-->

Hikmah Berpikir Positif

Hikmah Berpikir Positif

Hikmah Berpikir Positif
Hikmah Berpikir Positif

Doaislami - Hikmah berpikir positif sangat lah banyak baik untuk kesehatan fisik maupun mental.  Sehingga tak jarang orang menyebut jika berpikir positif atau positive thingking adalah obat paling mujarab dan mampu membuat kehidupan terasa lebih indah. Namun kenyataan nya kebanyakan manusia selalu saja berpikir negatif.

Menurut sebuah riset, manusia setiap harinya kurang lebih berpikir 60 ribu kali. Bahkan, riset dari Fakultas Kedokteran Universitas San Fransisco (1986) menyebutkan, 80 persen dari pikiran manusia cenderung menyuruh pada hal-hal yang negatif. Entah bagaimana awalnya, manusia serasa terlatih oleh pikiran pikiran negatif nya.

Padahal dalam agama islam itu sendiri kita mengenal dengan istilah husnudzon. Husnudzon adalah berbaik sangka atau berpikir positif. Husnuzdon ini adalah sebuah sikap mental yang selalu berpikir secara positif terhadap diri sendiri, orang lain maupun terhadap takdir takdir Allah swt. 

Allah bahkan menganjurkan setiap hamba-Nya agar selalu husnudzon atau berpikir positif. Dimana anjuran ini Allah cantumkan dalam firman-Nya Q.S Al Hujurat ayat 12 


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ

Artinya:
Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.

Dalam Q.S Al Hujurat di atas di sebutkan untuk menjauhi purba sangka atau berburuk sangka atau dalam arti lain hendaklah untuk berpikir positif. Kenapa sampai Allah menganjurkan untuk berpikir positif? Karena Allah tau begitu banyak hikmah berpikir positif ini untuk umat-Nya.

Dalam hadist lain di sebutkan  "Allah berfirman, “Aku sesuai dengan persangkaan hamba-Ku. Aku bersamanya kompilasi ia ingat-Ku. Jika ia mengingat-Ku dalam dirinya, maka Aku akan mengingatnya dalam diri-Ku. Jika ia mengingat-Ku di suatu tempat, maka Aku akan mengingatnya di tempat yang lebih baik. Jika ia mendekati -Ku sejengkal, maka Aku mendekatkan sehasta. Jika ia mendekati -Ku sehasta, maka Aku mendekatkan sedepa. Jika ia akan datang-Ku dengan berjalan, maka Aku akan datang dengan berlari. (H.R Ahmad)

Hadist di atas secara tidak langsung menyuruh kita untuk bisa berpikir positif alias berbaik sangka. Jikalau semisal kita selalu berdoa dan doa itu belum di kabulkan juga maka tetaplah yakin jika Allah akan mengabulkan nya. Jangan sampai ragu atau bahkan berpikir jika Allah takan mengabulkan nya karena ingat "Aku sesuai dengan prasangka hamba-Ku"

Bisa jadi doa yang kita panjatkan tidak kunjung di kabulkan oleh Allah karena memang kita ragu bahkan berpikir jika Allah takan mengabulkan nya. Karena takdir dalam hidup kita tidak akan terlepas dari prasangka kita sendiri. Jadi, selalu berpikir positif lah terlebih terhadap diri sendiri. 

Berpikir positif juga harus kita tanamkan terhadap orang lain maupun terhadap takdir Allah. Karena hikmah berpikir positif itu tidak lain hanyalah untuk kebaikan kita sendiri. 

Beberapa Hikmah Berpikir Positif 

1. Dicintai oleh Allah

Hikmah berpikir positif ialah akan dicintai oleh Allah. Sebagaimana firman-Nya Q.S Al-Baqarah ayat 153 yang artinya,"Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) salat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Dalam konteks ini menjelaskan jika seorang hamba sedang dilanda musibah atau permasalah hidup hendaklah ia tetap sabar dengan tetap shalat dan berpikir positif terhadap takdir Allah swt.

Ya, kita hanyalah makhluk sedangkan Allah adalah sang Khalik. Kita tak kuasa sedangkan Allah Maha Kuasa. Kita tak mengetahui semua hal sedangkan Allah Maha mengetahui. Jika kita yakin akan semua itu maka sudah sepatutnya saat kita sedang jatuh dan diberi banyak cobaan dalam kehidupan ini tetaplah berpikir positif terhadap Allah swt. Karena kita tidak pernah tahu ada kebahagiaan apa di balik kesusahan yang sedang kita jalani.

Nah, dengan berpikir positif kita tidak akan menyerah dengan keadaan. Sehingga kita akan tetap sabar dengan cobaan sehebat apapun itu sehingga akan dicintai oleh Allah “Dan Allah Mencintai orang-orang yang sabar.” (QS.Ali Imran:146)

2. Lebih fokus dalam mencapai kesuksesan

Ya, secara logika pun jika kita selalu berpikir positif maka kita tidak akan pernah mengeluh apalagi merasa gagal walau sebetulnya kita memang gagal. Karena bagi mereka yang berpikir positif gagal itu bukan lah akhir melainkan awal dari perjuangan yang baru. Sehingga tak aneh jika banyak orang yang menyebutkan jika hikmah berpikir positif adalah dapat memudahkan kita menuju kesuksesan.

3. Pikiran dan hati terasa tenang

Saat kita sudah bisa menjadi orang yang sabar maka hati kita akan terasa tenang karena kita yakin selalu ada kemudahan di balik kesusahan, selalu ada balasan yang baik atas kejadian yang buruk. Sehingga dengan berpikir positif pikiran dan hati kita akan terasa tenang dan terhindar dari stres.

4. Menjadi pribadi yang menyenangkan

Hikmah berpikir positif yang lain nya ialah bisa membuat diri kita menjadi pribadi yang menyenangkan. Kenapa bisa demikian? Karena dengan berpikir positif kita akan selalu sabar atas cobaan yang di berikan oleh Allah swt yang kemudian melahirkan pikiran dan hati yang tenang. Dari pikiran dan hati yang tenang inilah kita akan menjadi pribadi yang kalem sehingga membuat orang lain senang bergaul dengan kita.

5. Hidup terasa lebih indah dan bahagia

Dengan berpikir positif juga akan membuat hidup terasa lebih indah dan bahagia. Karena pikiran kita selalu melihat dalam sudut pandang yang positif.

6. Lebih Sehat

Tidak hanya mempengaruhi dari segi mental tetapi berpikir positif juga dapat berpengaruh terhadap fisik juga loh. Coba bayangkan jika kita berpikir positif maka hati akan tenang, hidup terasa bahagia sehingga akan terhindar dari stres. Dan tahukah kamu jika sebagian besar penyakit bukanlah berasal dari makanan tetapi dari pikiran. Sehingga dengan menjaga pikiran tetap sehat (tidak stres) maka sama halnya dengan menjaga kesehatan.

Mulai dari sekarang mari berusaha untuk berpikir positif. Jika ada masalah apapun itu jangan langsung mengambil kesimpulan begitu saja, apalagi menduga duga dengan dugaan yang menuju kepada pikiran pikiran yang negatif.

Jika kita sedang memiliki banyak permasalah dalam hidup tetaplah untuk tetap berpikir positif atas takdir Allah karena Allah itu Maha Mengetahui atas segala sesuatu.
LihatTutupKomentar

Dmca