Keutamaan Menghafal Al Quran (Mahkota Para Hafidz)

Keutamaan Menghafal Al Quran (Mahkota Para Hafidz)



Keutamaan menghafal al quran
Keutamaan menghafal al quran

Doaislami - Al Quran merupakan kitab penyempurna bagi kitab kitab yang terdahulu, dimana di dalam nya berisi petunjuk bagi mereka yang bertaqwa agar hidup bahagia di dunia dan akhirat. Al Quran juga merupakan kitab terakhir yang Allah turunkan ke muka bumi ini sebagai pedoman bagi umat manusia. Sehingga Al Quran di beri keistimewaan khusus, dimana Al Quran di jaga langsung oleh Allah swt. Tidak ada yang mampu untuk merubah isi nya, sehingga kemurnian Al Quran sudah di jamin sampai akhir zaman oleh Allah swt, karena Allah sendirilah yang menjamin atas penjagaannya. Sebagaimana firman Allah swt :

 : إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ

 Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan adz-Dzikr (al-Qur’an), dan sesungguhnya Kami benar-benar akan menjaganya [al-Hijr/15:9]

Mungkin ada yang bertanya tanya apa maksud kata "kami" dalam ayat tersebut. Bukankah Allah hanya ada satu? Lalu kenapa "Kami" bukan "saya"?

Nah, maksud arti dari ayat Al Quran yang memakai "Kami" maka itu berarti peristiwa atau hukum yang di jelaskan dalam ayat tersebut memiliki campur tangan selain daripada Allah. Semisal dalam Q.S Al Hijr ayat 9 di atas, maksud dari kata "Sesungguhnya Kami benar benar akan menjaganya (Al Quran)" bermakna jika penjagaan atas Al Quran itu tidak hanya dilakukan oleh Allah semata, melainkan dengan campur tangan makhluk lain. Seperti, malaikat dan manusia. Ya, Allah titipkan Al Quran kepada hati manusia sebagai penjagaan atas  Al Quran itu sendiri.
Keutamaan Para Penghafal Al Quran

Para penghafal Al Quran (hafidz/hafidzah) memiliki keutamaan khusus di mata Allah swt. Ya, kenapa tidak? Mereka bagaikan Al Quran berjalan, dimana di dalam dirinya terdapat sebuah Al Quran yang mungkin tidak akan pernah hilang sampai kewafatan nya, bahkan Al Quran yang ada di dalam dirinya itu akan beranak pinak. Dalam artian, di sebar luaskan kepada murid murid nya dalam bentuk hafalan, sampai terciptalah hafidz/hafidzah lain sebagai bentuk penjagaan Al Quran oleh manusia.

Keutamaan para penghafal Al Quran 

1. Mereka adalah keluarga Allah

Ya, para penghafal Al Quran termasuk kedalam keluarga Allah. Ini sesuai dengan sabda Rasulullah s.a.w yang artinya : "Dari Anas ra. Ia berkata bahawa Rasulullah S.A.W bersabda, "Sesungguhnya Allah itu mempunyai keluarga yang terdiri dari manusia." Kemudian Anas bertanya: "Siapakah mereka itu wahai Rasulullah. Baginda menjawab: "Iaitu ahli Quran (orang yang membaca atau menghafal Al- Quran dan mengamalkan isinya).

2. Ditempatkan di surga yang paling tinggi


Ditempatkan di surga yang paling tinggi


Mereka para penghafal Al Quran akan di tempatkan di surga, dan tak main main balasan dari Allah swt atas mereka adalah surga yang paling tinggi. Ini sesuai dengan sabda rasulullah s.a.w : "Dari Abdullah Bin Amr Bin Al Ash ra dari nabi s.a.w, baginda bersabda; Diakhirat nanti para ahli Al Quran di perintahkan, "Bacalah dan naiklah kesyurga. Dan bacalah Al Quran dengan tartil seperti engkau membacanya dengan tartil pada waktu di dunia. Tempat tinggal mu di syurga berdasarkan ayat paling akhir yang engkau baca."

Pengambilan dasar :

يُقَالُ لِصَاحِبِ الْقُرْآنِ:مَنْزِلَتُكَ عِنْدَ آخِرِ آيَةٍ تَقْرَأُ بِهَا]وَ{حَدَّثَنَا مَحْمُودُ بْنُ غَيْلَانَ حَدَّثَنَا أَبُو دَاوُدَ الْحَفَرِيُّ وَأَبُو نُعَيْمٍ عَنْ سُفْيَانَ عَنْ عَاصِمِ بْنِ أَبِي النَّجُودِ عَنْ زِرٍّ}عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: يُقَالُ لِصَاحِبِ الْقُرْآنِ: اقْرَأْ وَارْتَقِ وَرَتِّلْ كَمَا كُنْتَ تُرَتِّلُ فِي الدُّنْيَا فَإِنَّ مَنْزِلَتَكَ عِنْدَ آخِرِ آيَةٍ تَقْرَأُ بِهَا.- رَوَاهُ التِّرْمَذِيّ،(1)  وأَبُو دَاوُد،(2)  وابْن مَاجَه،(3)  وابْن حِبَّانَ فِي صحيحه،(4)  وَقَالَ التِّرْمَذِيُّ:حَدِيْثٌ حَسَنٌ 
صَحِيْحٌ.

3. Ahli Al Quran adalah orang yang arif di surga

Sabda rasulullah s.a.w "Dari Anas ra. Bahawasanya Rasulullah s.a.w. bersabda; "Para pembaca Al Quran itu adalah orang-orang yang arif di antara penghuni syurga,". MasyaAllah, begitu istimewanya para penghafal Al Quran itu, sehingga dengan Al Quran nya mereka menjadi orang yang arif. Jika orang arif di dunia saja begitu sangat di muliakan oleh orang lain, apalagi orang arif atas penghuni surga?

4. Hatinya tidak akan disiksa


Hatinya tidak akan disiksa


Jangankan jasad nya, hatinya pun tidak akan disiksa. Ini sesuai dengan sabda rasulullah s.a.w. : " Dari Abdullah Bin Mas ud ra. Dari nabi s.a.w. baginda bersabda: " bacalah Al Quran kerana Allah tidak akan menyiksa hati orang yang hafal Al Quran.
Sesungguhanya Al -Quran ini adalah hidangan Allah, siapa yang memasukkunya ia akan aman. Dan barangsiapa yang mencintai Al Quran maka hendaklah ia bergembira."

5. Mereka Lebih Berhak Menjadi Imam Shalat


Mereka Lebih Berhak Menjadi Imam Shalat


Imam itu berarti pemimpin, orang yang ada di baris utama. Shalat itu sendiri adalah ibadah dalam menghadap Allah swt. Lalu mereka para penghafal Al Quran oleh Allah berikan keutamaan khusus dengan lebih berhak nya mereka menjadi pemimpin umat menghadap Allah (imam shalat). Ini sesuai dengan sabda Rasulullah s.a.w. : "Dari Ibnu Mas ud ra. Dari Rasulullah s.a.w. beliau bersabda; "yang menjadi imam dalam solat suatu kaum hendaknya yang paling pandai membaca Al Quran."
Pengambilan dasar :

ثبت عن ابن مسعود الأنصاري البدري رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم : قال: يؤم القوم أقرؤهم لكتاب الله تعالى رواه مسلم

6. Disayangi Rasulullah

Sabda rasulullah s.a.w.: "Dari Jabir Bin Abdullah ra. Bahawa nabi s.a.w menyatukan dua orang dari orang-orang yang gugur dalam perang uhud dalam satu liang lahad. Kemudian nabi s.a.w. bertanya, "dari mereka berdua siapakah paling banyak hafal Al Quran?" apabila ada orang yang dapat menunjukkan kepada salah satunya, maka nabi s.a.w memasukkan mayat itu terlebih dahulu ke liang lahad."

7. Dapat memberikan syafaat kepada keluarga


Dapat memberikan syafaat kepada keluarga


Setiap orang mungkin menginginkan sebuah syafaat atas dirinya di hari kiamat nanti, namun bagi mereka para penghafal Al Quran mereka mampu memberi syafaat kepada orang lain (keluarga nya). Ini merupakan keutamaan yang begitu istimewa, karena setingkat nabi pun tidak semua dapat memberikan syafaat kepada umat nya kecuali nabi Muhammad saw yang telah di berikan jaminan atas itu.

Tentang dapatnya para penghafal Al Quran memberi syafaat bagi orang lain (keluarganya) berasal dari sabda rasulullah s.a.w.: "Dari Ali Bin Abi Thalib Karramallahu Wajhah ia berkata, "Barangsiapamembaca Al Quran dan menghafalnya, maka Allah akan memasukkannya kedalam syurga dan memberikannya hak syafaat untuk sepuluh anggota keluarganya di mana mereka semuanya telah di tetapkan untuk masuk neraka."

8. Penghafal Al Quran akan memakai mahkota penghormatan


Penghafal Al Quran akan memakai mahkota penghormatan


Mereka begitu dihormati, baik ketika di dunia sekalipun ketika di akhirat. Bahkan ketika di akhirat bentuk penghormatan bagi mereka di tonjolkan, dengan mahkota di atas kepala nya. Tidak hanya mahkota saja, melainkam juga dengan pakaian nya.MasyaAllah

Sabda rasulullah s.a.w.: "Dari Abu Hurairah ra.dari nabi s.a.w. baginda bersabda: "orang yang hafal Al Quran nanti pada hari kiamat nanti akan datang dan Al Quran akan berkata; "Wahai Tuhan ,pakaikanlah dia dengan pakaian yang baik lagi baru." Maka orang tersebut di berikan mahkota kehormatan. Al Quran berkata lagi: "Wahai Tuhan tambahlah pakaiannya." Maka orang itu di beri pakaian kehormatannya. Al Quran lalu berkata lagi, "Wahai Tuhan, redailah dia."Maka kepadanya di katakan; "Bacalah dan naiklah." Dan untuk setiap ayat, ia di beri tambahan satu kebajikan."

9. Merupakan bekal yang paling baik

Begitu banyak ibadah yang bisa kita lakukan di dunia ini sebagai bekal untuk kehidupan akhirat kelak, namun nyata nya bekal yang paling baik ialah hafalan Al Quran. Ini sesuai dengan sabda rasulullah s.a.w.: "Dari jabir bin nufair, katanya rasulullah s.a.w. bersabda; "Sesungguhnya kamu tidak akan kembali menghadap Allah dengan membawa sesuatu yang paling baik daripada sesuatu yang berasal dari-Nya yaitu Al Quran.

10. Orang tua para penghafal Al Quran memperoleh pahala khusus


Orang tua para penghafal Al Quran memperoleh pahala khusus


Sabda rasulullah s.a.w.: "Dari Buraidah Al Aslami ra, ia berkata bahawasanya ia mendengar Rasulullah s..a.w bersabda: "Pada hari kiamat nanti, Al Quran akan menemui penghafalnya ketika penghafal itu keluar dari kuburnya. Al Quran akan berwujud seseorang dan ia bertanya kepada penghafalnya: "Apakah anda mengenalku?".

Penghafal tadi menjawab; "saya tidak mengenal kamu." Al Quran berkata; "saya adalah kawanmu, Al Quran yang membuatmu kehausan di tengah hari yang panas dan membuatmu tidak tidur pada malam hari. Sesungguhnya setiap pedagang akan mendapat keuntungan di belakang dagangannya dan kamu pada hari ini di belakang semua dagangan. Maka penghafal Al Quran tadi di beri kekuasaan di tangan kanannya dan diberi kekekalan ditangan kirinya, serta di atas kepalanya dipasang mahkota perkasa. Sedang kedua orang tuanya diberi dua pakaian baru lagi bagus yang harganya tidak dapat di bayar oleh penghuni dunia keseluruhannya. Kedua orang tua itu lalu bertanya: "kenapa kami di beri dengan pakaian begini?". Kemudian di jawab, "kerana anakmu hafal Al Quran."

Kemudian kepada penghafal Al Quran tadi di perintahkan, "bacalah dan naiklah ketingkat-tingkat syurga dan kamar-kamarnya." Maka ia pun terus naik selagi ia tetap membaca, baik bacaan itu cepat atau perlahan (tartil)

Pengambilan dasar :

يُكْسَى الْوَالِدَيْنِ حُلَّتَانِ بِأَخْذِ وَلَدِهِمَا الْقُرْآنَ]وَ{أَخْبَرَنَا بَكْرُ بْنُ مُحَمَّدٍ الصَّيْرَفِيُّ بِمَرْوَ ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الصَّمَدِ بْنُ الْفَضْلِ الْبَلْخِيُّ ، حَدَّثَنَا مَكِّيُّ بْنُ إِبْرَاهِيْمَ ، حَدَّثَنَا بَشِيرُ بْنُ مُهَاجِرٍ } عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ بُرَيْدَةَ الأَسْلَمِيِّ ، عَنْ أَبِيْهِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم : مَنْ قَرَأَ الْقُرْآنَ وَتَعَلَّمَهُ وَعَمِلَ بِهِ أُلْبِسَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ تَاجًا مِنْ نُورٍ ضَوْءُهُ مِثْلُ ضَوْءِ الشَّمْسِ ، وَيُكْسَى وَالِدَيْهِ حُلَّتَانِ لاَ يَقُومُ بِهِمَا الدُّنْيَا فَيَقُولانِ : بِمَا كُسِيْنَا ؟فَيُقَالُ : بِأَخْذِ وَلَدِكُمَا الْقُرْآنَ .- رَوَاهُ الْحَاكِمُ،وَقَالَ:{هَذَا حَدِيْثٌ} صَحِيحٌ عَلَى شَرْطِ مُسْلِمٍ ،{ وَلَمْ يُخَرِّجَاهُ

MasyaAllah, sungguh luar biasa keutamaan yang Allah swt berikan kepada mereka para penghafal Al Quran. Mungkin itu semua memang sebanding dengan sulitnya dalam menghafal Al Quran itu sendiri, dimana memerlukan keistiqamahan iman maupun waktu yang harus luar biasa agar hafalan tetap terjaga. Belum lagi menghindari makanan atau aktifitas aktifitas tertentu sebagai bentuk penjagaan atas hafalannya. Semoga kita bisa menjadi manusia pilihan, sehingga Allah memilih hati kita untuk menjadi salah satu hati yang berisi Al Quran. Aamiin...

Video Keistimewaan Para Penghapal Al-Quran



0 Response to "Keutamaan Menghafal Al Quran (Mahkota Para Hafidz)"

Post a Comment

dmca

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel