DAMPAK NEGATIF DARI SIFAT SOMBONG

DAMPAK NEGATIF DARI SIFAT SOMBONG


Dampak Negatif dari sifat sombong banyak sekali contohnya diantaranya membawa sifat yang tidak baik,ingin menang sendiri dan angkuh.  Kebanyakan manusia selalu ingin terlihat menakjubkan di mata orang lain, memang pada dasarnya manusia selalu haus akan pujian meski tidak semua seperti itu tapi kebanyakan manusia ingin selalu mendapat pujian. Padahal pujian itu sendiri akan mendatangkan rasa tinggi hati dan nantinya akan menjadi orang yang sombong.

Sombong adalah sifat yang ada dalam diri seseorang yang merasa dirinya memiliki banyak kelebihan di banding yang lainnya, orang yang sombong memiliki rasa tinggi hati dalam dirinya dan orang yang sombong akan begitu arogan menunjukkan dirinya dengan tujuan ingin mendapat sanjungan.

Bahaya sifat sombong akan membawa sifat-sifat yang tidak baik lainnya dari sifat sombong tersebut akan muncul sifat tidak bisa menghargai orang lain, dan sifat ingin selalu menang sendiri.

Tentu saja sifat sombong adalah sifat yang sangat tidak di sukai Allah swt. Juga tidak akan membawa seseorang pada kebaikan, namun sebaliknya yang akan ia dapatkan adalah keburukan dan kerugian.

Banyak ayat-ayat Al Qur'an yang menceritakan tentang dampak buruk dari sifat sombong, seperti yang di sebutkan dalam Al qur'an tentang kisah fir'aun sebagaimana kita Fir'aun adalah seorang raja yang begitu arogan yang kemudian Allah tenggelamkan ia dengan hartanya yang tidak bisa menjadi penolongnya di dunia maupun di akhirat nanti, dan masih banyak lagi kisah dalam al qur'an yang menceritakan tentang dampak buruk dari sifat sombong.

Sifat sombong memang sesekali membuat jengkel orang lain karena orang yang memiliki sifat sombong cenderung ingin selalu menonjolkan diri dengan merasa dirinya lah yang paling pintar, kaya, cantik ,tampan segala nya ia merasa lebih dari yang lain.

Sombong itu terbagi 3 macam

 a). Pertama, sombong kepada Allah

Sombong kepada Allah itu seperti apa sih?
Nah ketika kita malas beribadah kepada Allah, seperti misalnya malas membaca Al-Quran, malas melaksanakan shalat 5 waktu dan malas berpuasa di bulan ramadhan itu artinya kita telah sombong terhadap Allah karena berani melanggar perintah Allah dan berani meninggalkan sesuatu yang telah di wajibkan untuk kita.

b). Kedua, sombong kepada Nabi Muhammad SAW

yang kedua yaitu sombong kepada penutup para nabi , Nabi terakhir yakni Nabi Muhammad Saw. Sombong kepada beliau adalah ketika Kita tidak mau melaksanakan sunnah-sunnah nya, padahal dengan mengikuti sunnah nabi tersebut akan banyak sekali kebaikan dan pahala yang akan di dapat.

 c). Ketiga, sombong kepada sesama manusia dan makhluk

Yang terakhir yaitu sombong kepada manusia dan makhluk lainnya, yaitu ketika Kita enggan menjalin pertemanan dengan orang lain, memilih milih teman dengan alasan berbeda derajat, juga sombong dengan segala sesuatu yang kita miliki kepada orang lain, sombong kepada makhluk lain seperti berani membunuh binatang dengan alasan yang tidak di benarkan.

Dampak sifat sombong

Adapun dampak dari seseorang yang memiliki sifat sombong dalam dirinya adalah:

1). Hatinya tertutup dari kebenaran

Orang yang memiliki sifat sombong akan Allah jauhkan dari nya kebaikan-kebaikan, ia dijauhkan dari rasa syukur atas segala nikmat yang telah Allah berikan kepada dirinya, rasa nikmat dalam beribadah akan Allah cabut dari dirinya ,sulit untuk menerima setiap kebaikan dari orang lain dan selalu menganggap orang lain sebagai musuh dan saingan, hatinya sulit menerima hidayah dari Allah dan sulit pula dalam menerima kebenaran.

2). Sulit dalam berteman

Sifat sombong juga akan mendatangkan kerugian, karena orang yang sombong akan sulit dalam mendapatkan teman baik, karena orang yang baik tentu saja tidak ingin menjalin suatu hubungan perteman dengan orang yang memiliki sifat sombong. Karena orang yang sombong cenderung akan menganggap remeh orang lain dan tidak bisa menghargai orang lain dan hanya akan membuat orang lain tersakiti hatinya dengan sifat sombong nya itu.

3). Tidak merasakan hidup yang bahagia

Orang yang memiliki sifat sombong hidup nya hanya akan dipenuhi dengan pemikiran bagaimana caranya ia harus lebih unggul dari yang lainnya, maka dari itu ia tidak akan merasa puas atas apa yang telah ia capai, ia akan selalu merasa apa yang ia dapatkan masih kurang dan hidup yang seperti itu tentu saja tidak akan bahagia karena hidupnya tidak merasa tenang hatinya di penuhi rasa bimbang karena takut tersaingi oleh orang lain. Orang yang memiliki sifat sombong tidak bahagia karena tidak mengenal syukur atas apa yang ia miliki.

4). Mengundang adzab Allah swt

Dalam al Qur'an sudah banyak di ceritakan tentang siapa saja yang Allah timpakan adzab kepada nya atas sifat sombong yang ada pada diri mereka. Orang yang sombong tidak hanya mendapat kan adzab di dunia saha tapi juga di akhirat, seringkali kita temui orang yang awalnya kaya raya namun karena sifat sombongnya ia jatuh miskin dan hidupnya tidak bahagia itu adalah sebuah peringatan dari Allah terhadap orang yang sombong agar kita senantiasa rendah hati atas apa yang kita miliki.

5). Tidak diperbolehkan masuk surga

Ini adalah dampak yang teramat di sayangkan karena orang yang memiliki sifat sombong tidak di izinkan masuk kedalam surga nya Allah. Padahal surga adalah tempat yang paling di idamkan seluruh umat manusia, tapi untuk orang yang sombong tidak ada tempat baginya di surga.

Rasulullah Saw pernah bersabda:

“Tidak akan masuk surga seseorang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan sebesar biji sawi.”

Sifat sombong yang tertanam dalam diri seseorang meski hanya sebesar biji sawi saja sudah menjadi penghalang seseorang masuk surga lalu bagaimana jika sifat sombong itu semakin tumbuh dan besar?

Sifat sombong seringkali muncul dalam diri seseorang meski hanya sedikit tapi alangkah baiknya sifat itu segera di hilangkan dan senantiasa mengingat bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini hanyalah titipan Allah swt, baik itu harta, tahta, jabatan, keelokan wajah dan lain sebagainya yang suatu waktu dapat Allah ambil tanpa izin dari manusia maka dari itu tetaplah bersifat rendah hati.

Video Dampak dari Sifat Sombong



0 Response to "DAMPAK NEGATIF DARI SIFAT SOMBONG"

Post a Comment

dmca

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel