Pola Hidup Sehat Ala Rasulullah

Pola Hidup Sehat Ala Rasulullah

Pola hidup sehat ala Rasulullah Saw
pola hidup sehat ala rosulullah


Rasulullah Saw sebagai Suri Tauladan

Doaislami - Rasulullah Saw Sebagai Suri Tauladan  Berbicara tentang kesehatan, siapa si yang tidak ingin sehat? Pasti semua orang selalu ingin tubuhnya sehat. Sebagaimana yang telah di sampaikan dalam sebuah riwayat bahwa seumur hidupnya Rasulullah hanya sakit sebanyak 2 kali, sungguh luar biasa bukan? Itu sudah menjadi bukti bahwa Rasulullah bukan lah manusia biasa, beliau manusia yang teramat konsisten dalam menjalani pola hidup nya, sehingga beliau jarang sakit. Oleh karena itu sudah sewajarnya kita meneladani pola kehidupan Rasulullah saw.

Kebiasaan Rasulullah yang menjadi rahasia kesehatan nya yang pertama adalah beliau tidak pernah tidur sebelum isya dan selalu tidur sesudah isya sekitar jam 8 malam, lalu beliau selalu bangun di seupertiga malam. Ketika bangun tidur beliau selalu bersiwak. Menurut kajian kajian ilmiah, bersiwak ternyata memiliki manfaat yang begitu banyak untuk kesehatan, selain untuk menguatkan gigi ternyata dengan bersiwak juga mampu menguatkan rahim, sehingga terhindar dari penyakit rahim seperti lemah kandungan atau mengurangi bahkan menghindarkan dari rasa nyeri saat haid. Setelah bersiwak beliau kemudian berwudhu dan melakukan shalat malam.

Makan dan Minum Ala Rasulullah Saw

Makan dan minum sehat ala Rasulullah Saw Sampai di pagi hari, beliau selalu meminum madu dan air. Kenapa harus dengan air? Karena penelitian ilmiah yang di lakukan baik di dunia timur maupun barat bahwa untuk menghasilkan madu itu ada suatu bungkusan yang terbuat dari lilin, sehingga kandungan yang terdapat dalam madu akan lebih tercerna jika di adukan dengan air. Kemudian di waktu duha Rasulullah selalu memakan kurma ajwa sebanyak 7 butir, sampai ada sebuah riwayat yang menjelaskan jika kita memakan 7 butir kurma ajwa maka kita akan terhindar dari racun dan sihir. Kenapa harus kurma? Karena kurma sendiri memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, dan di makan di waktu duha karena waktu duha adalah waktu dimana lambung, limpa, dan jantung bekerja secara optimal. Sehingga makanan apa saja yang masuk pada waktu itu akan lebih tercerna dengan baik oleh lambung.

makan dan minum sehat ala Rasulullah Saw

Tidur Sehat Ala Rasulullah Saw

Tidur sehat ala Rasulullah Saw Rasulullah juga selalu membiasakan tidur siang, dan ternyata menurut riset yang di lakukan di dunia barat bahwa manfaat dari tidur siang itu mampu menjernihkan otak kita dari kepenatan sampai 80%, namun tidur siang yang baik itu di atas jam 10 dengan durasi -+26 menit, jika lebih mungkin manfaatnya akan berbeda. Terlebih jika terlalu lama atau sampai berjam jam maka kita hanya akan membuat otak kita semakin terasa penat. Setelah tidur siang dan shalat dzuhur barulah Rasulullah makan makanan yang berat, kenapa harus di waktu dzuhur? Karena di waktu itu sistem imunitas tubuh kita sedang drop, nah disaat sistem imunitas kita drop maka Rasulullah menganjurkan untuk full nutrisi, sehingga jika di Indonesia ini di sebut dengan makan siang.

Anjuran Untuk Makan buah terlebih dahulu sebelum makanan berat

Anjuran Untuk Makan Buah telebih dahulu sebelum makanan berat Ada juga anjuran lain yang tertuang dalam Q.S Al Waqiah dimana di situ Allah menganjurkan untuk makan buah terlebih dahulu baru makan makanan berat, tapi mungkin kebanyakan orang di indonesia mereka menjadikan buah buahan itu sebagai cuci mulut. Mereka memakan buah sesudah memakan nasi, sehingga manfaat buah itu sendiri tidak tercerna secara optimal karena lambung lebih mendahulukan mencerna makanan berat yang pertama masuk ke dalam lambung. Kebiasaan sehat Rasulullah lainnya adalah beliau selalu berkumur sebelum dan sesudah makan, bahkan dalam sebuah riwayat di jelaskan jika sebelum makan dianjurkan untuk berwudhu terlebih dahulu agar terhindar dari fakir. Menurut logika pun saat kita berwudhu sebelum makan sudah di pastikan kita akan makan dalam keadaan bersih dari virus/bakteri, sehingga terhindar dari penyakit yang di sebabkan oleh virus/bakteri.

Kunci Sehat Ala Rasulullah Saw

Kunci sehat ala Rasulullah Saw Itulah pola hidup sehat ala Rasulullah saw, jika lebih di fahami ternyata beliau sedikit tidur dan sedikit makan yang ternyata itulah merupakan kunci hidup sehat. Sedangkan kita selaku umatnya cenderung terbalik, kita sedikit sedikit makan, sedikit sedikit tidur. Mulai sekarang mari amalkan pola hidup sehat ala Rasulullah, agar tubuh kita selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Semoga bermanfaat dan selamat mengamalkan:)











0 Response to "Pola Hidup Sehat Ala Rasulullah "

Post a Comment

dmca

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel