Keutamaan Shalat di Awal Waktu

Keutamaan Shalat di Awal Waktu

Keutamaan Shalat di Awal Waktu
Keutamaan Shalat di Awal Waktu

Di dalam dunia ini ada 3 hal yang harus di segerakan yakni mengerjakan shalat di awal waktu, menikahkan gadis yang sudah masuk pada waktunya dan mengurusi jenazah.

Anjuran Shalat di Awal Waktu

Mengerjakan shalat di awal waktu mungkin terdengar sepele, namun nyatanya begitu sulit untuk di lakukan. Bahkan mungkin kebanyakan orang muslim luput dari keutamaan shalat di awal waktu ini karena tersendat oleh berbagai macam kesibukan dunia. 

Ya, banyak orang yang terlena akan kehidupan di dunia ini yang sebetulnya hanyalah fatamorgana. Padahal kehidupan yang sesungguhnya ialah kehidupan di akhirat kelak. Tetapi sayang nya banyak manusia yang terlena dengan berbagai macam kesibukan di dunia ini sampai tidak mengindahkan anjuran shalat di awal waktu sebagaimana yang terdapat dalam sebuah hadist "Dari Ibnu Mas’ud dia berkata: Rasulullah SAW bersabda: ‘Amalan yang paling afdhal adalah mendirikan shalat (lima waktu) di awal waktu,”. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi.

Namun tidak berarti jika orang yang tidak mengerjakan shalat di awal waktu itu tercela, karena islam ini adalah agama yang tidak memberatkan. Lagipula Rasulullah saw menganjurkan shalat di awal waktu bukan nya mewajibkan shalat di awal waktu, sehingga bagi mereka yang tidak mampu mengerjakan shalat di awal waktu tidaklah berdosa dan juga tidak tercela. Rasulullah saw menganjurkan shalat di awal waktu karena terdapat keutamaan nya tersendiri bagi orang yang mampu shalat di awal waktu.

Inilah Beberapa Keutamaan Shalat di awal waktu

Keutamaan shalat di awal waktu yang pertama ialah merupakan amalan yang paling di cintai Allah. Karena saat seorang hamba bergegas shalat di awal waktu sudah menunjukan kecintaan nya kepada Allah sehingga Allah membalas rasa cinta itu dengan rasa cinta-Nya pula. 

“Amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah Shalat pada waktunya, Berbakti kepada kedua orang tua, dan Jihad di jalan Allah.” (HR Bukhari & Muslim).

Keutamaan shalat di awal waktu yang kedua ialah mendapatkan pengampunan dosa. Ini merujuk pada sebuah hadist "Sesungguhnya hamba yang muslim, jika menunaikan shalat dengan ikhlas karena Allah, maka dosa-dosanya akan berguguran seperti gugurnya daun-daun ini dari pohonnya.” (HR. Ahmad)

Keutamaan shalat di awal waktu yang ketiga ialah memperoleh pahala yang besar sebagaimana dalam sebuah hadist 

"Dari Abu Hurairah r.a., Rasulullah SAW  bersabda Seandainya orang-orang mengetahui pahala azan dan barisan (shaf) pertama, lalu mereka tidak akan memperolehnya kecuali dengan ikut undian, niscaya mereka akan berundi.

Dan seandainya mereka mengetahui pahala menyegerakan shalat pada awal waktu, nisaya mereka akan berlomba-lomba melaksanakannya…”

Secara tidak langsung hadist ini menunjukan jika keutamaan shalat di awal waktu itu tak main main. Sampai sampai dalam hadist itu disebutkan jika orang tahu tentang pahala akan shalat di awal waktu niscaya mereka akan berlomba lomba melaksanakan nya. Ini menunjukan jika pahala yang akan di peroleh bukan lah pahala biasa melainkan pahala yang besar dan membuat orang orang begitu tergiur sehingga berlomba lomba untuk mendapatkan nya. Namun sayang nya pahala yang kita terima atas ibadah yang kita lakukan tidaklah Allah tampakan secara langsung. 

Keutamaan shalat di awal waktu yang ke empat ialah memperoleh sembilan macam kemuliaan“Barang siapa selalu mengerjakan shalat lima waktu tepat pada waktu utamanya, maka Allah akan memuliakannya dengan sembilan macam kemuliaan, yaitu dicintai Allah, badannya selalu sehat, keberadaannya selalu dijaga malaikat, umahnya diberkahi, wajahnya menampakkan jati diri orang shalih, hatinya dilunakkan oleh Allah, dipermudah saat akan menyeberang Shirath (jembatan di atas neraka) seperti kilat, dia akan diselamatkan Allah dari api neraka dan Allah Akan menempatkannya di surga kelak bertetangga dengan orang-orang yang tidak ada rasa takut bagi mereka dan tidak pula bersedih hati. 

Selain keutamaan shalat di awal waktu yang telah Allah janjikan, ternyata keutamaan shalat di awal waktu juga berhubungan dengan tubuh dan kesehatan manusia. Mungkin banyak orang yang tidak tahu jika setiap perpindahan shalat lima waktu bertepatan pula dengan perpindahan energi di alam semesta ini. Sehingga bagi mereka yang tahu mungkin sangat menunggu-nunggu perpindahan waktu shalat ini karena ini mengerjakan shalat di awal waktu. 

Seperti hal nya shalat subuh, menurut para Ahli pada saat shalat subuh atau pada waktu subuh, alam berada dalam spektrum warna biru muda yang bersesuaian dengan frekuensi tiroid (kelenjar gondok).

Dalam ilmu Fisiologi, Tiroid mempunyai pengaruh terhadap sistem metabolisma tubuh manusia. Warna biru muda juga mempunyai rahasia tersendiri berkaitan dengan rejeki dan cara berkomunikasi.

Nah, pada waktu adzan subuh lah tenaga warna biru muda ini berada pada titik optimal. Sehingga mereka yang mampu shalat subuh di awal waktu akan menyerap tenaga itu dengan sangat baik saat diposisi rukuk atau sujud.

Tetapi bagi mereka yang masih tertidur nyenyak pada waktu subuh mengakibatkan tiroid tidak dapat menyerap tenaga itu karena keaadaan roh dan jasad yang masih tertidur sehingga membuat orang tersebut menghadapi masalah rejeki dan komunikasi. 

Waktu dzuhur, pada waktu ini alam berubah menguning dan ini berpengaruh kepada perut dan sistem pencernaan manusia secara keseluruhan. Warna ini juga punya pengaruh terhadap hati. Sehingga mempunyai rahasia yang berkaitan dengan keceriaan seseorang.

Mereka yang selalu ketinggalan atau melewatkan sholat dzuhur berulang kali dapat menghadapi masalah dalam sistem pencernaan serta kurang ceria dalam hidupnya

Waktu asar, pada saat ini alam berubah lagi warnanya menjadi oranye. Hal ini berpengaruh cukup signifikan terhadap organ tubuh yaitu prostat, rahim, ovarium/indung telur dan testis yang merupakan sistem reproduksi secara keseluruhan.

Warna oranye di alam juga mempengaruhi kreativitas seseorang. Akibatnya orang yang sering ketinggalan waktu Ashar dapat menurun daya kreativitasnya.

Waktu magrib, pada waktu ini warna alam kembali berubah menjadi merah. Spektrum warna alam selaras dengan frekuensi jin dan iblis.

Sehingga pada waktu ini jin dan iblis amat bertenaga karena mereka ikut bergetar dengan warna alam. Mereka yang sedang dalam perjalanan sebaiknya berhenti sejenak dan mengerjakan sholat Maghrib terlebih dahulu.

Hal ini lebih baik dan lebih selamat karena pada waktu ini banyak gangguan atau terjadi tumpang-tindih dua atau lebih gelombang yang berfrekuensi sama atau hampir sama dan bisa menimbulkan fatamorgana yang bisa mengganggu penglihatan kita.

Waktu isya, Nah pada waktu ini warna alam berubah menjadi nila dan selanjutnya menjadi gelap.Waktu Isya mempunyai rahasia ketenteraman dan kedamaian yang frekuensinya sesuai dengan sistem kontrol otak. Mereka yang sering ketinggalan Isya bisa sering merasa gelisah.

Selepas tengah malam, alam mulai bersinar kembali dengan warna-warna putih, merah jambu dan ungu. Perubahan warna ini selaras dengan kelenjar pineal, kelenjar pituitary, thalamus dan hypothalamus yang sangat mempengaruhi terhadap kecerdasan otak. Maka pada waktu ini sebaiknya kita bangun lagi untuk mengerjakan sholat malam (tahajjud). 

MasyaAllah sungguh luar biasanya keutamaan shalat di awal waktu ini. Semoga dari sekarang kita mampu untuk melaksanakan shalat di awal waktu sehingga tidak kehilangan keutamaan nya yang sungguh luar biasa.



0 Response to "Keutamaan Shalat di Awal Waktu"

Post a Comment

dmca

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel