-->

Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Berbakti Kepada Kedua Orang Tua
Berbakti Kepada Kedua Orang Tua

Doaislami - Sejak kecil kita pasti sudah tidak asing dengan nasihat dari guru kita agar selalu berbakti kepada kedua orang tua. Bahkan dalam islam perintah berbakti kepada kedua orang tua sering kali dipelajari. Ya, ini tak lain untuk menciptakan generasi muslim yang beriman terhadap Allah dan mampu berbakti kepada kedua orang tuanya.

Karena seorang anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya jelas akan berbeda dari seorang anak yang tidak berbakti kepada kedua orang tuanya. Perbedaan ini bisa terlihat dari akhlak yang dimiliki oleh sang anak. Bahkan keberkahan hidup seseorang dapat di pengaruhi oleh seberapa berbaktinya ia kepada kedua orang tuanya.

Dalam islam banyak sekali hadist ataupun ayat Al Quran yang menjelaskan tentang betapa harusnya kita berbakti kepada kedua orang tua. Karena berbakti kepada kedua orang tua memiliki keutamaannya yang sungguh luar biasa. 

Berikut keutamaan berbakti kepada kedua orang tua

1. Tiket menuju surga melalui pintu pertengahan

Keutamaan berbakti kepada kedua orang tua yang pertama ialah bisa menjadi wasilah masuk ke dalam surga melalui pintu tengah. Sebagaimana hadist Nabi saw “Orang tua adalah paling pertengahan dari pintu-pintu surga. Jika kamu mau, sia-siakanlah pintu itu (kau tidak mendapat surga) atau jagalah ia (untuk mendapatkan pintu surga itu).” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).

2. Keridhaan orang tua sama dengan keridhaan Allah swt

Ya, ini pasti sudah tidak asing di telinga kita. Jika keridhaan orang tua sama dengan keridhaan Allah swt. Sehingga saat kita durhaka kepada kedua orang tua sama halnya dengan kita durhaka kepada Allah. Ini sesuai dengan sebuah hadist "Keridhaan Allah ada pada keridhaan orang tua dan kemurkaan Allah ada pada kemurkaan orang tua” (HR. Tirmidzi)

3. Di panjangkan umur & penambah rezeki

Keutamaan berbakti kepada kedua orang tua juga dapat dipaanjangkannya umur dan di tambahkan rezeki oleh Allah.

"Siapa yang ingin dipanjangkan umurnya dan ditambah rezekinya, maka hendaklah ia berbakti kepada kedua orang tuanya dan menyambung silaturahim” (HR. Ahmad)

4. Surga ada di bawah telapak kaki ibu

“Jahimah pernah datang kepada Nabi shallallahu alaihi wasallam lalu berkata, “Ya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, aku ingin berperang dan sungguh aku datang untuk meminta pendapatmu.” Beliau bertanya, “Apakah engkau masih memiliki ibu?”Ia menjawab, “Ya.” Maka beliau pun bersabda, “Tetaplah bersamanya karena sesungguhnya surga ada di kakinya.” (HR. Ibnu Majah dan An Nasai)

5. Berpahala senilai hijrah & jihad

Sungguh luar biasa bukan keutamaan berbakti kepada kedua orang tau sehingga pahala nya senilai dengan pahala hijrah & jihad, Masyaallah. 

"Seorang laki-laki datang kepada Rasulullah shallallahu alaihi wasallam lalu berkata “Saya berbaiat kepadamu untuk berhijrah dan berjihad, aku mengharapkan pahala dari Allah.” Beliau bertanya, “Apakah salah satu orang tuamu masih hidup?” Ia menjawab, “Ya, bahkan keduanya masih hidup.” Rasulullah bertanya lagi, “Maka apakah kamu masih akan mencari pahala dari Allah?” Ia menjawab, “Ya.” Maka beliau pun bersabda, “Pulanglah kepada kedua orang tuamu lalu berbuat baiklah dalam mempergauli mereka.” (HR. Muslim).

6. Amalan yang paling dicintai Allah

Berbakti kepada kedua orang tua ternyata merupakan amalan yang paling utama atau amalan yang paling di cintai Allah. Sebagaimana sebuah hadist :

Aku pernah bertanya kepada Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, “Amalan apa yang paling dicintai Allah?” Beliau menjawab, “Shalat pada waktunya.” Aku melanjutkan, “Kemudian apa?” Beliau menjawab, “Berbakti kepada kedua orang tua.” Lalu aku bertanya lagi, “Kemudian apa?” Beliau menjawab, “Berjihad di jalan Allah.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Nah, beberapa keutamaan berbakti kepada kedua orang tua yang telah dipaparkan di atas sebetulnya hanya sebagian kecil dari keseluruhan keutamaan berbakti kepada kedua orang tua.

Lalu, bagaimana caranya untuk berbakti kepada kedua orang tua? Ini gampang sebetulnya, cobalah untuk membantu pekerjaan kedua orang tua kita meski hanya sedikit. Apalagi untuk anak perempuan dapat berbakti melalui bantu bantu dalam pekerjaan rumah sehari hari.

Berbakti kepada kedua orang tua juga bisa kita lakukan dengan selalu patuh saat di nasehati, bersikap sopan santun, berprilaku lemah lembut, dan selalu menyenangkan hati keduanya. 

Selain melihat akan keutamaan yang akan kita terima dari Allah swt, berbakti kepada kedua orang tua sebetulnya memang suatu kewajiban bagi setiap anak. Tentang keutamaan akan pahala yang senilai jihad & hijrah, dapat masuk surga melalui pintu tengah, dan keutamaan lainnya hanyalah bonus dari Allah. 

Memang sudah seharusnya kita sebagai seorang anak untuk berbakti kepada kedua orang tua. Karena mereka lah kita ada di dunia ini. Sepasang manusia yang menaruhkan jiwa raganya untuk membesarkan, merawat serta menjaga kita. Sepasang manusia yang rela lapar asal kita kenyang. Sepasang manusia yang rela menahan kantuk asal kita dapat tertidur dengan lelap. Sepasang manusia yang tak memperdulikan kebahagiaan nya sendiri asalkan anaknya bahagia. Jadi, pantaslah jika kita membalas semua kebaikan mereka dengan berbakti kepadanya.
LihatTutupKomentar

Dmca