-->

Tata Cara Sholat Tahajud Lengkap,Fadilah Doa dan Dzikir

Tata Cara Sholat Tahajud,Fadilah Doa dan Dzikir

Tata Cara Sholat Tahajud
Tata cara sholat tahajud

Doaislami - Tata cara sholat Tahajud sama seperti sholat sunah lainnya tetapi dalam sholat tahajud banyak sekali fadilah yang terkandung di dalamnya di bandingkan sholat sunnah lainnya. Sholat tahajud ialah amalan sunnah yang dianjurkan untuk dilaksanakan. Tata cara sholat tahajud sama seperti sholat pada umumnya. Tetapi bedanya sholat tahajud harus tidur terlebih dahulu dan waktunya dimulai setelah isya hingga sebelum subuh.

Pengertian Sholat Sunnah Tahajud

Sebelum menjelaskan tata cara sholat tahajud kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian nya. Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari atau di sepertiga malam setelah tidur.

Tata cara sholat tahajud itu dikerjakan pada waktu malam hari, sedikitnya dua raka'at dan banyaknya tidak terbatas. Malam hari yang di sebutkan pada tata cara sholat tahajud ini maksudnya adalah sepertiga malam sampai menjelang subuh. Sholat sunnah tahajud sendiri dalam bahasa arab disebut Sholatun Lail yang memiliki arti sholat malam.

Untuk tata cara sholat tahajud dilakukan pada malam hari atau dini hari, maksudnya sekitar jam 01:00-04:00 menjelang subuh. Sholat sunnah ini bisa dikatakan sebagai sholat tahajud jika dilaksanakan malam hari dan setelah tidur meskipun hanya sebentar.

Jadi, jika ingin melaksanakan sholat tahajud kita harus mengikuti tata cara sholat tahajud itu sendiri. Semisal harus tidur terlebih dahulu meski hanya beberapa menit. Jika kita melaksanakan nya sebelum tidur itu tidak termasuk kedalam sholat sunnah tahajud. Adapun dalil mengenai sholat tahajud ini yaitu:

Allah Ta’ala berfirman:

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Artinya: “Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji. Dan katakanlah (Muhammad), “Ya Tuhanku, masukkan aku ke tempat masuk yang benar dan keluarkan (pula) aku ke tempat keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari sisi-Mu kekuasaan yang dapat menolong(ku)”. (QS Al-Isra [17]: 79-80).

Ayat di atas menunjukan bahwa Shalat Tahajud merupakan kewajiban tambahan bagi orang-orang beriman. Dan dengan melaksanakan Shalat tahajud (Shalat Malam) itu akan menambah kedudukan dan juga Allah akan meninggikan derajat orang yang melaksanakan sholat tahajud itupun jika tata cara sholat tahajud yang dilaksanakan itu baik dan benar.

Dalam sebuah hadits menyebutkan bahwa:

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺑِﻘِﻴَﺎﻡِ ﺍﻟﻠَّﻴْﻞِ، ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﺩَﺃْﺏُ ﺍﻟﺼَّﺎﻟِﺤِﻴْﻦَ ﻗَﺒْﻠَﻜُﻢْ، ﻭَﻫُﻮَ ﻗُﺮْﺑَﺔٌ ﺇِﻟَﻰ ﺭَﺑِّﻜُﻢْ، ﻭَﻣُﻜَﻔِّﺮَﺓٌ ﻟِﻠﺴَّﻴِّﺌَﺎﺕِ، ﻣَﻨْﻬَﺎﺓٌ ﻋَﻦِ ﺍْﻹِﺛْﻢِ

“Lakukanlah shalat malam oleh kalian, karena hal itu merupakan kebiasaan orang-orang shalih sebelum kalian. Ia pun dapat mendekatkan kalian kepada Rabb kalian, menghapus segala kesalahan dan mencegah dari perbuatan dosa.” [HR. Tirmidzi, Hadist hasan].

Hadits tersebut menjelaskan bahwa orang-orang yang melaksanakan sholat tahajud adalah orang-orang sholeh jauh sebelum kita ada. Karena dengan sholat tahajud tersebut bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah serta menghapus dosa dan mencegah kita dari berbuat salah dan kemaksiatan.

Fadilah Sholat Tahajud

Adapun penjelasan dari tata cara sholat tahajud biasanya tidak terlepas dari penjelasan dari fadilah sholat tahajud itu sendiri. Berikut beberapa fadilah atau manfaat dari melaksanakan sholat tahajud sebagai berikut:

1. Mencegah dan menghapus dosa.

Dosa-dosa yang telah kita perbuat harus ditebus dengan jalan bertobat dengan mendekatkan diri kepada Allah agar tobat kita diterima serta dosa kita diampuni. Salah satu cara nya yaitu dengan rutin melaksanakan sholat tahajud,

fadilah dari sholat tahajud memang bisa mencegah dan menghapus dari perbuatan dosa. Itupun jika tata cara shalat tahajud dilakukan dengan benar juga dilakukan secara rutin dan istikomah.

Salah satu fadilah dari  shalat tahajud memang sebagai media untuk menghapus dosa-dosa yang telah kita perbuat juga akan mencegah kita melakukan kemaksiatan karena dengan sholat tahajud yang rutin kita akan senantiasa mengingat Allah SWT dalam setiap perbuatan yang kita lakukan.

2. Jaminan masuk surga

Orang yang melaksanakan shalat tahajud dengan tata cara yang baik dan penuh keikhlasan maka jaminan nya adalah masuk surga. Karena shalat tahajud merupakan shalat yang jarang dilaksanakan karena waktunya yang  sepertiga malam yang kebanyakan orang-orang sedang terlelap tidur. 


Sehingga orang yang bangun dari tidurnya untuk melaksanakan shalat tahajud maka Allah akan memberikan balasan surga bagi yang orang yang melaksanakan nya. Karena tata cara sholat tahajud ini yang berat dilaksanakan, sehingga hanya sebagian orang yang mampu melaksanakan nya.

3. Mendapat keringanan ketika dihisab di akhirat

Ketika di akhirat nanti tidak ada yang bisa menolong kita kecuali amal perbuatan yang telah kita lakukan di dunia. Ketika dihisab nanti timbangan amal kita inilah yang akan menentukan kita akan masuk surga atau neraka. Ketika timbangan amal kita lebih berat kebaikan maka kita akan masuk surga,begitupun juga sebaliknya. Dengan melaksanakan sholat tahajud ini maka kita akan mendapatkan keringanan ketika dihisab, ini sesuai dengan fadilahnya sholat tahajud yang akan mendapatkan keringanan ketika di hisab di akhirat
Ketika orang-orang yang lain sedang menikmati lelapnya tidur, tetapi orang mukmin atau orang yang beriman memilih bangun untuk melaksanakan shalat tahajud sesuai dengan tata cara sholat tahajud itu sendiri agar lebih mendekatkan diri kepada Allah.

4.Memperoleh cinta dan ridho Allah

Allah akan cinta dan ridho kepada hambanya yang mau mendekatkankan diri kepadaNya. Jika Allah sudah cinta dan ridho kepada kita maka apapun yang kita panjatkan akan terkabul selama masih untuk kebaikan.

Dan cara untuk memperoleh cinta dan ridhoNya dapat di raih dengan sholat tahajud. Karena memang fadilah dari sholat tahajud itu sendiri akan memperoleh cinta dan ridho Allah selama kita mengikuti tata cara sholat tahajud dengan baik dan benar. 

5.Dikabulkan nya doa-doa

Fadilah dari shalat tahajud yang disinggung dalam sebuah hadits yang menyatakan siapapun yang memohon ampun maka akan diampuni, siapa yang berdoa akan dikabulkan.

seperti yang diriwayatkan dari Jabir r.a, bahwa ia berkata: Aku telah mendengar Rasulullah SAW bersabda :

Sesungguhnya di waktu malam itu terdapat suatu waktu yang jika saja bertepatan dengan waktu itu seorang hamba muslim memohon kebaikan kepada Allah berkenaan dengan urusan dunia dan akhirat, sudah pasti Allah akan memberikannya kepadanya. Waktu itu terdapat pada setiap malam.” (HR. Muslim)

Oleh karenanya tata cara sholat tahajud di lakukan di sepertiga malam. Karena pada waktu sepertiga malam malaikat-malaikat Allah turun ke bumi untuk melihat siapa yang menghidupkan malam maksud nya ialah beribadah di malam hari.

Ibarat kita mengendarai mobil di siang hari maka jalan akan begitu padat dengan pengendara lainnya. Sehingga lama mencapai tujuan sedangkan ketika kita mengendarai mobil di malam hari maka jalan akan lengang dan akan lebih cepat kita mencapai tujuan. Begitulah ibaratnya kita bangun di sepertiga malam untuk  mengerjakan sholat tahajud lalu berdo'a maka do'a kita akan melesat ke langit ketujuh lebih cepat di ijabah.

Maka laksanakanlah sholat tahajud minimal 2 rakaat saja . bahkan Rasulullah melaksanakan nya sampai kakinya bengkak.

Diriwayatkan Aisyah R.A, ia berkata :

Nabi SAW mengerjakan shalat malam hingga bengkak kedua telapak kaki beliau,lalu aku katakan kepada beliau,’Mengapa engkau melakukan seperti ini, ya Rosulullah, padahal dosamu yang lalu maupun yang akan datang telah diampuni oleh Allah? ‘Beliau menjawab,’Apakah aku tidak boleh menjadi hamba Allah yang bersyukur?” (HR Bukhori VIII/449 dan Muslim 2819 dan 2820)

Mungkin itulah beberapa fadilah dari sholat tahajud dan sebetulnya masih banyak lagi fadilah yang lainnya.

Niat Sholat Tahajud

Dalam tata cara sholat tahajud niat termasuk rukun dalam sholat, jadi Sangat di wajibkan untuk dilakukan bila tidak dilakukan maka sholat tersebut tidak SAH

Niat sholat tahajud dibaca ketika takbirotul ihram, bacaannya ialah Sebagai Berikut :
“Usholli Sunnatan Tahajudi Rok'ataini Mustaqbilal Qiblati Lillahi Ta’ala”

Artinya : “Aku Berniat Sholat sunnah Tahajud Dua Rakaat Menghadap Kiblat Karena allah Ta’ala”
Bacaan Ini dilafalkan Dalam Hati


Niat Sholat Tahajud


Tata Cara Sholat Tahajud

Berikut ini tata cara shalat tahajud 2 rakaat:

Tata cara shalat tahajud pada rakaat pertama

- Mengucapkan niat sholat tahajud
- Mengucapkan takbir (Allahu Akbar)
- Membaca doa iftitah
- Membaca surat Al Fatihah
- Membaca surat pendek atau panjang Al Qur’an
- Rukuk dan membaca doa rukuk
- I’tidal dan membaca doa i’tidal
- Sujud pertama dan membaca doa sujud
- Duduk diantara 2 sujud dan membaca doa diantara 2 sujud
-Sujud kedua dan membaca doa sujud
- Berdiri kembali untuk melanjutkan ke rakaat yang kedua.

Sedangkan tata cara shalat tahajud pada rakaat kedua ialah

- Membaca surat Al Fatihah
- Membaca surat pendek atau panjang Al Qur’an
-Rukuk dan membaca doa rukuk
- I’tidal dan membaca doa i’tidal
-Sujud pertama dan membaca doa sujud.
-Duduk diantara 2 sujud dan membaca doa diantara 2 sujud.
-Sujud kedua da membaca do'a sujud.
-Tahiyat akhir dan membaca doa tahiyat akhir
-Salam dengan mengucapkan salam “ Assallamuallaikum” tengok kearah kanan dan kiri.

Itulah tata cara sholat tahajud 2 rakaat

Waktu Sholat Tahajud

Waktu sholat Tahajud

Sholat tahajud merupakan amalan sunnah yang dianjurkan Rasulullah agar dilaksanakan .
Tata cara sholat tahajud syaratnya ialah setelah bangun dari tidur. Dalam tata cara sholat tahajud waktunya dimulai setelah isya hingga sebelum subuh. Tapi lebih dianjurkan melaksanakan sholat tahajud di sepertiga malam terakhir. Sepertiga malam pertama  kira-kira jam 19.00 sampai jam 22.00 malam. Sepertiga malam kedua, kira-kira jam 22.00 sampai jam 01.00. Sedangkan sepertiga malam kira-kira dari jam 01.00 sampai subuh.

Dzikir Setelah Sholat Tahajud

Dzikir Setelah Shalat Tahajud

Dalam rangkaian tata cara sholat tahajud setelah sholat kita dianjurkan untuk membaca dzikir, seperti setelah melaksanakan sholat sunnah lainnya.

1. Membaca dzikir istighfar
2. Membaca dzikir tasbih (Subhanallah)
3. Membaca dzikir tahmid ( Alhamdulillah)
4. Membaca dzikir takbir (Allahu Akbar)
5. Membaca dzikir laa ilaaha illallah
6. Membaca dzikir sholawat Nabi Muhammad SAW
7. Membaca surat Al Ikhlas, surat Al Falaq dan Surat An Nas
8  Dilanjut dengan do'a sesuai apa yang kita inginkan.
9. Ditutup dengan membaca surat Al Fatihah.

 Do'a Setelah Tahajud

doa setelah tahajud


اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ

 الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ 

الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ

 اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا 

اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِالله

Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal antal haqqu, wa wa'dukal haqqu, wa liqaa'uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqquw wannaaru haqquw wan-nabiyyuuna haqquw wa Muhammadun shallallahu 'alaihi wa sallama haqquw wassaa'atu haqq.

Allaahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa 'alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qoddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a'lantu wa maa anta a'lamu bihiminnii. antal muqoddimu wa antal mu'akhkhiru laa ilaaha anta. wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Artinya : "Ya Allah bagi-Mu-lah segala puji, Engkaulah yang mengurus langit dan bumi serta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Raja langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Maha benar, janji-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, ucapan-Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar dan Nabi Muhammad Saw adalah benar serta hari kiamat adalah benar."

"Ya Allah hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu-lah aku beriman, kepada-Mu-lah aku bertawakal, hanya kepada-Mu-lah aku kembali (bertaubat), kepada-Mu-lah aku mengadu, dan kepada-Mu-lah aku meminta keputusan, maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lalu dan yang kemudian serta apa yang kusembunyikan dan yang kulakukan dengan terang-terangan dan apa yang lebih Engkau ketahui dariku, Engkau yang mendahulukan dan yang mengakhirkan, tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada daya (untuk menghindar dari kemaksiatan) dan tiada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali dengan pertolongan Allah."

Mungkin hanya itu pembahasan mengenai tata cara sholat tahajud lengkap dengan doa dan dzikir. Mudah-mudahan kita semua bisa mulai belajar melaksanakan nya agar terbiasa. Agar kita bisa medapatkan cinta dan ridho-Nya Allah SWT.
Aamiin..

Wallahua'lam..


LihatTutupKomentar

Dmca