-->

Manfaat Puasa Senin Kamis

Manfaat Puasa Senin Kamis


Manfaat Puasa Senin Kamis
Manfaat Puasa Senin Kamis


Doaislami - Puasa pada hari senin dan Kamis merupakan salah satu dari puasa sunah. Selain sebagai ajang memupuk pahala untuk bekal di akhirat kelak manfaat puasa Senin Kamis juga dapat di rasakan dari segi kesehatan, kecantikan, memudahkan dalam hal rezeki, jodoh, dll. 

Bahkan Rasulullah saw juga selalu melaksanakan puasa Senin Kamis dan menganjurkan kepada umat nya. Rasulullah saw selalu melaksanakan puasa Senin Kamis karena pada hari Senin dan Kamis inilah amal perbuatan manusia diperiksa oleh malaikat. Sebagaimana Rasulullah saw pernah bersabda, “Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa.” (HR. Tirmidzi).

Selain memang karena hari Senin dan Kamis merupakan hari pemeriksaan amal oleh malaikat ternyata merutinkan puasa senin kamis juga memiliki banyak manfaat loh. 

5 Manfaat Dari Puasa Senin Kamis Sebagai Berikut

1. Meningkatkan Rasa Syukur dan Melembutkan Hati

Nah salah satu dari manfaat puasa Senin Kamis ini bisa melembutkan hati loh. Karena sejatinya dengan kita berpuasa maka secara tidak langsung kita sedang merasakan bagaimana rasanya orang yang serba kekurangan menahan lapar setiap harinya. 

Sehingga dengan puasa 2 kali dalam seminggu secara tidak langsung akan membuat kita terbiasa dengan penderitaan mereka ( orang serba kekurangan) dalam menahan lapar dan timbulah perasaan empati terhadap mereka. 

Dari perasaan ini jugalah akan membuat kita lebih bersyukur terhadap apa yang kita miliki dan dapat meningkatkan rasa syukur kita kepada Allah swt.

2. Membuat Tubuh Lebih Sehat

Selanjutnya, manfaat puasa Senin Kamis juga bisa membantu dan menjaga kesehatan organ pencernaan sehingga akan membuat tubuh lebih sehat. Karena sistem pencernaan termasuk salah satu organ yang paling sibuk dalam tubuh kita karena membutuhkan energi dalam jumlah yang besar.

Kenapa membutuhkan energi dalam jumlah yang besar? Karena sistem pencernaan sangat dibutuhkan tubuh untuk penyembuhan, perbaikan, dan pemeliharaan dalam tubuh.

Sehingga dengan berpuasa Senin Kamis pencernaan secara rutin akan beristirahat dari tekanan mencerna makanan paling tidak 2 kali dalam seminggu. Sehingga sistem pencernaan tidak terlalu sibuk ataupun kelelahan. 

Ya, sistem pencernaan sama hal nya dengan manusia dimana jika terlalu sibuk bekerja maka akan kelelahan dan jatuh sakit. Sehingga istirahat sangat diperlukan agar tidak sampai terlalu kelelahan.

Jika sistem pencernaan sehat maka akan membuat tubuh jauh dari penyakit pencernaan seperti masalah lambung, sembelit, diare, dan masih banyak lagi. 

3. Meremajakan sel sel kulit

 Pernah mendengar jika kondisi kulit sangat di pengaruhi oleh asupan makanan? Semisal, jangan terlalu banyak makan makanan yang manis, pedas, gurih, dll. 

Nah, lalu kenapa manfaat puasa Senin Kamis juga dapat meremajakan kulit? Karena saat kita berpuasa kita tidak makan dan minum kurang lebih 12 jam atau setengah hari. 

Meski pada saat berpuasa tubuh kita tidak mendapatkan asupan gizi dan nutrisi namun ternyata itu membuat sel sel kulit kita beristirahat dan tidak bekerja terus menerus seperti pada saat perut terisi dengan segala macam makanan. Pengstirahatan inilah yang dapat meremajakan kulit dan membuat kulit terhindar dari penuaan dini.

4. Mendapatkan Kesuksesan Besar

Manfaat puasa Senin Kamis juga dapat mendapatkan kesuksesan besar.  Baik itu dalam pekerjaan di perusahaan perusahaan besar, PNS, wiraswasta, atau apapun itu. Dengan merutinkan puasa Senin Kamis maka akan mendapatkan kesuksesan besar dalam bidang yang sedang ditekuni. 

5. Mendekatkan Jodoh

Percaya atau tidak manfaat puasa Senin Kamis dapat mendekatkan jodoh loh. Karena jika kita sering puasa Senin Kamis akan membuat inner beauty kita lebih terpancar daripada mereka yang tidak suka berpuasa Senin Kamis. Sehingga bagi wanita akan terlihat lebih cantik dan bagi laki laki akan terlihat lebih tampan. 

Orang lain juga akan merasa senang dan nyaman saat bersama kita dan memiliki banyak teman juga luas dalam pergaulan sekaligus dapat mendekatkan jodoh.

Adapun niat dari puasa Senin Kamis itu sendiri ialah : Nawaitu shouma yaumal itsnaini sunnatan lillaahi ta’aalaa

Artinya: “Saya niat puasa sunnah hari Senin, sunnah karena Allah Ta’ala”

Sedangkan lafadz niat puasa Kamis adalah sebagai berikut: Nawaitu shouma yaumal khomiisi sunnatan lillaahi ta’aalaa

Artinya: “Saya niat puasa sunnah hari Kamis, sunnah karena Allah Ta’ala.”
LihatTutupKomentar

Dmca