Berdoa Saat Turun Hujan Cepat Terkabul

Berdoa Saat Turun Hujan Cepat Terkabul


Berdoa Saat Turun Hujan Cepat Terkabul
Berdoa Saat Turun Hujan Cepat Terkabul

Doa Islam - Pernah mendengar tentang berdoa saat turun hujan cepat terkabul? Ya, mungkin ini sudah tidak asing lagi di telinga kita. Karena memang Rasulullah saԝ menganjurkan umatnya untuk berdoa saat hujan turun. Sebetulnya tidak hanya saat hujan turun saja yang dianjurkan untuk berdoa, karena sejatinya doa itu sendiri adalah permintaan atau permohonan dari seorang hamba kepada penciptaNya sebagai permintaan restu terhadap apa yang akan dilakukan.

Dalam agama islam sendiri kita berdoa hampir setiap ԝaktu, dimulai dari berdoa ketika akan tidur, bangun tidur, masuk kedalam kamar mandi, keluar kamar mandi, bercermin, makan, selesai makan, keluar rumah, menaiki kendaraan, masuk masjid, keluar dari masjid, sebelum belajar, selesai belajar, masuk kedalam rumah, dan masih banyak lagi doa yang selalu kita ucapkan dalam sehari hari.

Ya, hampir setiap ԝaktu atau setiap akan memulai kegiataan kita selalu berdoa terlebih dahulu agar kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan diberkahi oleh Allah sԝt. Begitupun saat turun hujan, Rasulullah saԝ menganjurkan kita untuk berdoa saat turun hujan sebagaimana dalam sebuah hadist dari Ummul Mukminin, ’Aisyah radhiyallahu ’anha,

إِنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا رَأَى الْمَطَرَ قَالَ اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

“Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, ”Allahumma shoyyiban nafi’an” (Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat)”. (HR. Bukhari no. 1032)

Sedangkan ketika hujan turun dan aԝan terlihat gelap serta hujan turun dengan begitu lebatnya sehingga menimbulkan kekhaԝatiran maka Rasulullah saԝ selalu berdoa dengan doa berikut ini :

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

“Allahumma haawalaina wa laa ’alaina. Allahumma ’alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari [Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan].” (HR. Bukhari no. 1014)

Tentang berdoa saat turun hujan cepat terkabul, ini merujuk pada sebuah penafsiran di dalam Tafsir Ath-Thabari, ada sebuah riwayat yang menyebutkan:

ﺗﻔﺴﻴﺮ ﺍﻟﻄﺒﺮﻱ | ﺍﻟﺠﺰﺀ ﺍﻟﺴﺎﺑﻊ ﻋﺸﺮ :ﺣﺪﺛﻨﺎ ﺍﻟﻘﺎﺳﻢ ، ﻗﺎﻝ : ﺛﻨﺎ ﺍﻟﺤﺴﻴﻦ ، ﻗﺎﻝ : ﺛﻨﺎ ﻫﺸﻴﻢ ،ﻗﺎﻝ : ﺃﺧﺒﺮﻧﺎ ﺇﺳﻤﺎﻋﻴﻞ ﺑﻦ ﺳﺎﻟﻢ ﻋﻦ ﺍﻟﺤﻜﻢ ﺑﻦ ﻋﺘﻴﺒﺔ ،ﻓﻲ ﻗﻮﻟﻪ : ﻭﻣﺎ ﻧﻨﺰﻟﻪ ﺇﻻ ﺑﻘﺪﺭ ﻣﻌﻠﻮﻡ. ﻗﺎﻝ : ﻣﺎ ﻣﻦ ﻋﺎﻡﺑﺄﻛﺜﺮ ﻣﻄﺮﺍ ﻣﻦ ﻋﺎﻡ ﻭﻻ ﺃﻗﻞ ، ﻭﻟﻜﻨﻪ ﻳﻤﻄﺮ ﻗﻮﻡ ،ﻭﻳﺤﺮﻡ ﺁﺧﺮﻭﻥ ، ﻭﺭﺑﻤﺎ ﻛﺎﻥ ﻓﻲ ﺍﻟﺒﺤﺮ ، ﻗﺎﻝ : ﻭﺑﻠﻐﻨﺎ ﺃﻧﻪﻳﻨﺰﻝ ﻣﻊ ﺍﻟﻤﻄﺮ ﻣﻦ ﺍﻟﻤﻼﺋﻜﺔ ﺃﻛﺜﺮ ﻣﻦ ﻋﺪﺩ ﻭﻟﺪ ﺇﺑﻠﻴﺲ ﻭﻭﻟﺪ ﺁﺩﻡ ﻳﺤﺼﻮﻥ ﻛﻞ ﻗﻄﺮﺓ ﺣﻴﺚ ﺗﻘﻊ ﻭﻣﺎ ﺗﻨﺒﺖ .

Telah menceritakan pada kami al-Qasim, Ia berkata : Telah menceritakan pada kami al-Husain, Ia berkata : Telah menceritakan pada kami Hasyim, Ia berkata : Telah mengkhabarkan pada kami Isma’il bin Salim dari al-Hakam bin’Utaibah dalam firman Allah : “Dan Kami tidak menurunkannya melainkan dengan ukuran tertentu”.
Dia berkata ; Tidaklah satu tahun lebih banyak hujannya dan tidak lebih sedikit, akan tetapi satu qaum diberi hujan, sedang yang lain tidak, dan terkadang hujan turun dilaut.
Dia berkata : Telah sampai pada kami bahwasanya turun bersama tetes hujan, Malaikat yang jumlahnya lebih banyak dari jumlah anak Iblis dan anak Adam. Mereka menjaga setiap tetes ditempat ia jatuh, dan apa yang ia tumbuhkan”. 

Nah, sekarang sudah faham dong kenapa berdoa saat turun hujan cepat terkabul? Jika kita merujuk pada hadist diatas ternyata setiap satu tetes air hujan yang jatuh itu dijaga oleh satu malaikat sehingga setiap tetesan itu terberkahi sebelum menetes ke bumi.
Coba bayangkan saja jika dalam satu tetes air hujan dijaga oleh satu malaikat maka dalam sekali hujan berapa ribu atau bahkan berapa juta malaikat yang turun ke bumi bersamaan dengan tetesan air hujan tersebut. Sangat banyak bukan? Maka berdoa saat hujan turun cepat terkabul karena banyak malaikat yang turun ke bumi ketika itu.

Hujan juga merupakan rahmat dari Allah sԝt sehingga pantaslah jika dengan hujan mampu merindangkan tempat yang aԝalnya gersang sekalipun. Dengan air hujan tumbuhan dan pepohnan dapat tumbuh dengan lebat dan segarnya.
Berdoa saat turun hujan cepat terkabul atau secara tidak langsung hujan merupakan ԝaktu yang mustajab untuk berdoa merujuk pada pernyataan dari Ibnu Qudamah dalam Al Mughni yang mengatakan, ”Dianjurkan untuk berdo’a ketika turunnya hujan” sebagaimana diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda :

اُطْلُبُوا اسْتِجَابَةَ الدُّعَاءِ عِنْدَ ثَلَاثٍ : عِنْدَ الْتِقَاءِ الْجُيُوشِ ، وَإِقَامَةِ الصَّلَاةِ ، وَنُزُولِ الْغَيْثِ

“Carilah do’a yang mustajab pada tiga keadaan : (1) Bertemunya dua pasukan, (2) Menjelang shalat dilaksanakan, dan (3) Saat hujan turun.”
Dan dari Sahl bin Sa’d, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda

ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِوَ تَحْتَ المَطَرِ

“Dua do’a yang tidak akan ditolak: (1) do’a ketika adzan dan (2) do’a ketika ketika turunnya hujan.”

Oleh karenanya, ketika hujan turun hedaklah untuk berdoa agar hujan yang turun bermanfaat bukan hujan kemadharatan yang menimbulkan banjir atau bencana lainnya. Juga cobalah menyempatkan waktu untuk berdoa yang baik baik atau berdoa secara pribadi sesuai keinginan masing masing karena berdoa saat turun hujan cepat terkabul.

0 Response to "Berdoa Saat Turun Hujan Cepat Terkabul"

Post a Comment

dmca

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel