-->

Pentingnya Bersyukur

Pentingnya Bersyukur

Pentingnya Bersyukur
Pentingnya Bersyukur

Doaislami - "Pentingnya Bersyukur" Perihal bersyukur adalah hal yang mungkin lumrah terdengar di telinga kita. Namun nyatanya hanya sedikit orang yang mampu mengamalkan nya. Sering kali manusia lupa akan bersyukur karena melihat orang yang lebih darinya tanpa sadar begitu banyak orang yang jauh lebih kurang dari dirinya. 

Manusia lebih sibuk meningkatkan taraf hidupnya karena melihat orang orang yang jauh di atasnya, sehingga lupa bersyukur atas nikmat yang sudah di berikan Allah selama ini. Padahal Allah sendiri telah berjanji akan menambahkan nikmat bagi siapa saja yang bersyukur atas nikmat-Nya. Sebagaimana firman Allah swt “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”(QS. Ibrahim: 7

Dalam Q.S Ibrahim ayat 7 tersebut  menunjukan secara jelas betapa pentingnya bersyukur itu. Selain untuk menambahkan nikmat yang telah kita miliki, bersyukur juga bisa membuat hati kita terasa lebih tenang dan tidak terlalu memikirkan tentang taraf hidup orang lain yang mungkin sudah jauh lebih tinggi dari taraf hidup kita.

Dengan bersyukur kita juga akan lebih menikmati segala hal yang telah kita miliki. Hidup akan terasa lebih tenang dan tidak terbebani karena beban kehidupan yang semakin meningkat. Pentingnya bersyukur selain dapat menambah kenikmatan dari Allah swt juga dapat menjadikan orang yang bersyukur di cintai oleh Allah. Sebagaimana yang tercantum dalam sebuah hadist "Jika engkau tidak mampu membalasnya maka doakan dia hingga engkau merasa bahwa engkau telah mensyukuri kebaikan tersebut, karena sesungguhnya Allah SWT sangat cinta kepada orang-orang yang bersyukur." (HR. Abu Daud).

Pentingnya bersyukur atas apa yang telah kita miliki. Selain dapat menambah nikmat dari Allah dan di cintai oleh Allah swt, bersyukur atas nikmat Allah juga dapat mengampuni dosa dosanya dimana Rasulullah SAW. bersabda : "Allah SWT tidak memberi suatu nikmat kepada seorang hamba kemudian ia mengucapkan Alhamdulillah. Kecuali Allah SWT menilai ia telah mensyukuri nikmat itu. Apabila dia mengucapkan Alhamdulillah yang kedua, maka Allah SWT akan memberinya pahala yang baru lagi. Apabila dia mengucapkan Alhamdulillah untuk yang ketiga kalinya, maka Allah SWT mengampuni dosa-dosanya." (HR. Hakim dan Baihaqi).

Namun sayang nya banyak manusia yang ketika diberikan kenikmatan oleh Allah swt bukan nya bersyukur malah merasa sombong dan terus haus akan kenikmatan yang lebih besar. Padahal seharusnya ketika mendapatkan kenikmatan sekecil apapun hendaklah ia bersyukur minimal dengan mengucapkan Alhamdulillah. 

Pentingnya bersyukur atas nikmat Allah swt selain mendapatkan manfaat yang di berikan oleh Allah swt juga dapat memberikan efek positif bagi tubuh maupun kesehatan mental.

4 Contoh Positif Pentingnya Bersyukur 

  • Dapat membentuk pola pikir sukses, karena orang yang cenderung selalu bersyukur selalu melihat hal hal dengan sudut pandang yang optimis sehingga dapat membentuk pola pikir sukses.
  • Memberikan perasaan & hati yang nyaman, karena orang yang pandai bersyukur cenderung memiliki suasana hati yang nyaman.
  • Terhindar dari penyakit degeratif, sebuah penelitian yang dimuat dalam American Journal Of Cardiology tahun 1995 mengungkapkan bahwa seseorang yang memiliki emosi dan pikiran yang positif maka organ tubuhnya berfungsi lebih baik. Sehingga membuat seseorang tersebut lebih sehat. Jadi perbanyak bersyukur ya...
  • Membuat hidup terasa berkah. Nah, yang terpenting dari semua ini adalah dengan bersyukur dapat membuat hidup terasa berkah loh guys. Dimana saat hidup kita sudah berkah segala sesuatu akan terasa lebih mudah, bahkan rezeki yang terlihat kecil pun terasa cukup cukup saja. 
MasyaAllah begitu pentingnya bersyukur atas nikmat Allah swt yang harus kita terapkan dalam kehidupan sehari hari selama ini.
LihatTutupKomentar

Dmca