Pengertian Tentang Sedekah & Keutamaan Bersedekah

Pengertian Tentang Sedekah & Keutamaan Bersedekah

Pengertian Tentang Sedekah
Pengertian sedekah


Pengertian Sedekah

Sedekah adalah pemberian seseorang(muslim) kepada orang lain dengan sukarela atau dengan ikhlas tanpa meminta atau mengharapkan balasan.

Sedekah merupakan hal yang baik yang dilakukan oleh setiap orang. Karena dengan bersedekah berarti kita sudah bisa membersihkan harta yang kita punya ,di sisi lain kita telah membantu orang -orang yang membutuhkan.

Dengan bersedekah maka kita secara tidak langsung mendekatkan diri kepada Allah SWT yang maha pemberi rizki. Harus kita ketahui setiap harta yang kita punya ,setiap rezeki yang kita dapat itu terdapat hak orang lain di dalamnya yang harus kita berikan.

Setidaknya berikanlah atau keluarkanlah sebagian harta yang kita punya untuk diberikan kepada org yang sedang membutuhkan. Karena ketika kita memudahkan urusan orang lain maka Allah akan permudah urusan kita.

Sebagaimana dalam hadits:

Dari Abu Hurairah ra, Nabi SAW, bersabda:

 “Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat.

Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat.

 Barang siapa yang menutupi aib seorang muslim, pasti Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat.

Allah senantiasa menolong hamba Nya selama hamba Nya itu suka menolong saudaranya”. (HR. Muslim)

Hadits diatas mengandung janji Allah bahwa siapa saja yang melepaskan kesusahan seorang mukmin maka Allah akan melepaskan satu kesusahan darinya begitu juga dengan orang yang memudahkan urusan orang lain maka Allah mudahkan urusannya.

Dengan bersedekah juga termasuk melepaskan satu kesusahan orang lain dan memudahkan urusannya meski tidak sepenuhnya tapi sedikit saja pemberian yang kita keluarkan maka sangat berharga. Maka dari itu jika kita punya dan sanggup membantu orang lain tidak ada salahnya kita membantu.

Bersedekah tidak harus memandang berapa besar yang harus dikeluarkan, bentuk sedekah seperti apa yang harus dikelurkan, asalkan baik dan  bermanfaat  juga ikhlas dalam pemberiannya maka itu adalah sedekah. Ada hal yang paling utama dalam bersedekah:

Hal Yang Paling Utama Dalam Sedekah


Pengertian Tentang Sedekah


1).Sedekah jariyah


Sedekah jariyah adalah sedekah yang dikeluarkan yang mana pahala yang Allah berikan mengalir terus menurus meskipun yang bersedekah sudah meninggal dunia.

Seperti misalnya sedekah ikut serta dalam perbaikan jalan, dalam pembangunan masjid, dan lain sebagainya yang bersifat dipakai untuk banyak orang(umum). Karena dalam hadits menyebutkan:

"Rasulullah bersabda, Jika seorang anak Adam meninggal, maka terputuslah seluruh amalnya kecuali tiga hal, sedekah jariyah, ilmu yang manfaat, dan anak (sholeh) yang mendoakan orangtuanya."(HR.Muslim)

Sedekah merupakan amal jariyah yang pahala nya mengalir terus menerus tanpa terputus walaupun yang bersedekah sudah wafat.

2). Sedekah dengan Diam-Diam

Maksud sedekah dengan diam-diam adalah ketika kita mau bersedekah pastikan tangan kanan memberi tangan kiri tidak melihatnya artinya adalah jangan sampai orang lain melihatnya apalagi sampai ingin dilihat(riya) maka sia-sia apa yang telah ikita keluarkan.

Dalam Surat Al-Baqarah Ayat 262 Allah berfirman:

"Orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, kemudia mereka tidak mengiringi apa yang dinafkahkannya itu dengan menyebut pemberiannya dan dengan tidak menyakiti perasaan (si penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Allah".

Mengeluarkan sedekah haruslah dengan niat yang ikhlas tanpa mengharapkan apapun kecuali ridho Allah SWT. Dan jangan pula kita memberi atau bersedekah dengan menyakiti orang yang menerima sedekah maksud menyakiti nya adalah kita memberikan sedekah itu dengan memaki-makinya atau dengan memarahinya sampai si penerima merasa sakit hati.

 Maka lebih baik tidak memberi sekalipun jika memang tidak ikhlas memberikannya daripada menyakiti hati si pemberi.

Maka Allah hanya Akan memberikan pahala kepada orang yang mengeluarkan sedekah dengan suka rela atau ikhlas.

3).Sedekah kepada kerabat/orang terdekat

berikan sedekah memang tidak memandang siapa yang akan kita kasih. Namun, alangkah baiknya sebelum kepada orang yang jauh kita jangkau cobalah tengok kanan kiri yang dekat dengan kita yang memang kebetulan sedang membutuhkan itu artinya memberi kepada kerabat lebih utama. Dahulukanlah kerabat sebelum ke yang jauh .

Dalam Hadist Riwayat Tirmidzi, Rasulullah bersabda:

"Bersedekah kepada orang miskin adalah satu sedekah dan kepada kerabat ada dua (kebaikan), sedekah, dan silaturrahim".

Hadits diatas menyebutkan bahwa sedekah kepada kerabat memiliki dua kebaikan dan sebagai silaturrahim itu artinya lebih utama sedekah kepada kerabat dulu sebelum ke yang jauh.

Anjuran Bersedekah

Pengertian Tentang Sedekah

Dengan bersedekah tidak akan mengurangi harta yang kita punya sedikitpun. Jadi, jangan takut harta kita habis hanya karena kita berbagi dengan sesama justru dengan bersedekah maka Allah SWT. Akan tambahkan rizki kepada kita.

مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ

“Sedekah tidak akan mengurangi harta.” (HR. Tirmidzi)

Dengan bersedekah tidak akan mengurangi harta sedikitpun.

Allah SWT. Berfirman:

"Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39)

Jangan takut miskin atau berkurang nya harta  hanya karena bersedekah kepada orang lain. Karena janji Allah adalah mengganti apapun yang dikeluarkan hamba-Nya untuk bersedekah.

Keutamaan Sedekah


Keutamaan Sedekah

Dibawah ini beberapa keutamaan dalam bersedekah:

Sedekah dapat menghapuskan dosa-dosa Rosulullah Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda :

والصدقة تطفىء الخطيئة كما تطفىء الماء النار

Artinya “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi)

Dengan sedekah Allah hapuskan dosa-dosanya dengan catatan di iringi dengan taubat. Tidak hanya dengan sedekah yakin akan menghapus dosa karena itu adalah hal yang tidak benar.
Namun, harus disertai taubat minta ampun kepada Allah dan tidak mengulanginya lagi.
•Sedekah menjadi penolong dihari kiamat
Rosulullah Sholallahu Alaihi Wassalam pernah bersabda

“Sesungguhnya sedekah dapat memadamkan panasnya kubur bagi orang yang memberikan sedekah, dan sesungguhnya orang mukmin akan bernaung pada hari kiamat nanti di bawah naungan sedekahnya.” (HR. Tabbrani).

Orang yang bersedekah maka akan ada dalam naungan-Nya dihari kiamat nanti. Rasulullah SAW pernah bersabda tentang tujuh orang yang akan ada dalam naungan Allah di hari kiamat nanti dan salah satunya yaitu orang yang bersedekah.

•Allah akan memanggil mereka yang bersedekah dari pintu khusus ketika memasuki surga

Sabda Rosulullah Sholallahu Alaihi Wassalam :

من أنفق زوجين في سبيل الله، نودي في الجنة يا عبد الله، هذا خير: فمن كان من أهل الصلاة دُعي من باب الصلاة، ومن كان من أهل الجهاد دُعي من باب الجهاد، ومن كان من أهل الصدقة دُعي من باب الصدقة

Artinya

“Orang memberikan menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga: “Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan”. Jika ia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan shalat, ia akan dipanggil dari pintu shalat, yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad, jika ia berasal dari golongan yang gemar bersedekah akan dipanggil dari pintu sedekah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Maka dari itu mari kita belajar bersedekah membantu kesulitan orang lain semampu kita. Mudah-mudahn kita semua di lapangkan dan di berkahkan rizki yang kita punya, agar kita bisa berbagi dengan sesama meski hanya sedikit.

Wallahua'lam...

0 Response to "Pengertian Tentang Sedekah & Keutamaan Bersedekah"

Post a Comment

dmca

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel