SABAR DALAM MENJALANI KEHIDUPAN SEHARI - HARI

SABAR DALAM MENJALANI KEHIDUPAN SEHARI - HARI


SABAR DALAM MENJALANI KEHIDUPAN SEHARI - HARI
SABAR DALAM MENJALANI KEHIDUPAN SEHARI - HARI


Doa Islami - Sabar merupakan satu kata yang mudah diucapkan namun sulit untuk dilakukan, rasanya berat untuk di terapkan apalagi sabar dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Semua orang tahu sabar adalah sifat seseorang yang bisa dengan ikhlas menerima dan menahan segala sesuatu yang terkadang di rasa di luar batas kemampuan nya, Namun ingatlah bahwa Allah tidak akan menguji suatu kaum melewati batas kemampuan seseorang tersebut.

Firman Allah SWT:

لا يكلف الله نفساً إلا وسعها

"Bahwa Allah tidak membebani seseorang diluar kemampuannya" (Al-Baqarah: 286) 

Allah maha mengetahui lagi maha penyayang jelas Allah lebih tahu sampai mana batas kemampuan kita, maka Allah menguji kita bukan ingin melihat kita terlihat susah tapi Allah memberikan ujian terhadap kita untuk menaikkan derajat kita.

Seperti halnya di sekolah kita akan di hadapkan pada sebuah ujian tiap tahun nya agar kita bisa naik ke kelas yang lebih tinggi, seperti itulah gambaran nya Allah menguji kita karena ingin menaikkan derajat kita. Dan jadikanlah sabar dalam menjalani kehidupan sehari-hari. 

Karena bukan tidak mungkin ujian itu akan sangat membutuhkan kesabaran karena manusia tempat nya sulit dan salah terkadang selalu merasa hidup ini sulit dan apapun yang dilakukan terkadang selalu merasa salah maka disana yang kita butuhkan adalah sabar dalam menjalaninya agar kita bisa mencapai pada titik dimana ujian itu berakhir.

3 macam sabar yang di anjurkan untuk kita agar bisa menerapkan nya di kehidupan sehari-hari


SABAR DALAM MENJALANI KEHIDUPAN SEHARI - HARI


1. Sabar Menerima takdir dari Allah SWT

Sebagai manusia kita memang sudah seharusnya bisa menerima dengan hati lapang atas ketetapan yang telah Allah berikan kepada kita, harus bisa menerima takdir apapun yang telah Allah gariskan untuk kita.

 Baik itu takdir buruk maupun takdir baik karena pada dasarnya Allah memberikan ketetapan nya itu kepada kita dengan sia-sia melainkan terdapat hikmah di dalamnya. Kita sebagai manusia tidak pantas menyalah kan takdir bahkan sampai menyalahkan Allah atas takdir yang kita hadapi.

Karena tidak sedikit saat orang merasa takdir yang ia hadapi itu buruk maka orang itu akan menyalahkan Allah atas takdir yang di berikan kepadanya. Bahwasannya Allah telah berfirman yang memerintahkan kita untuk bersabar dalam melaksanakan ketetapan Allah. 

Saat kita menerima takdir yang kita rasa tidak pantas kita terima maka jangan jadikan Alasan takdir itu untuk kita keluar dari koridor yang telah ditetapkan Allah jangan sampai berbuat dosa dan kemaksiatan. Karena sebagai seorang muslim kita memiliki kewajiban untuk Taat kepada Allah serta dapat menerima dan ridho terhadap takdir yang telah Allah berikan. Saat kita mengalami takdir buruk seperti halnya saat di timpa musibah dan hal buruk lainnya maka ingatkan pada diri kita bahwa takdir yang kita rasa berat itu tidak ada apa-apanya dibandingkan takdir yang di hadapi para rasul dahulu, maka kita harus mencontoh nya dengan belajar bersabar atas takdir yang Allah beri.

2. Sabar dalam ketaatan terhadap Allah SWT

Sebagai manusia yang di ciptakan Allah untuk senantiasa beribadah hanya kepada-Nya. Tentunya kita harus mentaati setiap perintah Allah swt. Seperti halnya dalam beribadah. Sebuah dalil menjelaskan bahwa diperintahkan untuk keluarga kita mendirikan shalat dan bersabar dalam memerintahkannya. 

Dalam ayat tersebut berarti ada peran suami yang harus bisa memerintah anak dan istrinya untuk senantiasa beribadah kepada Allah swt seperti halnya shalat. Karena memang itu sudah menjadi sebuah keharusan seorang suami yang merupakan pemimpin bagi keluarganya untuk bisa membimbing anak istrinya kepada kebaikan. 

Dalam hal ini suami, anak,  beserta istri harus bisa sabar dalam menjalankan apa yang telah diperintahkan Allah. Yaitu sabar dalam ketaatan terhadap Allah SWT. 

3. Sabar dalam Menjauhi Kemaksiatan

Manusia memang tempat nya salah dan terkadang memang tidak bisa mengendalikan dirinya dalam berbuat maksiat. Maka kita dianjurkan untuk bisa bersabar menahan diri untuk tidak berbuat maksiat. Kita bisa mengambil sebuah pelajaran dari kisah nabi yusuf as agar bisa bersabar dalam menjauhi kemaksiatan.

Pada saat itu nabi Yusuf as diajak berzina oleh perempuan yang sudah bersuami bernama Zulaikha secara sembunyi-sembunyi agar tidak diketahui oleh orang lain. Namun, nabi yusuf as menolak ajakan tersebut ,meskipun wanita yang dihadapi nya sangatlah cantik.

Pada saat itu nabi Yusuf as masih belia yang dipikir Zulaikha akan mudah tergoda dan akan menerima ajakan nya ternyata salah besar ajakan nya justru di tolak mentah-mentah oleh nabi Yusuf as.

Nabi Yusuf memilih untuk bersabar dalam menjauhi perbuatan maksiat itu,  bahkan ia sampai rela dipenjara daripada harus menerima ajakan tersebut. Seperti halnya dalam firman Allah swt yang mengatakan bahwa Nabi Yusuf lebih baik dipenjara daripada memenuhi ajakan maksiat itu. Nabi Yusuf as mengatakan jika ia terpengaruh dan menerima ajakan tersebut maka ia akan masuk kedalam golongan orang-orang yang bodoh.

Sabar memang bukanlah sesuatu yang mudah karena pada dasarnya dalam diri seseorang terdapat hawa nafsu yang terkadang tidak dapat dikendalikan. Sabar yang terkadang malah terasa menyakitkan untuk orang yang tidak mudah berlapang dada.

Mulai saat ini cobalah untuk bisa bersabar terutama dalam 3 hal diatas, karena dengan sabar in Syaa Allah hati kita akan senantiasa merasa lapang dan hidup akan terasa lebih tenang dan tentram.

0 Response to "SABAR DALAM MENJALANI KEHIDUPAN SEHARI - HARI"

Post a Comment

dmca

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel