-->

Tata cara Shalat Istikharah dalam Dua Rakaat lengkap Dengan Niat

Tata cara Shalat Istikharah dalam Dua Rakaat lengkap Dengan Niat

Tata cara shalat Istikharah lengkap dengan niat
Tata cara shalat istikhoroh dalam 2 rakaat

Pengertian Shalat Istikharah

Doaislami - Shalat istikhrah merupakan salah satu shalat sunnah yang dilaksanakan pada waktu malam hari. Namun, bedanya dari shalat sunnah yang lain yang dikerjakan malam hari adalah shalat istikharah dikerjakan atau dilaksanakan ketika kita dihadapkan antara dua pilihan yang membingungkan dan kita merasa ragu dalam memilih. Maka shalat istikharah ini adalah shalat yang dikerjakan untuk mengharap petunjuk dari Allah atas pilihan yang sedang kita hadapi.

Dalam hadits dikatakan:

“jika ada salah seorang di antara kalian memiliki niat dalam suatu urusan maka lakukanlah shalat sunnah sebanyak dua rakaat yang bukan termasuk dalam shalat wajib kemudian berdoalah kepada Allah SWT.”(HR.Bukhari)

Maksud hadits diatas adalah anjuran melakukan shalat sunnah dua rakaat ketika kita sedang dalam urusan yang membingungkan kan dan ragu dalam memutuskan pilihan. Maka shalat sunnah dua rakaat itu adalah shalat istikharah.

Hadits yang lain mengatakan sebagai berikut ini:

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْتَخِيرُكَ بِعِلْمِكَ , وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ , وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ

 “Ya Allah aku beristikharah atau memohon petunjuk dengan ilmu-Mu, aku memohon kekuatan dengan kekuasaan-Mu, dan aku memohon keutamaan-Mu.”(HR.Bukhari)

Hadits tersebut menjelaskan bahwa denga beristikharah maka kita memohon pertolongan hanya kepada Allah. Dan sholat istikharah sebagai bentuk ibadah untuk memohon pertolongan Allah agar diberi petunjuk.

Sholat istikharah ini bisa dilaksanakan 2 rakaat(Satu salam) sampai sebanyak 12 rakaat(Enam salam).

Hadits Bukhari dari Jabir:

عَنْ جَابِرٍ رضي الله عنه قَالَ : كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يُعَلِّمُنَا الاسْتِخَارَةَ فِي الأُمُورِ كُلِّهَا كَمَا يُعَلِّمُنَا السُّورَةَ مِنْ الْقُرْآنِ يَقُولُ إذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ ثُمَّ لِيَقُلْ

Artinya: Rasulullah mengajarkan kami ber-istikharah dalam seluruh perkara sebagaimana beliau mengajar kami surat Al-Quran. Beliau bersabda, "Apabila kalian bermaksud sesuatu, maka shalatlah dua raka'at sunnah kemudian berdoalah..."

Hukum Shalat istikharah

Para ulama sepakat mengatakan bahwa shalat istikharah hukumnya sunnah pada saat seorang muslim dihadapkan pada permasalahan yang memerlukan keputusan untuk memilih.

Waktu Shalat Istikharah

Pada dasarnya shalat istikharah dapat dilaksanakan kapan saja namun dianjurkan pada waktu sepertiga malam terakhir. Nabi Muhammad SAW. menjelaskan jika umatnya memiliki keinginan atau memilih keputusan yang terbaik maka disunnahkan untuk melakukan shalat ini.
Dikatakan juga bahwa shalat istikharah dilakukan sebelum tidur.

Niat Shalat Istikharah

Niat Shalat termasuk Rukun Shalat,Jadi Sangat di wajibkan untuk dilakukan bila tidak dilakukan maka shalat tersebut tidak SAH

Shalat Istikharah Dibaca Ketika Takbirotul ihram,Bacaannya ialah Sebagai Berikut :
“Usholli Sunnatan Istikharati Rok'ataini Lillahi Ta’ala”

Artinya : “Aku Berniat Sholat sunnah Istikharah Dua Rakaat Karena allah Ta’ala”
Bacaan Ini dilafalkan Dalam Hati


Niat Shalat Istikharah

Tata cara Shalat Istikharah

Tata cara Shalat Istikharah

1 . Niat
2. Takbiratul ihram, kemudian diikuti dengan doa iftitah.
3. Membaca surat Al Fatihah
4. Membaca surat dalam Al Qur’an, diutamakan Surat Al Kafirun
5. Ruku’ dengan tuma’ninah karena Allah
6. I’tidal dengan tuma’ninah karena Allah
7. Sujud dengan tuma’ninah karena Allah
8. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
9. Sujud kedua dengan tuma’ninah
10. Berdiri lagi untuk menunaikan rakaat kedua
11. Membaca surat Al Fatihah
12. Membaca surat dari Al Qur’an, diutamakan Surat Al Ikhlas
13. Ruku’ dengan tuma’ninah
14. I’tidal dengan tuma’ninah
15. Sujud dengan tuma’ninah
16. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
17. Sujud kedua dengan tuma’ninah
18. Tahiyat akhir dengan tuma’ninah
19. Salam

Dzikir Setelah Istikharah

1. Membaca Dzikir Istighfar untuk memohon ampunan kepada Allah SWT
2. Membaca Dzikir Pendek seperti Tasbih, Tahmid dan Takbir
3. Membaca Sholawat Nabi Muhammad SAW
4. Membaca Surat An Nas, Al Falaq dan Al Ikhlas
5. Ditutup dengan membaca Surat Al Fatihah.

Doa Setelah Istikharah

Doa Setelah Istikharah


اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَآاَقْدِرُ وَلَآاَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللّٰهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هَذَااْلاَمْرَ(...)خَيْرٌلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ فَاقْدُرْهُ لِىْ وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَشَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْهُ لِيَ الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ

Latinnya :

ALLAAHUMMA INNII ASTAKHIIRUKA BI’ILMIKA WA ASTAQDIRUKA BIQUDRATIKA, WA AS-ALUKA MIN FADHLIKAL ADHIIMI, FA INNAKA TAQDIRU WA LAA AQDIRU WA TA’LAMU WA LAA A’LAMU, WA ANTA ‘ALLAAMUL GHUYUUB.
ALLAAHUMMA INKUNTA TA’LAMU ANNA HAADZAL AMRA {-sebutkan persoalan kita di sini-} KHAIRULII FII AAJILI AMRII WA AAJILIHI FAQDURHU LII WAYASSIRHU LII TSUMMA BAARIKLII FIIHI.
WA IN KUNTA TA’LAMU ANNA HAADZAL AMRA SYARRULII FII AAJILI AMRII WA AAJILIHI FASHRIFHU  ‘ANNII WASHRIFNII ‘ANHU WAQDUR LI YAL KHAIRA HAITSU KAANA TSUMMA ARDHINII BIH.

Artinya :
" Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat pada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kepada-Mu kekuatan dengan kekuatan-Mu, aku meminta kepada-Mu dengan kemuliaan-Mu. Sesungguhnya Engkau yang menakdirkan dan aku tidaklah mampu melakukannya. Engkau yang Maha Tahu, sedangkan aku tidak tahu. Engkaulah yang mengetahui perkara yang gaib.
 Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini {-sebutkan persoalan kita di sini-} baik bagiku dalam agama, kehidupan, dan akhir urusanku, maka takdirkanlah hal tersebut untukku, mudahkanlah untukku dan berkahilah ia untukku. Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara tersebut jelek bagiku dalam urusanku di dunia dan akhirat), maka palingkanlah ia dariku, dan palingkanlah aku darinya, dan takdirkanlah yang terbaik untukku apapun keadaannya dan jadikanlah aku ridha dengannya. "

Mungkin hanya itu seputar shalat istikharah. Mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua.
Wallhua'lam..




LihatTutupKomentar

Dmca