Pengertian Makan Sahur:Hukum,dalil dan keutamaan

Pengertian Makan Sahur:Hukum,dalil dan keutamaan

Pengertian Makan Sahur
Pengertian makan sahur


PENGERTIAN SAHUR

Sahur berasal dari kata sahar, yang artinya akhir malam, atau waktu menjelang subuh.  secara istilah Sahur adalah segala sesuatu yang dikonsumsi pada waktu sahur, baik itu nasi, roti, gandum dan lain sebagainya yang dimakan diwaktu sahur. Di sebut makan sahur karena kita makan diwaktu dini hari atau di akhir malam.

HUKUM SAHUR

Hukum makan sahur adalah sunnah, seperti dalam hadits dari Anas bin Malik radiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah Saw bersabda:

ﺗَﺴَﺤَّﺮُﻭﺍ ﻓَﺈِﻥَّ ﻓِﻲ ﺍﻟﺴَّﺤُﻮْﺭِ ﺑَﺮَﻛَﺔً

“Sahurlah kalian, karena sesungguhnya dalam sahur terdapat barakah.” (Muttafaqun ‘alaih)

Hukum makan sahur adalah sunnah karena di dalamnya terdapat berkah. Selain itu orang-orang yang melaksanakannya maka akan mendapat paha dari Allah Swt.

DALIL TENTANG SAHUR

وَالْمُسْتَغْفِرِينَ بِالْأَسْحَارِ

“Dan orang-orang yang meminta ampun di waktu sahur.” [QS. Ali Imran: 17]

وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

“Dan selalu memohonkan ampunan diwaktu pagi sebelum fajar.” [QS. Adz Dzariyat: 18]

تَسَحَّرُوْا فَإِنَّ فِي السَّحُوْرِ بَرَكَةً

“Bersahurlah kamu sekalian, karena sesungguhnya dalam sahur itu terdapat barakah” [HR. Bukhari & Muslim]

Anjuran untuk sahur karena dalam sahur tersebut terdapat keberkahan di dalam nya.

السُّحُورُ أَكْلَةٌ بَرَكَةٌ فَلَا تَدَعُوهُ وَلَوْ أَنْ يَجْرَعَ أَحَدُكُمْ جَرْعَةً مِنْ مَاءٍ فَإِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِينَ

Sahur adalah makanan berkah, maka jangan kalian tinggalkan walaupun salah seorang dari kalian hanya meneguk seteguk air, karena Allâh k dan para malaikat bersalawat atas orang-orang yang bersahur. [HR. Ahmad]

Hadits diatas juga anjuran untuk sahur walaupun hanya minum saja karena Allah dan para malaikat akan bershalawat bagi orag-orang yang sahur.

WAKTU UNTUK SAHUR

Untuk waktu makan sahur seperti yang kita ketahui adalah pagi-pagi buta sebelum menjelang subuh sekitar jam 3 pagi 1/3 malam terakhir biasanya orang-orang bangun untuk sahur.

Namun, jika kita lihat pada kebiasaan Rasulullah Saw. Dalam sahurnya adalah dikisahkan bahwa Rasulullah Saw selalu mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka. Karena dengan mengakhirkan sahur maka kita akan memiliki tenaga lebih untuk berpuasa dibandingkan dengan makan sahur lebih awal misalnya makan sahur jam 2 malam lalu kita tidur lagi disana kita akan merasa malas untuk bangun subuh dan tubuh kita akan merasa lemas kembali.

Maka dari itu Rasulullah Saw menganjurkan kita untuk mengakhirkan sahur menjelang subuh.

Zaid bin Tsabit mengatakan, “Rasulullah SAW mengakhirkan sahur agar menambah kekuatan ketika berpuasa, sehingga puasanya tidak menghalanginya dari memperbanyak ketaatan kepada Allah SWT, dan jarak antara waktu sahurnya Rasulullah SAW dan waktu salat subuh seukuran waktu pembacaan 50 ayat Al-Qur’an” (Muttafaq Alaih).

KEUTAMAAN SAHUR

Keutamaan sahur

1. Sahur Adalah Wujud Ketaatan Kita Kepada Yang Maha Kuasa

Menurut Rasulullah, sahur merupakan wujud ketaatan kita kepada Allah SWT. Hal ini tertulis dalam Al-Quran  yang memiliki arti:

 “Makanlah dan minumlah kalian sampai tampak jelas bagi kalian benang putih dari benang hitam, yaitu fajar"(Qs.Al baqarah ayat 187).

Ayat diatas menganjurkan kita untuk makan di waktu sahur. sahur memiliki manfaat bagi kita yang akan menjalankan ibadah puasa. Dengan sahur setidaknya kita menambah tenaga untuk bisa seharian menahan lapar dan haus dan akan lebih bersemangat dalam mengerjakan suatu pekerjaan.

2.Membedakan Kita(Umat muslim) Dengan Umat Lain Yang Juga Mengamalkan Puasa

Rasulullah SAW Bersabda:

“Pembeda antara puasa kita (orang muslim) dengan puasanya Ahli Kitab (umat beragama lain) ialah makan sahur"(HR.Muslim)

Sahur juga menjadi pembeda antara umat muslim dengan umat lain yang juga mengamalkan puasa. Umat muslim makan sahur untuk berpuasa sedangkan umat lain tidak mengharuskan makan sahur terlebih dahulu.

3.Membuat Kita Bangun Pagi Sehingga kita Bisa Melaksanakan sholat Tahajjud

Dengan adanya makan sahur maka kita akan bangun dipagi buta sekitar jam 3 pagi itu artinya masuk di 1/malam dan di waktu itu sangat dianjurkan untuk melaksanakan sholat sunnah tahajud.

Maka dengan kita bangun untuk sahur kita juga bisa melaksanakan sholat tahajjud sebelum makan sahur. Dengan bergini kita bisa menjalankan ibadah-ibadah sunnah yang sebelumnya sulit untuk kita laksanakan. Secara tidak langsung kita bangun untuk makan sahur ini memberi manfaat lain agar kita bisa melaksanakan sholat malam.

4.Membuat Kita Mau Berjalan ke Masjid Untuk Berjamaah

Ketika bulan Ramadhan tiba biasanya sholat berjamaah subuh menjadi rutinitas bagi umat muslim laki-laki atau perempuan. Dengan kita bangun untuk makan sahur maka kita memiliki banyak kesempatan untuk melaksanakan s yangholat berjamaah di masjid. Di hari-hari biasa sholat berjamaah di masjid terutama bagi laki-laki adalah hal yang terkadang sulit dilakukan di karenakan malas dan bisa jadi karena bangun kesiangan dengan kita bangun untuk makan sahur maka tidak ada alasan bangun kesiangan.

5.Memberikan Kesempatan Kita Untuk Beramal

Maksudnya adalah di bulan suci Ramadhan biasanya orang-orang yang memiliki harta yang lebih atau memang ingin berbagi kepada sesama maka waktu sahur bisa digunakan untuk beramal kita bisa memberikan sedikit makanan untuk orang-orang yang kurang mampu dan sangat membutuhkan dengan adanya ramadhan dan waktu sahur maka ladang untuk beramal semakin luas pahala yang kita cari semakin besar karena berkahnya dari sahur.

Dengan begitu waktu sahur kita bukan hanya kita pakai untuk makan dan minum saja tapi juga untuk beramal kepada sesama umat muslim yang akan berpuasa.

Jangan lupa sahur sebelum berpuasa agar kita jalani hari dengan leluasa. Jangan sampai ketiduran hingga sahur ketinggalan. Semoga sahur yang kita lakukan selalu dalam keberkahan..

Wallahua'lam..

0 Response to "Pengertian Makan Sahur:Hukum,dalil dan keutamaan"

Post a Comment

dmca

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel