SHOLAT WITIR LENGKAP(Niat,Tata Cara,Jumlah Rakaat,Anjuran dan Keutamaannya)

SHOLAT WITIR LENGKAP(Niat,Tata Cara,Jumlah Rakaat,Anjuran dan Keutamaannya)


√ Sholat Witir:Niat,Tata cara,do'a dan keutamaan
√ Sholat Witir 3 Rakaat

Pengertian Sholat Witir

 Doa Islami - Sholat witir merupakan salah satu sholat sunnah. Yang mana sholat witir dilaksanakan di malam hari yaitu antara setelah sholat isya sampai menjelang subuh. Biasanya sholat witir dilakukan setelah melakukan sholat sunnah lainnya seperti misalnya melaksanakan sholat tahajud atau sholat tarawih kemudian melaksanakan sholat witir.

    Rakaat dalam pelaksanaan sholat witir berjumlah ganjil. Sholat witir terkadang dilaksanakan juga sebelum tidur.

 Dan seperti yang kita tahu dalam pelaksanaan sholat tarawih dibulan ramadhan selalu diakhiri dengan sholat witir karena sholat witir tersebut menjadi penyempurna sholat sunnah yang lain. Jadi,sangat dianjurkan ketika kita sudah melaksanakan sholat sunnah ditutup dengan sholat witir.

Jumlah Rakaat Sholat Witir

Jumlah rakaat sholat witir ganjil, bisa dikerjakan sebanyak satu rakaat, tiga rakaat, lima rakaat, tujuh rakaat sampai sebelas rakaat. Kita bisa melaksanakan sholat witir sedikitnya satu raakaat dianjurkan lebih baik minimal tiga rakaat.

Anjuran Sholat Witir


Anjuran Sholat Witir

 Sholat witir sangat dianjurkan untuk dilaksanakan. Adapun pelaksanaan sholat witir bisa dikerjakan setelah isya sampai menjelang subuh. Itu artinya bisa sebelum tidur atau setelah bangun tidur.

 Sebagaimana sabda Rasulullah Saw.

"Barangsiapa yang khawatir tidak bangun pada akhir malam, maka hendaklah dia melakukan shalat Witir pada awal malam. Dan barangsiapa yang bersikeras untuk bangun pada akhir malam, maka hendaklah dia melakukan Sholat Witir pada akhir malam, karena shalat di akhir malam itu disaksikan (oleh para Malaikat), dan hal itu adalah lebih utama."

Hadits diatas menjelaskan jika memang kita tidak bisa atau susah untuk bangun di tengah malam atau akhir malam untuk melaksanakan sholat witir maka hendaklah kita laksanakan sholat sebelum tidur atau awal malam. Jika memang kita berniat bangun di akhir malam kemudian kita bangun maka itu lebih baik dan segeralah laksanakan sholat witir. Karena pada sepertiga malam atau akhir malam malaikat akan turun untuk menyaksikan siapa saja orang-orang yang senantiasa beribadah kepada Allah disaat yang lain masih terbuai dalam tidur nya yang nyenyak.

Niat Sholat witir 1 Rakaat


Niat Sholat witir 1 Rakaat


Tata Cara Sholat Witir

Untuk kita bisa melaksanakan sholat witir artinya kita harus tahu dulu bagaimana tata cara sholat witir itu. Dibawah ini tata cara pelaksanaan sholat witir.

Tata Cara Sholat Witir 1 rakaat 1 kali salam

1. Niat Sholat Witir 1 Rakaat
(Ushullii sunnatal witri rok 'ataini mustaqbilal qiblatii lillaahi ta'alaa)
2.Takbiratul ihram
3.Membaca do'a iftitah
4. Membaca Surah Al-Fatihah
5. Membaca tiga surat sekaligus yakni Al-Falaq, Al-Ikhlas, dan An-Nas atau surah lainnya
6. Ruku' dengan tuma'ninah
7. I'tidal dengan tuma'ninah
8. Sujud dengan tuma'ninah
9. Duduk di antara dua sujud dengan tuma'ninah
10. Sujud kedua dengan tuma'ninah
11. Tasyahhud Akhir dengan tuma'ninah
12. Salam
13. Membaca dzikir dan Doa Sholat Witir

Niat Sholat witir 3 Rakaat

Niat Sholat witir 3 Rakaat

Tata Cara Sholat Witir 3 rakaat 1 kali salam

1. Niat Shalat Witir 3 rakaat
(Ushallii sunnatal witri tsalaasa roka'aataini mustaqbilal qiblati lillaahi ta'alaa).
2. Takbirotul Ihram
3. Membaca Doa Iftitah
4. Membaca Surah Al-Fatihah
5. Membaca surat pendek
Pada rakaat pertama disunahkan membaca surat Al A'la. Untuk rakaat kedua membaca surat Al-Kafiruun dan pada rakaat ketiga membaca tiga surat sekaligus yakni Al-Falaq, Al-Ikhlas, dan An-Nas.
6. Ruku' dengan tuma'ninah
7. I'tidal dengan tuma'ninah
8. Sujud dengan tuma'ninah
9. Duduk di antara dua sujud dengan tuma'ninah
10. Sujud kedua dengan tuma'ninah
11. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua dan ketiga seperti urutan sebelumnya
12. Tasyahhud Akhir dengan tuma'ninah
13. Salam
14. Membaca Doa Sholat Witir

