TIDAK ADA USAHA YANG SIA-SIA

TIDAK ADA USAHA YANG SIA-SIA

TIDAK ADA USAHA YANG SIA-SIA
TIDAK ADA USAHA YANG SIA-SIA

Pernah mendengar kata "Proses tidak akan mengkhianati hasil"? Kata-kata itu sudah tidak asing lagi di dengar di kalangan umat manusia. Kata-kata yang bisa di kategorikan sebagai kata-kata penyemangat untuk Orang yang sedang berusaha dalam mencapai sebuah keinginan dan impian-impian yang di dambakan. Jadi kita harus tanamkan dalam hati bahwa tidak ada usaha yang sia-sia (Hal Baik)

 Tidak sedikit dari kita terkadang merasa jenuh dan lelah dalam menjalankan suatu usaha agar bisa mencapai titik dimana keinginan itu akan terwujud. Merasa ingin menyudahi saja perjalanan yang masih seumur jagung dan masih terasa amat panjang menuju tujuan. Lalu bagaimana agar kita tidak pernah berhenti di tengah perjalanan hanya karena alasan sudah lelah.

 Saat merasa lelah istirahatlah untuk maju artinya merasa lelah dan jenuh itu pasti tapi bukan alasan berhenti untuk diam selamanya. Tapi berhenti untuk berjalan kembali. Tanamkan dalam diri sebuah motivasi bahwa apapun yang kita cita-cita kan akan terwujud asal kita barengi dengan keyakinan tinggi dalam diri. Dan selalu ingat kata "TIDAK ADA USAHA YANG SIA-SIA". 

Sebagai umat muslim khususnya harus berkeyakinan bahwa segala sesuatu yang kita kerjakan tiada yang sia-sia semua ada timbal baliknya terlebih sebuah usaha menuju kebaikan. Allah tidak pernah tidur setiap manusia ada dalam pantauan nya, percaya akan Rahmat kasih sayang nya.

 Bukan Allah tidak mengabulkan setiap keinginan kita tapi Allah ingin melihat sejauh mana kita berusaha. Allah Maha mengabulkan Do'a hanya Allah lah yang bisa mewujudkan setiap apa-apa yang kita inginkan meskipun keinginan kita terasa mustahil. Mungkin bagi manusia mustahil tapi tidak bagi Allah, apapun jika Allah sudah menghendaki dan ridho terhadap apa yang kita inginkan maka tidak ada satupun yang dapat menghalangi kuasa-Nya semuanya bisa terwujud.

Kita sebagai manusia jika memang menginginkan sesuatu itu terwujud terus lah berusaha juga berdo'a pada Allah agar apa yang kita usahakan itu bisa berbuah manis.

Kisah cerita yang bisa kita ambil dari seorang yang tidak pernah berhenti berusaha sehingga sampai saat ini usaha yang ia lakukan dulu bisa bermanfaat untuk orang lain bahkan dunia. Ya kalian pasti tahu penemu lampu itu siapa? Thomas Alfa Edison ialah penemu benda berharga di dunia bagaimana tidak karena usaha nya dalam menciptakan sebuah benda penerang yang sampai saat ini kita semua gunakan sungguh sangat berharga karena kita semua bahkan semua orang yang ada di dunia ini tidak bisa terlepas dari cahaya dari bola lampu.

Thomas Alfa edison tidak hanya mengalami satu, dua ataupun tiga kali kegagalan, dia mengalami kegagalan nya sebanyak 99 kali kegagalan dalam percobaannya itu. Mengejutkan bukan? 99 kali gagal dan ia tidak pernah berhenti dalam usaha nya itu Andai Thomas Alfa edison berhenti dalam percobaannya disaat yang ke 99 itu tentunya dunia tidak akan mencatat namanya sebagai penemu bola lampu. Bahkan mungkin sampai hari ini  dunia tidak mengenal adanya bola lampu.

Dan andai benar Edison berhenti dalam percobaannya di saat ke 99 tersebut, maka Ia telah menyia-nyiakan kesempatan dirinya untuk berhasil pada percobaan ke 100. Tapi, Thomas alfa edison adalah seorang ilmuwan yang gigih dan pantang menyerah hingga akhirnya Ia berhasil menerangi seluruh dunia sampai saat ini.

Nah, dari kisah diatas bisa kita simpulkan bahwa tidak ada usaha yang sia-sia dilakukan. Jika kita terus berusaha dengan sungguh-sungguh maka hasil nya akan seperti yang kita inginkan bahkan lebih.

Dalam islam pun kita diharuskan berusaha dan pantang menyerah karena usaha yang kita jalani akan mendapat balasan sesuai dengan apa yang kita usahakan. Seperti dalam ayat Alquran yang berbunyi:

“Dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya, dan sesungguhnya usahanya itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya), kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna.” (An-Najm 39-41)

Kelak apa yang kita usahakan akan Allah perlihatkan dan akan mendapatkan balasan sesuai dengan apa yang di usahakan dan paling sempurna bagi kita.
Allah akan senantiasa memberi apa yang kita inginkan. Seperti Firman Allah SWT:

 “Sebagai balasan terhadap apa yang mereka kerjakan.” (As-Sajdah 17).

Sebagai manusia pasti akan merasa bosan dengan sebuah proses merasa berat dan sulit untuk dilalui terlebih kita adalah manusia yang memiliki hawa nafsu yang tidak menutup kemungkian hawa nafsu kita mengarah kepada rasa tidak ingin berusaha karena merasa apa yang di usahakan belum mendapatkan hasil apa-apa. 

Percayalah ketika kamu merasa yakin akan usaha mu dan yakin akan sampai pada tujuan yang kamu inginkan. Maka keyakinan itu yang akan membawa mu pada sebuah hasil yang kau inginkan. Jangan terlalu buru-buru dalam membuat keputusan apalagi memutuskan untuk berhenti di tengah jalan atas usaha mu.

Nikmati saja proses nya karena tidak ada usaha yang sia-sia. Allah melihat setiap apa yang kamu usahakan dan Allah tahu seberapa keras kamu berusaha. Maka percayalah usahamu itu akan Allah balas dengan balasan nya yang paling sempurna untuk mu.

Video Tentang Tidak Ada Usaha Yang Sia-Sia


0 Response to "TIDAK ADA USAHA YANG SIA-SIA"

Post a Comment

dmca

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel