BAHAYA IRI DENGKI

BAHAYA IRI DENGKI


Membahas tentang bahaya iri dengki sangatlah luas maknaya. Dalam agama islam Allah telah mengatur kehidupan manusia dengan sedemikian rupa. Ada yang memang dianjurkan dan ada pula yang dilarang. Semua aturan itu tak lain bertujuan untuk menjaga manusia dari kemudharatan seperti iri dengki. Namun kebanyakan manusia ingkar terhadap aturan Allah swt. Ya, mungkin karena pengetahuan manusia yang masih rendah dibanding pengetahuan Allah yang Maha Mengetahui. 

Seperti contoh nya saja dari segi makanan, Allah telah mengatur dengan sedemikian rupa dari mulai makanan yang halal (boleh di makan) dan makanan yang haram (tidak boleh dimakan). Itu semua bertujuan untuk menjaga kesehatan manusia itu sendiri karena makanan yang telah Allah haramkan pasti memiliki efek bahaya jika di makan oleh manusia. 

Allah juga mengatur tentang bagaimana seseorang harus bersikap terhadap orang lain untuk menjaga keharmonisan hubungan antar sesama juga untuk tetap menjaga tali silaturahmi yang baik satu sama lain. Karena hubungan yang baik pun bisa menjadi buruk jika seseorang yang menjalin hubungan tali silaturahmi tersebut memiliki sikap yang buruk dan sikap yang buruk berasal dari sifat yang buruk pula.

Dari sekian banyak sifat buruk yang tidak di perbolehkan dalam islam pada pembahasan kali ini akan membahas tentang bahaya iri dengki. Dimana iri termasuk sifat yang tidak diperbolehkan bahkan terlarang.

Iri adalah sifat seseorang yang merasa panas atau cemburu jika ada orang lain yang mendapatkan rezeki yang lebih dari dirinya. Baik rezeki berupa kesehatan, harta, kekuasaan, maupun prestasi. Tetapi sebetulnya tidak semua iri itu terlarang, karena faktanya ada juga iri yang memang di perbolehkan. Sebagaimana dalam hadist Nabi saw yang berbunyi :

عَن ابنِ عُمَرَ رَضي اللٌهُ عَنهاَ قَالَ:قَالَ رَسُولُ اللٌهِ صَلٌي اللٌهُ عَلَيهِ وَ سَلٌم لآحَسَدَ ألآ فيِ اثنَتَينِ رَجُلُ اتَاهُ اللٌهُ القُرانَ فَهُو يَقُومُ بِه انَأءَ اللًيلِ وَانَأءَ النَهَارِ وَرَجُلُ اعطَاهُ مَالآ فَهُوَ يُنفق مِنهُ انَأءَ الٌلَيِل وَانَأءَ النٌهَارِ.(رواه البخارى ومسلم والترمذى والنسائى وأبن ماجه).

Dari Ibnu Umar r.a berkata bahwa Rasulullah SAW Bersabda: “Tidak diperbolehkan hasad (iri hati) kecuali terhadap dua orang: Orang yang dikaruniai Allah (kemampuan membaca/menghafal Alquran). Lalu ia membacanya malam dan siang hari, dan orang yang dikaruniai harta oleh Allah, lalu ia menginfakannya pada malam dan siang hari.” (Hr. Bukhari, Tarmidzi, dan Nasa’i)

Dalam hadist tersebut jelas di katakan jika ada dua iri yang diperbolehakan dalam islam yakni kepada penghafal Al Quran yang senantiasa mendawamkan hafalannya dan kepada orang kaya yang gemar bersedekah. 

Sedangkan iri yang memang tidak di perbolehkan ialah dengki, yang mana merupakan sifat seseorang yang merasa panas jika ada orang lain yang mendapatkan rezeki yang lebih baik dari dirinya. Baik rezeki berupa kesehatan, harga, kekuasaan, prestasi, dll. Ya, artinya sama saja dengan iri karena dengki juga masih termasuk kedalam iri. Namun dengki ini adalah iri yang berbahaya sehingga tidak di perbolehkan.

Memelihara sifat dengki itu tidaklah diperbolehkan sebagaimana dalam sebuah hadist 

لا تَحاسدُوا ، وَلاَ تَنَاجَشُوْا ، وَلاَ تَبَاغَضُوْا ، وَلاَ تَدَابَرُوْا ، وَكُوْنُوْا عِبَادَ اللهِ إِخْوَانًا

“Jangan kalian saling mendengki, jangan saling najasy, jangan saling membenci, jangan saling membelakangi dan hendaklah kalian menjadi hamba-hamba Allâh yang bersaudara.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam hadist tersebut jelas di katakan "jangan kalian saling mendengki" karena memang iri dengki memiliki bahaya atau efek buruk nya tersendiri.


Bahaya Dari Perbuatan iri dengki

Bahaya iri dengki pertama ialah dapat memutuskan tali silaturahmi. Kenapa bisa sampai memutuskan tali silaturahmi? Karena iri dengki itu sendiri adalah cemburu terhadap kelebihan orang lain yang pastinya lambat laun akan membuat hubungan silaturahmi antara si pendengki dengan orang yang di dengki rusak bahkan memutuskan silaturahmi diantara mereka.

Bahaya iri dengki yang lebih menakutkan adalah ketika ada seorang saudara yang dengki terhadap saudara nya sendiri. Maka bahayanya akan memutuskan tali silaturahmi bahkan dapat pula memutuskan tali persaudaraan sekaligus. 

Bahaya dari iri dengki juga bisa menyebabkan rentan jatuh sakit bagi si pendengki. Kenapa? Karena orang yang memiliki sifat dengki selalu merasa kurang akan nikmat Allah dan jauh dari rasa syukur. Padahal rasa syukur adalah salah satu faktor seseorang hidup tenang dan bahagia karena selalu merasa cukup sekaligus sehat karena orang yang pandai bersyukur akan terhindar dari rasa stres. Yang mana faktor terbesar seseorang jatuh sakit ialah karena stres bukan semata mata hanya karena faktor makanan. 

Sifat iri dengki juga bisa mengantarkan kita kepada tindakan kriminal seperti merampok atau kejahatan yang menjerumuskan kedalam kesesatan seperti melakukan santet. Karena tidak menutup kemungkinan jika seseorang iri dengki atas kelebihan orang lain sampai benar benar merasa panas dan ingin kelebihan itu berpindah kepada dirinya. Yang kemudian ada bisikan setan padanya maka bisa saja terjerumus untuk menyantet orang yang ia dengki. Karena itu merupakan jalan pintas yang bisa dilakukan bagi nya.

Berawal dari sifat dengki yang mungkin tak terlihat begitu berbahaya namun nyatanya bisa menimbulkan dampak yang menakutkan bahkan sampai menyesatkan. Bahaya iri dengki ini tidak main main sampai sifat dengki ini termasuk kedalam sifat yang memang terlarang.

Pribahasa yang mengatakan "sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit" benar adanya. Seperti bahaya iri dengki yang awal nya hanya kecil yakni sebatas panas atau cemburu terhadap kelebihan orang lain yang kemudian menimbulkan perasaan sangat ingin memiliki sampai bisa saja menghalalkan segala cara untuk mendapatkan nya. 

Begitu menakutkan nya bahaya iri dengki ini sehingga sudah sepatutnya sejak saat ini untuk mulai menanamkan rasa syukur kepada Allah atas segala nikmat yang telah diberikan-Nya agar terhindar dari sifat iri dengki terhadap kelebihan orang lain.

Selalu ingat jika kita memang hidup di dunia yang sama tetapi berjalan pada takdir yang berbeda. Oleh karenanya jangan menghabiskan waktu hanya untuk iri dengki terhadap kelebihan orang lain. Karena setiap orang memiliki rezekinya masing masing.

 Jika pun memang panas atas pencapaian orang lain bukan dengan iri dengki caranya,  tetapi berusaha lah dengan usaha nyata agar bisa setingkat dengan pencapaian orang yang kita dengki. Karena bisa saja sifat iri dengki ini menjadi motivasi selama digunakan pada jalur yang benar.

0 Response to "BAHAYA IRI DENGKI"

Post a Comment

dmca

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel