-->

HIKMAH DARI SILATURAHMI

HIKMAH DARI SILATURAHMI

HIKMAH DARI SILATURAHMI
HIKMAH DARI SILATURAHMI

Doaislami - Agama islam adalah agama yang sangat memperhatikan banyak hal dimulai dari hal terkecil sampai hal terbesar. Segalanya diatur dalam islam agar manusia mampu berjalan dalam koridor yang benar yaitu di jalan Allah yang penuh dengan keselamatan.

Awalnya manusia satu sama lain tidak saling mengenal. Bisa saja manusia mendapat kenalan dari berbagai sumber bisa mengenal secara langsung atau pun kenalan melalui media sosial dalam artian mengenal tapi tidak pernah bertemu.

Mempunyai banyak kenalan tentu saja akan menambah banyak saudara, meski bukan saudara kandung tapi saudara sesama muslim tidak kalah pentingnya, bagaimana dengan kenalan orang non muslim? Tentu saja itu sama dalam hal berteman karena berteman tidak memandang kasta atau pun perbedaan agama karena ada toleransi yang bisa kita jadikan pegangan agar kita bisa hidup berdampingan dengan damai. 

Ada batasan dalam hal berteman jika memang itu dengan teman yang berbeda keyakinan. Siapa bilang kita tidak boleh menjalin hubungan pertemanan dengan non islam? Tentu saja diperbolehkan karena pada dasarnya kita sama-sama saling membutuhkan satu sama lain, namun bedanya adalah tentang tuhan yang kita percayai. Dalam hal sosial tentu saja boleh berbaur tapi dalam hal beribadah tentu harus sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Malah akan lebih bagus dengan kita menjalin pertemanan dengan non muslim sedikit demi sedikit kita bisa menyampaikan tentang kebenaran agama islam tidak dengan kekerasan tapi kelembutan, pelan-pelan tapi pasti.

Kemudian dalam sebuah keluarga ataupun dengan orang yang kita kenal tentu saja kita akan menjadi lebih dekat dengan begitu kita bisa menjalin silaturahmi antara keluarga, kerabat, dan teman. Karena dengan bersilaturahmi maka hubungan kekeluargaan ataupun pertemanan akan semakin erat dan semakin menumbuhkan rasa kasih sayang dan peduli antara satu sama lainnya.

Dalam hadits menyebutkan:

مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْراً أًوْ لِيَصْمُتْ، وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَاْليَوْمِ الآخِرِ فَلْيُكْرِمْ جَارَهُ، وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ. [رواه البخاري ومسلم]

“Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia memuliakan tamunya, dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah ia menyambung hubungan silahturahmi.”(HR.Bukhari dan Muslim)

Sudah menjadi keharusan kita untuk bisa menjaga sebuah hubungan kekeluargaan dan perteman yang harmonis karena dengan begitu hidup kita akan terasa jauh lebih berwarna karena memiliki banyak keluarga dan teman yang bisa menjadikan kita manusia yang baik, yang bisa mengajak kita kepada kebaikan serta bisa memberikan berbagai motivasi, kritik dan saran yang bertujuan ingin membuat kita menjadi manusia yang lebih maju.

Silaturahmi itu penting mengapa demikian? Karena selain dari bisa menjadikan kita lebih dekat dan harmonis baik dengan keluarga atau pun kerabat karena di balik silaturahmi itu sendiri ada hikmah yang dapat kita peroleh

Inilah beberapa hikmah Dari silaturahmi

1). Dapat merekatkan Tali Persaudaraan

Salah satu hikmah dari silaturahmi adalah bisa merekatkan tali persaudaraan. Karena memang pada dasarnya manusia merupakan makhluk sosial yang bergantung pada orang lain, membutuhkan bantuan orang lain, dengan bersilaturahmi maka akan lebih mudah dalam hal tolong-menolong.

Dengan bersilaturahmi juga bisa mendekatkan kembali yang jauh, karena dalam setiap pertemuan maka akan ada perpisahan dengan perpisahan itu sendiri tidak menutup kemungkinan tidak bisa saling bertemu kembali tapi dengan tetap menjaga silaturahmi meski tidak bertemu tapi bisa saling komunikasi lewat media virtual jadi silaturahmi tetap masih bisa terjaga.

Seperti sabda Rasulullah SAW di bawah ini:

Orang yang menghubungkan tali persaudaraan (silaturahmi) bukanlah orang yang membalas hubungan baik. Melainkan, orang yang menghubungkan tapi persaudaraan (silaturahmi) adalah orang yang ketika persaudaraan nya diputus, maka ia akan menghubungkannya kembali . (HR. Bukhari).

2). Dapat membukakan Pintu Rezeki yang banyak

Dengan menjaga silaturahmi menjadi sebuah jalan untuk membuka pintu rezeki karena ini merupakan janji Allah kepada hamba-Nya yang mau menjalin silaturahmi.

Rasulullah Saw bersabda:

" Barangsiapa yang senang dilapangkan jalan rezekinya dan dipanjangkan ajalnya (dipanjangkan umurnya), maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi antar sesama." (H.R Bukhari).

3). Dapat memperpanjang usia

Selain dari membuka pintu rezeki dan merekatkan tali persaudaraan dengan bersilaturahmi juga bisa memperpanjang usia. Siapa saja yang menjalin silaturahmi dengan sesamanya maka ia akan di panjangkan umurnya.

Hal ini dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW:

" Barangsiapa yang senang dilapangkan jalan rezekinya dan dipanjangkan ajalnya (dipanjangkan umurnya), maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi antar sesama. (H.R Bukhari).

4). Dapat memperluas persaudaraan antara satu sama lain

Dengan bersilaturahmi tentu saja akan memperluas persaudaraan kita karena kita akan banyak mempunyai kenalan dan kita akan menjadi lebih dekat dengan begitu persaudaraan kita akan menjadi semakin luas.

5). Saling mengenal satu sama lain

Terkadang kita selalu merasa sangat canggung jika bertemu dengan orang baru yang tidak kita kenal dan yang ada hanya akan menimbulkan keheningan dan kecanggungan. Cobalah untuk menjalin silaturahmi dengan orang baru tersebut dengan mengajaknya berkenalan dan bersilaturahmi maka antara satu sama lain akan saling mengenal.

6). Menambah ilmu

Saat bersilaturahmi dengan orang lain baik dengan orang yang sudah kita kenal atau dengan orang yang baru kita kenal maka disana akan mendatangkan hikmah berupa ilmu yang akan kita dapat. Mengapa demikian? Karena saat kita bersilaturahmi dengan keluarga, kerabat, teman dan sanak saudara lainnya maka mereka tentunya akan berbagi cerita, pengalaman, juga akan memberikan pengetahuan yang mungkin saja itu menjadi hal yang baru untuk kita maka dengan begitu ilmu pun akan bertambah. Dengan bersilaturahmi tentu berbagai ilmu akan tercurah antara satu dengan yang lainnya, akan menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita.

Jagalah hubungan keluarga dan pertemanan agar tetap kokoh agar tidak roboh, karena akan banyak keberkahan yang kita dapat. Hidup akan jauh terasa menjadi lebih memiliki arti dan kesan dibanding sendirian tak karuan serta tak jelas arah tujuan. Terkadang memang sendirian itu harus untuk memikirkan tentang sesuatu yang harus kita perbaiki. Tapi, kita hidup tidak akan terlepas dari orang lain,  memang sudah seharusnya manusia saling membantu satu sama lain tidak hanya mementingkan diri sendiri saja.
LihatTutupKomentar

Dmca