Macam Macam Puasa Sunah

Macam Macam Puasa Sunah 

Macam Macam Puasa Sunah
Macam Macam Puasa Sunah

Doaislami - Puasa adalah salah satu dari rukun islam sehingga wajib hukum nya untuk di tunaikan oleh semua umat islam di dunia. Namun puasa yang di maksud dalam rukun islam ialah puasa Ramadhan. Padahal selain puasa Ramadhan masih banyak macam macam puasa lain nya walaupun hanya berhukum sunah bukan wajib.

Macam-Macam Puasa Sunah

1. Puasa Asyura

Waktu pelaksanaan puasa Asyura adalah pada tanggal 10 Muharram. Dimana puasa ini merupakan puasa yang paling utama diantara puasa puasa sunah lainnya. Ini berdasarkan pada hadis riwayat Abu Hurairah, bahwa Nabi Muhammad bersabda, "Puasa paling utama setelah [puasa] Ramadan adalah puasa pada bulan Allah (Muharram). Sementara salat yang paling utama setelah salat wajib adalah salat malam (tahajud)." (H.R. Muslim 1982).

Keutamaan puasa Asyura ini ialah akan di hapuskan nya dosa dosa 1 tahun yang telah lalu seperti diriwayatkan oleh Abu Qatadah al-Anshary, ketika Nabi ditanya soal puasa sunah ini, beliau menjawab, "Puasa ’Asyura akan menghapus dosa setahun lampau," (H.R. Muslim 1162).

2. Puasa Daud

Puasa Daud tidak memiliki waktu khusus dalam pelaksanaan nya seperti puasa puasa sunah yang lainnya. Dimana puasa Daud ialah puasa yang di lakukan selang seling alias satu hari puasa satu hari tidak begitulah seterusnya. 

Puasa Daud termasuk puasa sunah yang paling disukai Allah, sebagaimana dalam hadist Nabi Muhammad saw "Puasa yang paling disukai di sisi Allah adalah puasa Daud, dan salat yang paling disukai Allah adalah salat Nabi Daud. (H.R. Bukhari dan Muslim).

Banyak sekali hadist yang menjelaskan tentang keutamaan puasa Daud ini salah satunya ialah "Puasa yang paling dicintai Allah adalah puasa Daud, dan shalat yang paling dicintai Allah adalah shalat Daud. Ia tidur setengah malam, dan bangun sepertiga malam, kemudian tidur (lagi) seperenam malam, dan ia berpuasa satu hari dan berbuka satu hari.” (HR. Bukhari Muslim)

Puasa ini juga dapat menjadi salah satu ikhtiar untuk mendekatkan jodoh. Selain untuk mendekatkan jodoh keutamaan dari puasa ini juga bisa untuk menentramkan hati, mengubah pola pikir menjadi positif thinking, dapat membukakan pintu rezeki yang tak di sangka sangka serta keutamaan yang juga sangat besar untuk kesehatan.

3. Puasa Senin Kamis

Nah, macam macam puasa sunah selanjutnya ialah puasa Senin Kamis yang mana puasa sunah ini sering di lakukan oleh Rasulullah saw seperti dalam sebuah hadist "Berbagai amalan dihadapkan [kepada Allah] pada Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan kepada-Nya (dalam keadaan) aku sedang berpuasa," (HR. Tirmidzi).

Keutamaan dari puasa Senin Kamis ini sangat lah banyak. Seperti dapat memancarkan inner beauty seseorang sehingga dapat mendekatkan jodoh, memperlancar rezeki sehingga dapat memberikan kesuksesan besar serta berbagai macam manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan.

4. Puasa Syawal

Salat satu dari macam macam puasa sunah yang ini berdasarkan dari Abu Ayyub al-Anshoriy, Nabi Muhammad Saw. bersabda: “Barang siapa yang berpuasa Ramadan, kemudian dilanjutkan berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh," (HR. Muslim).

Puasa ini lebih utama di lakukan pada tanggal 2 Syawal dan di laksanakan secara berturut turut meski ada yang mengatakan jika puasa Syawal ini juga bisa di lakukan meski tanpa berturut turut asalkan masih dalam bulan Syawal.

Keutamaan puasa Syawal ini ialah akan diberikan ganjaran 10 kali lipat serta sama hal nya dengan puasa 1 tahun penuh. Ini berdasarkan pada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Ayyub yang berbunyi"Barangsiapa mengerjakan puasa enam hari bulan Syawal selepas 'Iedul Fitri berarti ia telah menyempurnakan puasa setahun penuh. Dan setiap kebaikan diganjar sepuluh kali lipat."

5. Puasa Ayyamul Bidh

Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa 3 hari pada pertengah bulan dalam hitungan islam yakni tanggal 13,14 dan 15. Puasa Ayyamul Bidh ini memiliki kedudukan yang tinggi dari macam macam puasa sunah lain nya. Seperti dalam hadist "Puasa pada tiga hari setiap bulannya adalah seperti puasa sepanjang tahun." (H.R. Bukhari no. 1979)

Hadist tersebut juga selaras dengan hadist lain yang menyebutkan bahwa "Berpuasa tiga hari setiap bulan sama dengan berpuasa sepanjang tahun dan hari-hari putih itu adalah tanggal 13, 14 dan 15." (H.R. an-Nasai)

Bahkan dalam riwayat lain puasa ini merupakan salah satu amalan yang diwasiatkan Nabi Muhammad Saw untuk umat nya seperi dari riwayat Abu Hurairah, disebutkan, “Kekasihku (Rasulullah) mewasiatkan padaku tiga nasehat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati yakni berpuasa tiga hari setiap bulannya, mengerjakan salat duha, mengerjakan salat witir sebelum tidur." (H.R. Bukhari).

Sebetulnya masih banyak macam macam puasa sunah yang lain nya tidak hanya ke 5 puasa sunah yang telah dijelaskan berikut. Wallahualam...

0 Response to "Macam Macam Puasa Sunah"

Post a Comment

dmca

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel