauhi larangan nya. Meyakini bahwa adanya Allah SWT bisa juga dengan mengenal nama-nama baik Allah SWT atau disebut juga dengan Asmaul Husna.

2). Iman kepada malaikat Allah

Rukun iman yang kedua adalah iman kepada Malaikat nya Allah, malaikat yang wajib kita ketahui berjumlah 10 dan kita sebagai seorang muslim harus meyakini para malaikat Allah dengan cara percaya bahwa Malaikat itu ada meski tidak terlihat.oleh karenanya iman itu penting, karena dengan iman kita bisa mempercayai sesuatu yang tidak terlihat (ghaib) sekalipun.

Iman kepada malaikat Allah juga bisa dengan cara mempercayai bahwa segala perbuatan baik maupun buruk kita di awasi oleh malaikat atas perintah Allah swt. Karena malaikat adalah makhluk Allah yang taat yang tidak akan pernah menolak perintah Allah, bahkan malaikat selalu bertasbih kepada Allah tanpa henti.

3). Iman kepada kitab-kitab Allah

Rukun iman yang ketiga adalah iman kepada kitab-kitab Allah, dengan meyakini adanya kitab Allah yang 4 yaitu kitab taurat, zabur, injil dan Al-Qur'an, iman kepada kitab kitab Allah itu penting.

Walaupun kita adalah umat Islam dengan pedoman kita yaitu Al-Qur'an yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw. Tapi, kita juga harus iman terhadap kitab Allah yang lain dengan meyakini adanya kitab-kitab tersebut.

4).Iman kepada Rasul Allah

Yang keempat adalah iman kepada Rasul Allah dengan mempercayai bahwa para rasul adalah utusan Allah yang diberi perintah untuk menyampaikan kabar baik dan ancaman yang ada di bumi.

Iman kepada para nabi dan rasul Allah itu penting, beriman kepada nabi dan rasul Allah ialah dengan mempercayai setiap ajaran nya baik ajaran yang keluar dari lisan nya atau perbuatan nya yang kita ikuti.

5). Iman kepada hari akhir (kiamat)

Rukun iman yang kelima ialah iman kepada hari kiamat. Hari kiamat adalah hari dimana seluruh makhluk yang ada di langit dan bumi hancur dan kehidupan di dunia selesai.

Iman itu penting, karena sebagai seorang muslim kita harus memiliki iman. Salah satunya iman terhadap hari kiamat dengan meyakini bahwa hari kiamat itu benar-benar akan terjadi, dengan meyakini tanda-tanda dari hari kiamat tersebut. Serta percaya dengan kehidupan abadi setelah kehidupan di dunia berakhir yaitu akhirat.

6). Iman kepada qadha dan qadar nya Allah

Rukun iman yang terakhir adalah iman kepada qadha dan qadar nya Allah, baik dan buruknya qadha juga baik dan buruknya qadar Allah.

Iman kepada qadha dan qadar Allah itu penting karena dengan beriman kepada qadha dan qadar Allah kita meyakini bahwa segala sesuatu yang terjadi kepada kita baik dan buruknya itu adalah sebuah ketetapan yang berasal dari Allah SWT.

Iman itu penting, karena terkadang disaat sesuatu yang buruk terjadi terhadap kita maka akan menyebutnya itu semua terjadi karena Allah. Jangan beranggapan seperti itu karena sesuatu yang buruk terjadi pada diri kita adalah buah dari perbuatan kita sendiri karena semua yang datang dari Allah adalah yang terbaik untuk kita.

Itulah 5 perkara yang wajib kita imani sebagai umat muslim. iman itu penting dalam kehidupan sehari hari, karena dengan beriman kita akan termasuk kedalam golongan umat muslim yang taat terhadap Allah. Apalagi jika ditambah dengan kita melaksanakan setiap yang diperintah kan dan menjauhi segala larangan nya, maka kita akan menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah swt.
LihatTutupKomentar

Dmca