-->

Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi Pada Malam maupun Hari Jumat

Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi Pada Malam maupun Hari Jumat

Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi
Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi

Doaislami
- Surat Al Kahfi adalah salah satu surat dalam Al Quran dan termasuk kedalam golongan surat makiyah. Surat Al Kahfi juga di jadikan sebagai salah satu surat yang kerap di baca pada malam maupun hari jumat karena memang memiliki keutamaan nya tersendiri. Hal ini sesuai dengan sebuah hadist "Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum'at, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya. ”(HR Dailami).  

Dajjal adalah makhluk yang begitu menakutkan dan akan muncul di akhir zaman nanti. Dimana tugas nya ialah menyesatkan manusia. Nah salah satu keutamaan membaca surat al kahfi ialah akan terhindar dari kemudharatan Dajjal. Ada juga yang menyebutkan agar terhindar dari dajjal ialah dengan menghafalkan 10 ayat pertama atau terakhir surat Al Kahfi.

Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi

Keutamaan membaca surat Al Kahfi pada malam maupun hari jumat juga akan diberikan nya cahaya oleh Allah swt, ini sesuai dengan hadist " Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah yang mempersembahkan cahaya dari atas, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah yang membawa cahaya dari antara langit dan bumi." (HR Ahmad).

Dalam hadist lain juga disebutkan tentang keutamaan membaca surat Al Kahfi pada malam maupun hari jumat seperti yang diriwayatkan oleh Abu Sa'id al-Khudri ra., Dari Ibnu Umar ra. , "Rasulullah SAW bersabda, ' Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum'at maka akan memancar cahaya dari bawah sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jum'at.'".

Dalam hadist tersebut dijelaskan jika keutamaan membaca surat Al Kahfi pada hari jumat maka akan diberikan cahaya pada hari kiamat kelak oleh Allah swt serta diampuni dosanya diantara dua Jumat.

Keutamaan membaca surat al kahfi pada malam maupun hari jumat juga akan di hindarkan dari gangguan setan sebagaimana dalam sebuah hadist yang diriwayatkan dari Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal rumah yang dibacakan surat Al-Kahfi dan surat Al-Baqarah tidak akan dimasuki setan sepanjang malam itu".

Agar terhindar dari gangguan setan Rasulullah sudah menganjurkan umatnya untuk senantiasa membaca surat Al Baqarah maupun surat Al Kahfi di setiap malam, maka niscaya penghuni rumah tersebut tidak akan di ganggu oleh gangguan gangguan setan karena rumah nya saja tidak bisa dimasuki oleh setan.

Namun mungkin terkadang kita lebih sering mendengar jika di pengajian mingguan khususnya pengajian malam jumat malah membaca surat Yasin bukan surat Al Kahfi. Lalu manakah yang benar? 

Jika di lihat dari segi benar atau salah maka tidak ada yang benar maupun salah. Karena sejatinya setiap surat yang terdapat di dalam Al Quran itu baik dan tidak ada larangan untuk membacanya alias boleh dibaca kapan saja. Ya, memang ada juga sebuah hadist yang menjelaskan tentang keutamaan membaca surat Yasin pada malam jumat yang ditegaskan dalam sebuah hadits Abu Dhabi sebagai berikut:

من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله

"Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya." (HR Abu Daud dari al-Habr).

Keutamaan membaca surat Yasin pada malam jumat memang ada dasar hadist nya namun kualitas sanadnya tidak sebagus hadist yang menyebutkan tentang keutamaan membaca surat Al Kahfi pada malam maupun hari jumat.

Meski kualitas sanad pada hadist yang menjelaskan tentang keutamaan membaca surat Yasin pada hari jumat tidak sebagus dari kualitas hadist tentang keutamaan membaca surat Al Kahfi pada malam maupun hari jumat. Namun menurut KH Munawwir Abdul Fattah mengutif dari sebuah hadis " Yasin lima quriat lahu ", artinya surat Yasin dibaca sesuai maksud si pembaca.

Yakni surat Yasin dapat dibaca saat kita mengharap rezeki, meminta sembuh dari penyakit, dikuatkan dalam menghadapi ujian, mencari jodoh, dan lain-lain. Nah, dan hari jumat itu sendiri adalah "Rajanya hari" dimana hari jumat merupakan hari yang paling baik untuk berdoa. Sehingga mungkin dari keistimewaan hari jumat inilah dijadikan moment dalam membaca surat Yasin agar doa yang di panjatkan lebih cepat di kabulkan oleh Allah swt.

Terlepas dari semua penjelasan diatas, sejatinya membaca surat apapun dan pada malam apapun itu boleh boleh saja. Pada malam maupun hari jumat mau membaca surat Al Kahfi ataupun surat Yasin itu sah sah saja karena memang keduanya memiliki keutamaan nya masing masing. Wallahualam
LihatTutupKomentar

Dmca