Widget HTML Atas

Mencegah covid-19 Dengan Makanan Halal

Mencegah Virus Corona Dengan Konsumsi Makanan Halal

Mencegah virus corona
Mencegah covid 19

Doaislami - Pernahkah kalian mendengar sebuah ungkapan "( kamu adalah yang kamu makan) ? Ungkapan ini tentunya bukan sekedar ungkapan yang tidak memiliki arti.

Ada kandungan "petuah" yang terkandung dari ungkapan tersebut. Beraneka makanan yang kita konsumsi sesungguhnya akan membentuk karakter dan kebiasaan kita. Hal ini secara sepintas mungkin tidak masuk akal, namun ketika kita mau berfikir lebih dalam bisa jadi hal ini dapat kita rasakan.

Contoh sederhana saja, kita terkadang melihat di sekitar kita ada seseorang yang mengkonsumsi al kohol, dia nampak gemetar, mudah marah, dan emosi yang tidak stabil. Itulah bukti sederhana pengaruh makanan terhadap jiwa terutama kesehatan seseorang.



 Islam sangat concern terhadap segala hal. Sampai untuk urusan makanan pun kaum muslimin diatur dengan sedemikian rupa. Mungkin terkesan mengekang, namun pada faktanya Allah swt sedang menjaga hambanya dari hal yang merugikan. Oleh karena itu, sebagai seorang muslim kita harus menaati segala yang di perintahkan dan menghindari segala yang di larang oleh Allah swt dalam segala aspek kehidupan.

Dalam segi makanan misalnya, Allah swt berfirman dalam Q.S Al Baqarah :168 "Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu". 

 Dalam ayat itu Allah swt memerintahkan untuk memakan makanan yang memang halal dan baik, bahkan dalam ayat tersebut bukan ayat khusus untuk mereka yang beragama islam saja tapi untuk semua manusia yang ada di muka bumi ini.

 Ada juga ayat yang lebih khusus teruntuk umat islam yang tertuang dalam Q.S Al Baqarah :172-173 "Wahai orang yang beriman.! Makanlah dari rezeki yang baik yang Kami berikan kepada kamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika kamu hanya menyembah kepada-Nya(172).

 Sesungguhnya Dia hanya mengharamkan atasmu bangkai, darah, daging babi, dan hewan yang di sembelih dengan selain nama Allah. Tetapi barang siapa terpaksa memakannya bukan karena menginginkanya dan tidak pula melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sungguh Allah maha pengampun, Maha penyayang(173).

 Dalam ayat tersebut sudah dijelaskan apa saja yang memang di haramkan untuk di makan kecuali memang "terpaksa", semisal kita tersesat di hutan,kita tidak makan beberapa hari dan terancam mati kelaparan dan kita hanya menemui babi di sana maka babi yang awalnya haram bisa menjadi halal karena adanya "sebab yang kuat".

 Membahas tentang virus corona atau covid-19 begitu yang menggemparkan dunia karena WHO menetapkan nya sebagai pandemik global, dan belum ada yang dapat menemukan obatnya. Virus ini sendiri berasal dari masyarakat negeri China atau lebih tepatnya di kota Wuhan, dimana informasi yang beredar virus ini ada karena kebiasaan makan mereka yang ekstrem. Seperti sate kelelawar, sup anak tikus, ular dan masih banyak lagi makanan yang tak lazim. Jika kita mengacu dalam ajaran islam yang telah di paparkan di atas ternyata sungguh luar biasa manfaat Allah melarang beberapa makanan di muka bumi ini untuk kita makan. Ya, itu semua untuk menjaga diri kita sendiri. Tapi sayang nya kebanyakan orang tidak tahu akan manfaat luar biasa yang tersembunyi ini, sehingga banyak dari mereka memakan makanan yang tak lazim, entah karena ingin menciptakan trend baru atau apapun itu tapi intinya Allah swt tidak suka terhadap manusia yang melampaui batas. semisal virus corona yang menggemparkan dunia saat ini, bisa jadi memang karena kebiasaan mereka yang melampaui batas, terutama dalam segi makanan. Dimana mereka memakan makanan yang tak lazim. 

Terlepas virus corona itu timbul dari makanan tak lazim atau bukan, kita selaku umat islam sudah seharusnya memakan makanan yang halal & baik agar tidak terjadi sesuatu yang tidak di inginkan. Karena bagaimanapun Allah swt lebih tau yang terbaik untuk umat manusia, dan berusahalah untuk selalu menjaga kebersihan agar terhindar dari virus yang membahayakan, terutama virus corona yang sedang mewabah ini.Wallahu'Alam





4 comments for "Mencegah covid-19 Dengan Makanan Halal"

Post a Comment

Berlangganan via Email