Do'a Setelah Sholat Witir

Do'a Setelah Sholat Witir

Adapun Do'a sholat witir yang kita baca diakhir sholat setelah salam adalah sebagai berikut:
 Allahumma innaa nas'aluka iimaanan daaimaan, wan'asaluka qalban khaasyi'an, wanas'aluka 'ilman naafi'an, wanas'aluka yaqiinan shaadiqon, wanas'aluka 'amalan shaalihan, wanas'aluka diinan qayyiman, wanas'aluka khairan katsiran, wanas'alukal 'afwa wal'aafiyata, wanas'aluka tamaamal 'aafiyati, wanas'alukasyukra 'alal 'aafiyati, anas'alukal ghinaa'a'aninnaasi. Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaatanaa washiyaamanaa waqiyaamanaa watakhusy-syu'anaa watadhorru'anaa wata'abbudanaa watammim taqshiiranaa yaa allaahu yaa allaahu yaa allaahu yaa arhamar raahimiin. washallallaahu 'alaa khairi khalqihi muhammadin wa'alaa aalihi washahbihiajma'iina,walhamdulillaahirabbil'aalamiina.

 Artinya: "Wahai Allah. Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang tetap, kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu', kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar, kami memohon kepada-Mu amal yang shaleh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus, kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, kami memohon kepada-Mu ampunan dan afiat, kami memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada-Mu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia.

 Wahai Allah, Tuhan kami. Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami. Sempurnakanlah kelalaian atau kekurangan kami, Wahai Allah Wahai Allah Wahai Allah Wahai Dzat yang Paling Penyayang diantara para penyayang. Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam."

Keutamaan Melaksanakan Sholat Witir

 Melakukan suatu ibadah tentunya bernilai pahala untuk orang yang melaksanakannya. Begitupun dengan melaksanakan ibadah sunnah sholat witir yang mana sunnah itu adalah apabila kita mengerjakannya akan mendapat pahala jika pun tidak maka tidak berdosa tapi kita akan merasa rugi. jadi lebih baik dilaksanakan karena selain akan mendapat pahala dari Allah SWT. Ada keutamaan lain dari melaksanakan sholat sunnah witir. Berikut beberapa keutamaan melaksanakan sholat witir:

1. Allah SWT Mencintai yang Witir

Allah SWT. Itu maha satu dan bilangan satu adalah bilangan ganjil Allah menyukai yang ganjil itu kenapa Allah memerintahkan untuk senantiasa melaksanakan sholat witir yang jumlah rakaatnya ganjil. In syaa Allah kita akan senantiasa di cintai Allah dengan melaksanakan sholat witir.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya Allah itu witir, mencintai yang witir atau ganjil." (HR. Muslim)

2. Sholat yang Merupakan Amalan Para Ahli Al-Quran

Sholat witir adalah amalan para ahli qur'an mereka adalah sahabat-sahabat nabi penghafal qur'an juga mengamalkan nya dan berdakwah .

Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya Allah itu witir, mencintai witir, maka lakukanlah sholat witir wahai ahli Al Qur'an." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah; shahih)

Rasulullah SAW juga bersabda:

 "Wahai ahli Al Quran, lakukanlah sholat witir. Karena sesungguhnya Allah Azza wa Jalla itu witir, mencintai yang witir." (HR. An Nasa'i dan Ibnu Majah; shahih)

Kedua hadits diatas adalah perintah kepada ahli qur'an agar melaksanakan sholat witir. Karena sholat witir adalah amalan para ahli qur'an maka keutamaan yang kita dapat adalah kita bisa mengitu para ahli qur'an, Subhanallah.

3. Sholat yang Diwasiatkan Rasulullah

 Keutamaan sholat witir yang lainnya adalah sholat witir merupakan sholat yang dulu diwasiatkan Rasulullah SAW. Agar kita dapat melaksanakan sholat witir.

Sebagaimana dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, beliau berkata: "Kekasihku (Muhammad) shallallahu 'alaihi wasallam mewasiatkan kepadaku tiga perkara: puasa tiga hari setiap bulan, shalat dhuha dua rakaat dan shalat witir sebelum tidur." (HR. Bukhari dan Muslim)

Rasulullah SAW. Mewasiatkan tiga perkara puasa tiga hari setiap bulan yang di sebut juga ayaumul bidh puasa pada tanggal ke 11 12 dan 13 di setiap bulan islam. Kemudian mewasiatkan sholat dhuha dua rakaat ,dan juga  sholat witir sebelum tidur menghindari keterlambatan bangun di tengah malam atau di akhir malam.

Nah, itulah sedikit tentang pengertian, jumlah rakaat, anjuran, tata cara, do'a dan keutamaan dari sholat witir. Mudah-mudahan kita semua bisa belajar melaksanakannya dari mulai sekarang apalagi saat bulan ramadhan tiba dan dalam pelaksanaan sholat tarawih kita bisa melaksanakan sholat witir minimal 3 rakaat.

Wallahua'lam ..

0 Response to "SHOLAT WITIR LENGKAP(Niat,Tata Cara,Jumlah Rakaat,Anjuran dan Keutamaannya)"

Post a Comment

dmca

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel