ENAM HAK YANG DI MILIKI TETANGGA

ENAM HAK YANG DI MILIKI TETANGGA

ENAM HAK YANG DI MILIKI TETANGGA
ENAM HAK YANG DI MILIKI TETANGGA

Sebagai makhluk sosial tentunya kita sebagai manusia yang saling membutuhkan satu sama lain, tidak bisa hanya hidup sendiri tanpa bergantung pada orang lain karena memang semandiri nya manusia tetap ada hal-hal yang ia lakukan dan butuh bantuan orang lain, dan tentu saja kita tinggal dengan keluarga kita masing-masing dan berdampingan dengan orang lain yang biasa di sebut tetangga.ada pula yang harus di perhatikan dalam bertetangga adalah hak -hak yang di miliki tetangga

Tentangga adalah orang yang tinggal di sekitar rumah kita, tentu saja hidup bertetangga bukan lah hal yang mudah seperti kelihatannya hanya hidup berdampingan tanpa harus repot memikirkan urusan orang lain karena kita tinggal dirumah yang berbeda hanya saja berdampingan. Apa hal seperti itu di benarkan? Tentu saja tidak karena ternyata hidup berdampingan dengan tetangga bukan berarti hidup tanpa memperdulikan orang lain. Tetangga yang tinggal berdampingan dengan kita ternyata memiliki hak nya yang di sebut hak tetangga.

Memperhatikan tetangga adalah hal yang sangat di anjurkan sebagai bentuk kepedulian kita terhadap sesama. Karena bagaimana pun tetangga adalah orang yang pertama kali tahu keadaan kita jika kita sedang dalam kesusahan maka tidak menutup kemungkinan tetangga akan jadi penolong pertama dibandingkan dengan sodara kita sendiri karena tetangga adalah orang terdekat yang tingga berdampingan dengan kita. Maka hak apa sajakah yang dimiliki tetangga?

Dan dibawah ini terdapat 10 hak tetangga yang harus kita perhatikan dan kita penuhi karena jika seseorang mempunyai hak maka kita akan akan mempunyai sebuah kewajiban yang harus dipenuhi agar tidak menjadi suatu dosa karena telah melalaikan kewajiban.

Inilah 6 Hak Tetangga Yang Harus Di Perhatikan 

1). Ramah terhadap tetangga

Bersikaplah ramah terhadap orang lain, bukankah kita merasa senang jika orang lain juga bersikap ramah terhadap kita?
Tetangga yang ramah adalah keinginan setiap orang karena sikap seperti itu akan banyak disenanangi dan akan terlihat lebih indah, maka hidup bertetangga akan terasa manis.

2).  Tidak mengganggu kenyamanan tetangga

Hidup bertetangga tentu tinggal berdampingan dan seringkali terjadi cekcok satu sama lain karena alasan yang beragam salah satunya adalah tetangga yang merasa terganggu adalah sumber dari ketidak akuran dengan tetangga. Maka dari itu cobalah untuk tidak mengganggu kenyamanan tetangga seperti dalam hal perkataan yang kurang baik, terganggu dengan aroma yang kurang sedap, dan terganggu karena kebisingan yang kita sebabkan. Tetap jaga keutuhan bertetangga dengan memperhatikan beberapa hal yang harus kita hindari agar tetangga kita tidak terganggu kenyamanan nya supaya hidup bertetangga lebih harmonis tanpa ada konflik sedikitpun.

3). Menjenguk tetangga bila sedang sakit

Jika ada tetangga kita yang sakit, baik itu berat ataupun ringan, kita sebagai tetangga yang baik, sudah semestinya kita menjenguknya. Malah lebih bagus menjenguk dengan membawa sedikit makanan untuk yang sakit atau pun untuk keluarganya sebagai tanda kepedulian kita. Namun, jikapun tidak membawa apa-apa tidak akan menjadi masalah karena dengan hadirnya kita pun akan sangat berarti untuk pihak keluarga, dengan kita menjenguknya akan membuat orang yang sakit dan keluarga nya merasa senang.

4). Ikut mengurus jenazah tetangga yang meninggal

Meski mengurus jenazah adalah fardu kifayah apabila sudah ada yang mewakili maka yang lainnya tidak berdosa, tapi sebagai tetangga yang baik alangkah bagusnya jika kita ikut mengurus jenazah apabila ada anggota keluarga tetangga yang meninggal dunia. Membantu dengan yang kita bisa, setidaknya kita bisa ikut andil mengantarkan ke tempat pengistirahatan nya yang terakhir.

5). Hibur tetangga ketika mendapat musibah

Sebagai tetangga yang baik juga kita sepatutnya  menghibur tetangga yang sedang mendapat musibah, berikan juga semangat kepadanya agar tetangga yang terkena musibah tidak terlalu terpuruk dengan keadaan yang menimpanya. Karena meski hal sekecil apapun akan sangat bearti bagi mereka.

6). Penuhi hak tetangga dan jangan menyakitinya

Hak tetangga diatas bukanlah sekedar anjuran saja bagi kita namu itu sudah menjadi suatu kewajiban untuk kita agar kita bisa melaksanakan kewajiban itu dengan sebaik-baiknya. Penuhi hak tetangga maka In syaa Allah perlakuan mereka akan sama terhadap kita. Dan cobalah untuk tidak pernah menyakiti tetangga baik berupa perkataan atau perbuatan kita.

Semoga kita bisa memenuhi hak yang dimiliki tetangga agar kita bisa hidup rukun dan harmonis berdampingan dengan tetangga kita. Ini merupakan hal yang serius dan tidak boleh di abaikan begitu saja.

0 Response to "ENAM HAK YANG DI MILIKI TETANGGA"

Post a Comment

dmca

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel