BENARKAH JIN BISA MEMBUNUH MANUSIA?

BENARKAH JIN BISA MEMBUNUH MANUSIA?

BENARKAH JIN BISA MEMBUNUH MANUSIA
Benarkah Jin Bisa Membunuh Manusia


Banyak sekali kejadian kejadian di sekitar kita yang tak masuk akal yang mana kejadian itu sering disangkut pautkan dengan peran makhluk halus atau yang sering kita sebut dengan jin. Semisal, banyak kecelakaan di jalan raya yang memang di gadang gadang jalanan di tempat itu angker atau peristiwa tentang kejadian manusia yang terbunuh karena guna guna. Lalu benarkah jin bisa membunuh manusia?

Nah, dalam film film horor pun kita mungkin sering melihat jika manusia di cekik, di banting atau di pukul oleh jin atau setan sampai terbunuh. Ya, dalam film film horor seperti itu kekuatan jin begitu menakutkan karena bisa muncul secara tiba tiba, menarik kaki seseorang, berada dimana mana, bahkan bisa menyerupai teman kita sendiri.

Terlepas dari itu semua dalam agama atau kepercayaan islam  memang tidak dapat dipungkiri jika Allah swt menciptakan berbagai macam makhluk. Tidak hanya manusia, tetapi juga malaikat, jin, binatang, tumbuhan, dll. Ini membuktikan jika memang jin itu ada dan memang Allah menciptakan jin. Sebagaimana firman Allah swt “Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku” (QS. Adz Dzariyat [51]: 56).

Apakah Mungkin jin bisa membunuh manusia ?

Perihal benarkah jin bisa membunuh manusia berawal dari suatu peristiwa pada saat zaman sahabat. Dimana terdapat sebuah riwayat bahwa sahabat Sa’ad bin Ubadah radhiyallahu ‘anhu meninggal di tempat mandinya dalam keadaan tubuh yang sudah menghijau karena dipanah oleh jin. 

Kemudian, Ibnu Abdil Bar mengatakan,

ولم يشعروا بموته حتى سمعوا قائلا يقول؛ ولا يرون أحدا

قتلنا سيد الخزرج سعد بن عبادة * رميناه بسهم فلم يخطئ فؤاده

Mereka tidak ada yang tahu tentang kematian Sa’ad bin Ubadah hingga mereka mendengar ada sosok tanpa jasad yang mengucapkan bait syair:

”Kami telah membunuh pemuka Khazraj, Sa’d bin Ubadah Kami lempar dia dengan tombak, dan tidak meleset dari jantungnya.”(al-Isti’ab fi Ma’rifah al-As-hab, hlm. 180).

Namun peristiwa di atas masih di perselisihkan atas kebenaranya sampai dinyatakan jika riwayat itu berstatus dhaif atau lemah.

Dari peristiwa berikut seharusnya kita menyadari jika jin itu tidak bisa membunuh manusia secara langsung. Ya, memang ada peristiwa yang menceritakan tentang salah satu sahabat yang di bunuh oleh jin. Tetapi kebenaran dari peristiwa itu ternyata dhaif atau lemah. Karena ada kemungkinan besar jika jin sengaja berbohong dan mengatakan ia (jin) yang telah membunuh Sa'ad bin Ubadah agar manusia merasa takut kepadanya. Jadi benarkah jin bisa membunuh manusia? 

Sebagai seorang muslim yang baik seharusnya kita faham tentang Firman Allah yang terangkum dalam Q.S At-Tin ayat 4 yang berbunyi "Sungguh, Kami Telah Menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik baiknya” 

Ya, manusia adalah makhluk yang Allah ciptakan dalam bentuk yang sebaik baiknya. Sebetulnya bukan hanya tentang bentuk tetapi juga dari segala hal. Begitupun jika di bandingkan dengan jin, maka manusia sebetulnya lebih unggul dari jin. Karena sudah jelas jika manusia Allah ciptakan dengan sebaik baiknya. 

Kembali lagi ke topik awal, benarkah jin bisa membunuh manusia? Pertanyaan ini mungkin sedikit rancu karena bagaimana jin bisa membunuh manusia karena faktanya jin itu sendiri takut terhadap manusia. Bahkan ketakutan mereka melebihi ketakutan kita kepada mereka. Sebagaimana menurut Imam Mujahid – ulama besar, ahli tafsir tabiin, muridnya Ibnu Abbas – (w. 104 H), beliau menceritakan,

بينا انا ذات ليلة أصلي إذ قام مثل الغلام بين يدي قال فشددت عليه لآخذه فقام فوثب فوقع خلف الحائط حتى سمعت وقعته فما عاد إلي بعد ذلك

“Suatu malam ketika saya sedang melaksanakan shalat, tiba-tiba muncul makhluk sebesar anak laki-laki di hadapan saya. Lalu saya desak dia untuk menangkapnya. Tiba-tiba dia bangun dan lompat ke belakang dinding sehingga saya mendengar jatuhnya. Setelah itu, dia tidak penah datang lagi.” (Riwayat Ibnu Abi Dunya).

Dalam riwayat lain, Imam Mujahid menegaskan,

الشيطان أشد فرقا من أحدكم منه فإن تعرض لكم فلا تفرقوا منه فيركبكم ولكن شدوا عليه فإنه يذهب

“Setan itu sebenarnya sangat takut terhadap kalian (manusia), melebihi ketakutan kalian kepadanya. Oleh karena itu, setan menampakkan diri kepada kalian, janganlah kalian lari ketakutan. Karena jika kalian takut, ia akan menunggangi kalian (mengganggu), akan tetapi bersikaplah keras kepadanya, pasti dia akan pergi”. (Riwayat Ibn Abi Dunya)

Dari hadist di atas dapat di simpulkan jika sebetulnya jin itu takut kepada manusia. Namun mereka itu cerdik sampai sampai bisa membalikan keadaan menjadi manusia lah yang ketakutan oleh jin. Mungkin ini efek dari keseringan nonton film film horor atau memang iman kita yang masih lemah.

Benarkah jin bisa membunuh manusia? Maka jawaban nya tidak karena jin dengan manusia itu memiliki alam yang berbeda. Energi jin dan manusia itu berbeda sehingga untuk menampakan diri nya saja kepada manusia maka jin akan kehilangan sebagian besar energinya. Dan memang sejatinya jin tidak dapat membunuh manusia secara langsung.

Jin bisa saja membunuh manusia tetapi tidak secara langsung dengan mencekik, membanting, atau menusuk seperti yang terjadi dalam film horor. Jin bisa membunuh manusia dengan bantuan pihak lain. Semisal jin merasuki manusia dan manusia yang kerasukan itulah yang membunuh orang lain. Jin juga bisa merasuki manusia sampai energi manusia itu lemah dan jika manusia itu menyerah maka ia akan terbunuh. Atau melalui bisikan bisikan yang di transfer kedalam pikiran manusia sampai manusia berpikir hal yang aneh aneh sampai celaka dengan ketakutan nya sendiri yang berlebihan.

Karena sejatinya jin tidak bisa membunuh manusia secara langsung. Jin hanya bisa mempengaruhi pikiran atau hanya melalui darah manusia atau memisahkan raga dengan jiwa seseorang. Ya, mungkin kita pernah mendengar ada seseorang yang di gadang gadang jiwa nya di bawa oleh jin ke suatu tempat sehingga tubuh nya kaku tak bisa apa apa seperti orang yang sudah meninggal.

Orang yang seperti itu sebetulnya belum meninggal, hanya saja jiwa atau ruh nya berada di alam yang berbeda. Bisa saja di jemput untuk pulang dan kembali ladalam tubyh nya. Tetapi di zaman sekarang ilmu seperti itu mungkin sudah sangat langka. Berbeda dengan zaman dulu yang mana mungkin hampir setiap raja raja besar mampu melebur sukma.

Nah, kembali lagi ke topik awal tentang benarkah jin bisa membunuh manusia juga terdapat suatu hadist yang mengatakan Suatu ketika, Aisyah ra berkata, "Ketika Rasulullah salat, datanglah syetan kepadanya. Lalu Rasulullah menangkapnya, membantingnya, dan mencekiknya. Rasulullah kemudian bersabda, "Sampai aku rasakan lidahnya yang dingin di tanganku." (HR. Nasai)

Jika kita amati hadist di atas maka jin memang bisa menampakan diri dan berwujud selayaknya manusia. Sampai sampai Rasulullah bisa menangkap, membanting bahkan mencekiknya. Tetapi terlepas dari itu semua jin tetap tidak bisa membunuh manusia secara langsung. Jikapun ada suatu peristiwa yang memang membuat manusia terbunuh karena jin seperti oleh guna guna. Maka sejatinya bukan jin yang membunuh manusia itu tetapi memang batas usianya lah yang sudah Allah takdirkan sampai disitu atau dengan kata lain Allah lah yang mematikan nya.

 Karena di dunia ini tidak ada suatu perkara yang terjadi tanpa kehendak dan sepengetahuan Allah swt. Allah itu maha menghidupkan dan mematikan. Sehingga jika pun ada manusia yang terbunuh karena guna guna, itu memang sudah menjadi jalan takdir orang tersebut. Ya, meninggal melalui perantara jin. Sama hal nya seperti kita memilki uang melalui perantara orang tua kita. Keduanya sama sama bersumber dari Allah swt. Penegasan tentang Allah yang Maha Menghidupkan dan yang Maha mematikan tercantum dalam firman Nya 

كَيْفَ تَكْفُرُونَ بِٱللَّهِ وَكُنتُمْ أَمْوَٰتًا فَأَحْيَٰكُمْ ۖ ثُمَّ يُمِيتُكُمْ ثُمَّ يُحْيِيكُمْ ثُمَّ إِلَيْهِ تُرْجَعُونَ 

Mengapa kamu kafir kepada Allah, padahal kamu tadinya mati, lalu Allah menghidupkan kamu, kemudian kamu dimatikan dan dihidupkan-Nya kembali, kemudian kepada-Nya-lah kamu dikembalikan?

فَقُلْنَا ٱضْرِبُوهُ بِبَعْضِهَا ۚ كَذَٰلِكَ يُحْىِ ٱللَّهُ ٱلْمَوْتَىٰ وَيُرِيكُمْ ءَايَٰتِهِۦ لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُونَ 

Lalu Kami berfirman: "Pukullah mayat itu dengan sebahagian anggota sapi betina itu!" Demikianlah Allah menghidupkan kembali orang-orang yang telah mati, dan memperlihatkan padamu tanda-tanda kekuasaan-Nya agar kamu mengerti.

Jadi, jangan lah kita takut kepada jin karena sesungguhnya yang dapat mematikan dan menghidupkan hanyalah Allah. Bahkan sejatinya jin itu takut kepada manusia. Jin hanya bisa mempengaruhi pikiran manusia sehingga tak jarang manusia terbunuh atau celaka karena ulah nya sendiri. Semisal terlalu takut, cemas, khawatir, dsb. Oleh karena nya selalu mendekatkan dirilah kepada Allah agar selalu ada dalam lindungan-Nya.

0 Response to "BENARKAH JIN BISA MEMBUNUH MANUSIA?"

Post a Comment

dmca

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel